Saham  

Perbedaan Trader dan Investor, Simak Inilah bedanya

perbedaan trader dan investor
Kenali Perbedaan Trader dan Investor Beserta Perannya


Mikaylabinar.com– Bagi pemula yang baru mengenal pasar modal mungkin bingung tentang perbedaan trader dan investor.

Definisi Trader dan Investor

Secara sederhana investor dapat didefinisikan sebagai orang yang berinvestasi atau membeli saham dalam jangka waktu lama biasanya mengacu pada waktu diatas 5 tahun.

Sedangkan, Trader adalah orang yang melakukan jual beli saham dalam waktu singkat bisa dalam harian, mingguan atau bulanan.

Selain itu terdapat istilah swing trader, beli saham kemudian dijual pada beberapa minggu biasanya rentang antara 1 minggu hingga 3 bulan pada saat harga saham naik.

Perbedaan yang paling mendasar antara investor dan trader adalah terletak pada waktu, trader jual beli saham untuk jangka pendek dan investor menabung untuk jangka panjang.

Mana yang lebih cuan

Manakah yang lebih menguntungkan menjadi trader atau investor? jika anda sudah professional keduanya bisa menguntungkan.

Seorang trader professional pasti mengetahui Teknik dan Analisis dengan baik serta memiliki jam terbang dan pengalaman trading dan investasi

Pengalaman bisa Anda dapatkan seiring waktu berjalan dan tekun dalam mempelejari dunia investasi. 

Seorang Trader harus menguasai dengan baik akan analisis teknis (Technical Analysis) trading

Diantaranya candlestick, moving average, fibonacci, support and resistance, oschilator dan stochastic, MACD, dan Analisa Teknik lainnya.  

Disisi lain, SeorangInvestor harus mengetahui dengan baik tentang Analisis Fundamental (Fundamental Analysis)

Seperti mengenal dengan baik dibalik bisnis emiten (perusahaan), mengenal valuasi dari saham emiten berdasarkan earnings-nya Seperti price earning ratio (PER) atau berdasarkan price to book value (PBV) dan Analisa fundamental lainnya dan lebih baik jika investor menguasai juga analisa teknikal.

Baca juga  Cara Jual Beli Saham yang Mudah Untuk Pemula

Trader sekaligus investor

Mungkinkah kita menjadi trader sekaligus investor ? Jawabannya adalah Mungkin.

Hal yang perlu diperhatikan bagi pemula adalah manajemen keuangan (money management)

Sisihkan 20% dari total dana yang akan di investasikan supaya jika loss mengalami kerugian maka masih ada dana 80% untuk investasi.

Investasi di pasar modal semakin lama jangkanya semakin kecil resiko kerugiannya oleh karenanya Analisa fundamental harus diperhatikan. Berinvestasi pada saham yang mempunyai fundamental bagus dengan harga murah dalam jangka waktu > 5 tahun akan sangat menguntungkan.

Begitupun jika memahami Teknik trading dalam jangka waktu beberapa bulan juga akan mendapatkan keuntungan.

Ringkasan

Pada intinya mau jadi investor atau trader tidak perlu dipusingkan yang penting bisa untung di dunia saham

Begitu pula dengan teknik analisis, Anda tidak perlu menggunakan semua tools analisis karena tidak ada satupun teknik dan metode yang bisa memprediksi secara presisi saham akan naik atau turun dengan tepat.

Selanjutnya, Penggunaan teknikal analisis atau teknik fundamental yang sederhana akan sangat membantu dalam membaca pergerakan harga saham, paling tidak menghindari dari kerugian yang besar.

Mau jadi trader atau investor ?… yang penting cuan. Untuk memahami psikologi trading bisa anda baca di laman Psikologi Trading Mesti Dipahami Para Trader.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *