Parameter Waktu Trading Saham Pada Aplikasi Charting

parameter waktu trading saham pada charting
Parameter Waktu Trading Saham Pada Charting

Mikaylabinar.com Setelah memahami berbagai macam pola candlestick. Maka langkah selanjutnya adalah memahami parameter waktu trading saham dan praktik langsung menggunakan aplikasi trading.

Memahami parameter waktu trading akan membantu anda dalam menentukan rentang waktu pada indikator yang digunakan. Ini akan memudahkan analisis pergerakan market pada chart yang terbentuk dari candlestick berdasarkan waktu parameter yang anda gunakan

Menentukan Parameter Waktu Trading Saham

Pemahaman dalam menentukan parameter waktu trading pada charting akan memudahkan dalam analisis selanjutnya

Jika anda telah membuka dan mempunyai akun di salah satu sekuritas. Maka tentunya anda telah bisa mengakses aplikasi chart yang telah disediakan oleh pihak sekuritas. Namun jika anda belum punya akun di sekuritas maka jangan khawatir ada tersedia berbagai aplikasi yang bisa anda akses secara grastis misalnya ChartNexus atau juga di situs RTI.

Periode waktu yang ditampilkan pada chart terdiri dari periode:  1 hari, 1 minggu, 1 bulan, 1 tahun, 3 tahun, 5 tahun, dan seterusnya.

Setelah menentukan periode chart, langkah selanjutnya adalah memilih jangka waktu tiap sesi (range) yang diwakili satu buah candle. Misalnya satu buah candle untuk mewakili pergerakan harga selama:

  • Satu menit          : one minute charts
  • Lima menit          : five minutes charts
  • Satu jam              : hourly charts
  • Satu hari              : daily charts
  • Satu minggu       : weekly charts
  • Satu bulan           : monthly charts
  • Satu tahun          : yearly charts

Apabila kita menampilkan periode 1 minggu dengan menggunakan daily charts. Maka didalam charts tersebut akan ditampilkan lima batang candle yang menandakan lima hari dalam periode satu minggu perdagangan yakni senin sampai jumat dimana masing-masing satu hari diwakili satu candle.

Baca juga  Cara Belajar Teknikal Analisis Saham

Secara default aplikasi yang ada biasanya menampilkan daily charts, memang secara umum kebanyakan range yang digunakan adalah daily charts dengan periode satu sampai dua tahun.

Weekly charts dan Monthly Charts lazimnya digunakan untuk menganalisis periode yang lebih panjang dan ini cocok bagi investor yang berorintasi jangka panjang (diatas 1 tahun)

Sedangkan, minutes charts lebih cocok digunakan oleh trader jangka pendek yang berorientasi pada perdagangan untuk beberapa hari sampai dengan beberapa minggu saja. Semua aplikasi charting dari sekuritas biasanya telah melengkapi menu ini.

4 Hal Perlu Diperhatikan

Jadi ada empat hal yang harus diperhatikan pada saat menggunakan charting sebelum memulai trading. Keempat hal tersebut adalah:

  • Kode saham       
  • Jenis charting  (candlestick, bar atau lainnya)
  • Periode waktu
  • Range untuk tiap sesi

Seorang trader atau investor harus memahami parameter waktu dan memiliki pandangan kedepan dalam menentukan waktu investasinya (time horizon). Secara garis besar time horizon dibagi menjadi tiga bagian, yakni:

  • Short term          : dibawah tiga minggu
  • Medium term    : antara tiga minggu sampai beberapa bulan
  • Long term           : diatas satu tahun

Short term, time horizon ini cocok bagi trader yang berorintasi jangka pendek, oleh karenanya sebaiknya menggunakan daily charts dengan periode satu tahun sebagai gambaran makro, kemudian dapat dipertajam berdasarkan minutes charts

Medium term, ini cocok digunakan oleh trader jangka menengah dengan menggunakan weekly charts untuk periode tiga tahun sebagai gambaran makro, kemudian dipertajam dengan menggunakan daily charts untuk periode satu tahun dan jika ingin lebih presisi lagi, bisa menggunakan minutes charts sebagai konfirmasi akhir

Long term, ini cocok untuk investor jangka panjang, gunakan monthly charts dengan periode lima tahun sebagai gambaran makro, kemudian dipertajam dengan weekly charts periode tiga tahun dan jika ingin lebih presisi lagi sebagai konfirmasi akhir bisa menggunakan daily charts

Baca juga  Cara Membaca Indikator RSI Relative Strength Index dalam Analisis Saham

Waktu Trading Saham

Waktu trading saham disesuaikan dengan jam buka pasar modal Indonesia yang dibuka mulai hari senin sampai jumat di hari kerja. Untuk mengetahui jam buka pasar modal Indonesia bisa anda lihat di halaman : Jam Buka Pasar Modal Indonesia

Kesimpulan

Bagi Investor berorintasi jangka panjang  yang perlu diperhatikan adalah pergerakan major trend pada periode diatas satu tahun untuk melihat pergerakan dari tahun ke tahun jadi walaupun terjadi koreksi dalam minggu ataupun bulanan tidak terlalu berpengaruh asalkan major trend nya dalam tahunan terus menunjukkan peningkatan.

Demikian Parameter Waktu Trading Saham Pada Aplikasi Charting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *