Panduan Belajar Desain Produk agar Tidak Bingung

Panduan Belajar Desain Produk agar Tidak Bingung
Panduan Belajar Desain Produk agar Tidak Bingung

Panduan belajar desain produk sekarang ini cukup banyak dicari. Sebagai anak muda, tentunya Anda tertarik dengan barang-barang yang terlihat kerend an unik.

Bahkan barang-barang yang sering digunakan seperti tas, sepatu, jam tangan hingga rumah. Apakah Anda pernah penasaran, proses dibalik pendesainan produk yang menarik tersebut. Dibalik produk-produk tersebut, terdapat peran desainer produk.

Istilah seperti desain produk pada dasarnya belum begitu terkenal layaknya desain interior maupun desain lainnya. Namun tidak sedikit perusahaan dan perajin yang memerlukan jasa desainer produk.

Bila Anda merupakan orang yang kreatif, memiliki style serius namun santai hingga gemar menggambar, sepertinya menjadi bagian dari tim desain produk merupakan hal yang cocok.

Panduan Belajar Desain Produk untuk Pemula

Ketika belajar mendesain untuk menghasilkan sebuah produk, ada berbagai macam hal yang harus dipahami seperti prinsip dari produk yang ingin dihasilkan.

Selain prinsip, Anda juga harus belajar mengamati dan mendengarkan dengan baik. Hal tersebut menjadi sangat penting, salah satu tujuan dari diciptakannya produk adalah membuat pengguna menjadi lebih nyaman.

Sehingga jika Anda tidak bisa mendengarkan serta mengamati mereka, mendesain produk yang benar-benar berkualitas tentu menjadi hal yang sulit. Skill sangat penting yang harus dimiliki adalah bisa mewawancara calon pengguna.

Oleh sebab itu, jangan lupa melakukan riset ketika belajar mendesain sebuah produk. Kemudian, Anda juga harus mengetahui media yang bisa digunakan untuk mempelajari desain produk ini.

Pada dasarnya, ada berbagai macam media yang sekarang ini sangat terbuka untuk mempelajari desain produk seperti cousera, cousera memberikan kelas yang dibawakan oleh dosen dari berbagai macam universitas. Anda dapat mempelajari berbagai teori yang berhubungan dengan desain produk.

Baca juga  5 Cara Rahasia Wangi Tahan Lama pada Pakaian

Ada juga Interaction Design Foundation, sebuah lembaga pendidikan yang berhubungan dengan desain produk. Interaction Design Foundation menawarkan berbagai macam kelas yang bisa Anda pilih.

Interaction Design Foundation menyediakan kelas dengan berbagai tingkat kesulitan berbeda-beda. Bahkan ada kelas yang memang dirancang untuk pemula, sehingga Anda tidak perlu khawatir ketika belajar mendesain.

Aplikasi untuk Belajar Desain Produk Terbaik

Bila memang memiliki minat untuk menjadi desainer produk, tentu saja Anda harus menguasai berbagai macam aplikasi desain yang sering digunakan. Lebih-lebih sekarang ini perkembangan teknologi serta informasi sudah mendorong banyak perubahan di sektor ini,

Berikut berbagai macam aplikasi yang bermunculan untuk mempermudah Anda belajar menjadi designer produk:

1. Sketch

Merupakan salah satu aplikasi desain yang cocok untuk individu yang kompetitif. Sketch juga memiliki berbagai macam in app tools sangat unik serta bisa disandingkan dengan aplikasi populer lain.

Bukan hanya itu, hingga sekarang sketch menjadi aplikasi desain yang direkomendasikan pakar desain untuk merancang interface indah. Bila Anda ingin menggunakan aplikasi untuk merancang UI dengan nilai estetika tinggi, Anda bisa menggunakan Sketch.

2. YTD

Aplikasi desain yang lainnya adalah YTD. YTD memungkinkan penggunanya bisa menyesuaikan produk dengan berbagai macam ide yang telah disediakan aplikasi sebagai bahan referensi.

YTD bisa dikatakan sebagai aplikasi desain yang cukup baik untuk mahasiswa yang khusus berkecimpung dalam dunia desain produk.

3. ENGINEERING.com

Bisa menjadi salah satu pilihan saat ingin belajar desain produk. Situs ini merupakan aplikasi yang bisa digunakan secara online. ENGINEERING.com banyak digunakan para lulusan desain.

ENGINEERING.com ini tersedia di perangkat smartphone dan komputer sebagai aplikasi untuk kebutuhan pendidikan. Bukan hanya itu, ENGINEERING.com juga memiliki berbagai macam contoh karya yang bisa diakses penggunanya.

Baca juga  10 Manfaat Pasta Gigi Yang Jarang Diketahui

4. Blobmaker

Aplikasi lainnya adalah Blobmaker. Bila desain produk yang sekarang ini Anda pelajari adalah desain SVG, Blobmaker bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

Blobmaker merupakan aplikasi desain cepat yang bisa menghasilkan bentuk SVG sesuai dengan keinginan. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga bisa digunakan tanpa membayar biaya sepeserpun.

Pilihan Karir Saat Sudah Ahli Mendesain Produk

Jika sudah ahli melakukan desain produk, ada berbagai macam pilihan karir dibaliknya yang sangat menarik. Berikut berbagai macam pilihan karir ketika sudah belajar desain produk:

1. In-house designer

In-house designer ialah desainer yang bekerja di sebuah perusahaan. Tidak sedikit dari mereka yang ahli mendesain produk bekerja di berbagai perusahaan terkemuka.

Ada juga yang mencoba meniti karir di perusahaan mabel, hingga perusahaan yang memproduksi mainan anak. Dengan keahlian mendesain produk yang sudah dikuasai, tentu menyenangkan bukan bekerja di perusahaan besar tersebut.

2. Desainer profesional

Jika tidak ingin bekerja di perusahaan, Anda bisa menjadi desainer profesional. Desainer profesional merupakan mereka yang menjadi konsultan desain produk untuk perusahaan.

Biasanya, perusahaan-perusahaan yang merekrut adalah perusahaan kecil yang memang belum memiliki desainer.

3. Mendesain produk sendiri

Jika Anda ingin memiliki usaha sendiri, dari keahlian mendesain produk, Anda bisa menciptakan sebuah produk yang menyenangkan dan diminati oleh masyarakat luas.

Baca juga: Cara Memulai Bisnis Dari Internet

Desain produk memang dunia yang menyenangkan, karena di sini, Anda di tuntut untuk lebih kreatif dan menciptakan produk yang berbeda dari lainnya. Dengan motivasi ini, belajar desain produk akan menjadi lebih menyenangkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *