Pengeboman Pearl Harbour, Hari Dharma Wanita, Sondang Hutagalung Membakar Diri dan Hari Penerbangan Internasional

Pengeboman Pearl Harbour, Hari Dharma Wanita, Sondang Hutagalung Membakar Diri dan Hari Penerbangan Internasional
Pengeboman Pearl Harbour, Hari Dharma Wanita, Sondang Hutagalung Membakar Diri dan Hari Penerbangan Internasional

Halo sobat Mibi, hari tanggal 7 Desember telah tercatat dalam sejarah nasional dan internasional beberapa peristiwa penting dan menarik untuk diketahui bersama sebagai tambahan pengetahuan umum diantaranya adalah peristiwa pengeboman Pearl Harbour, peringatan Hari Dharma Wanita, pembakaran diri oleh Sondang Hutagalung dan peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional

Peristiwa Pengeboman Pearl Harbour

Tidak dapat dipungkiri jika peristiwa pengeboman ini menjadi salah satu peristiwa fenomenal selain karena mengakibatkan banyak korban jiwa, juga karena diangkat menjadi film yang banyak menyedot atensi penonton.

Penyerangan terhadap angkatan laut Amerika Serikat yang sedang berlabuh di pangkalan Angkatan Laut Perl Harbor ini merupakan serangan balasan dan sekaligus mendadak oleh Angkatan Laut kekaisaran Jepang.

Dengan serangan Jepang itu kepada Amerika Serikat maka kedua negara telah secara resmi masuk dalam pusaran Perang Dunia II yang membuat dua blok utama.

Dilansir dari Wikipedia, Jepang membawa kekuatan penuh untuk menyerang AS enam kapal induk, 2 kapal tempur, dua penjelajah berat dan ringan, sembilan perusak dan 8 tanker yang juga melibatkan pesawat pemburu, pengebom dan torpedo yang jumlahnya ratusan.

Serangan dimulai pagi hari dimana pasukan AS tidak menduga adanya penyerangan itu. Akibat serangan yang sangat brutal itu, AS harus kehilangan nyawa 2.403 pasukannya, dan seribu lebih luka-luka. Belum lagi dihitung jumlah kapal yang rusak bahkan ada yang karam, juga pesawat yang berjumlah puluhan, begitu juga 188 pesawat hancur.

Peringatan Dharma Wanita

Hari ini adalah peringatan Dharma Wanita yang ke-22 sejak tanggal 7 Desember 1999 telah didirikan organisasi ini yang memiliki tujuan untuk mengembangkan SDM anggota yang berkualitas serta menyejahterakan anggotanya.

Baca juga  Pribadi Ekstrovert yang Tidak Pernah Kehabisan Energi

Anggota dari organisasi ini yaitu seluruh istri dari Pegawai Negeri Sipil (sekarang Aparatur Sipil Negara/ ASN), istri pejabat negara, istri pegawai BUMN dan BUMD yang intinya istri dari mereka yang bekerja pada sektor pemerintahan dari pusat sampai ke desa.

Dharma Wanita memiliki visi “Menjadi organisasi istri Aparatur Sipil Negara yang profesional untuk memperkuat peran serta perempuan dalam pembangunan bangsa”.

Pada tahun 2021 ini, peringatan Dharma Wanita mengambil tema “Membangun ketahanan perempuan Indonesia melalui kesehatan mental dan pemulihan bisnis UMKM”.

Aksi Bakar Diri Sondang Hutagalung

Sondang Hutagalung ketua dari Himpunan Aksi Mahasiswa Marhaenisme Untuk Rakyat Indonesia (Hammurabi) telah melakukan sebuah aksi nekat yaitu membakar dirinya sendiri di depan Istana Merdeka Jakarta pada tanggal 7 Desember 2011.

Pria yang masih aktif sebagai seorang mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Bung Karno, Jakarta ini ditengarai dekat dengan pergerakan dari aktivis ‘Sahabt Munir’.

Sebelum melakukan aksinya Sondang menitipkan semua barang bawaannya termasuk tas, dompet dan beberapa kartu identitas. Motif dari pembakaran itu diketahui melalui sebuah surat yang dititipkan kepada kekasihnya, Putri yang intinya kecewa akan pemerintah terhadap ketidakadilan.

Dilansir dari Kompas, isi surat itu sendiri bertuliskan “terkutuklah buat ketidakadilan, terkutuklah buat ketidakpedulian, terkutuklah buat kemiskinan, terkutuklah buat rasa sakit dan sedih, terkutuklah buat para penguasa jahat, terkutuklah buat para penjahat, setelah aku tidak punya rasa lagi.”

Peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional

Peringatan Hari Penerbangan Sipil Internasional telah memasuki peringatan yang ke 27 sejak ditetapkan pada tahun 1994 oleh International Civil Aviation Organization (ICAO) yang waktu merupakan peringatan ke 50.

PBB mengakui bahwa pada tanggal 7 Desember secara resmi ditetapkan sebagai Hari Penerbangan Sipil Internasional, yang akhirnya jadi peringatan tiap tahunnya.

Baca juga  Now You Know – 10 Desember: Martin Luther Buku Exsurge Domine, Perjanjian Paris Dibuat, Pertamina didirikan dan Peringatan Hari HAM

Semua penerbangan non-militer merupakan bagian dari penerbangan sipil, baik yang dioperasikan oleh swasta dan komersial, yang diyakini dapat meningkatkan perkembangan ekonomi negara.

ICAO memiliki tugas untuk membantu negara-negara mewujudkan angkutan global yang cepat dan efisien melalui kerjasama multinasional untuk dapat mengangkut umat manusia.

Info lain: Now You Know – 6 Desember: Pembantaian Santa Marta, Koran The Washington Post Terbit Pertama Kali, Pengukuhan Taman Nasional Everglades, Finlandia Mendeklarasikan Berpisah dengan Rusia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *