Pembantaian Santa Marta, Koran The Washington Post Terbit Pertama Kali, Pengukuhan Taman Nasional Everglades, Finlandia Mendeklarasikan Berpisah dengan Rusia

Now You Know – 6 Desember: Pembantaian Santa Marta, Koran The Washington Post Terbit Pertama Kali, Pengukuhan Taman Nasional Everglades, Finlandia Mendeklarasikan Berpisah dengan Rusia (Ilustrasi - Pexel)
Now You Know – 6 Desember: Pembantaian Santa Marta, Koran The Washington Post Terbit Pertama Kali, Pengukuhan Taman Nasional Everglades, Finlandia Mendeklarasikan Berpisah dengan Rusia (Ilustrasi - Pexel)

Halo sobat Mibi, hari tanggal 6 Desember telah tercatat dalam sejarah nasional dan dunia beberapa peristiwa penting dan menarik untuk diketahui bersama sebagai wawasan umum diantaranya adalah pembantaian santa marta pekerja Kebun Pisang, terbitnya The Washington Post, Taman Nasional Everglades dibentuk dan pemisahan Finlandia dari Rusia.

Pembantaian Santa Marta

Now You Know – 6 Desember: Pembantaian Santa Marta, Koran The Washington Post Terbit Pertama Kali, Pengukuhan Taman Nasional Everglades, Finlandia Mendeklarasikan Berpisah dengan Rusia (Ilustrasi - Pexel)
Para Pimpinan Gerakan Pekerja Ladang Pisang, pict: Wikipedia

Peristiwa ini mungkin adalah salah satu pembantaian paling kejam yang pernah ada yang dialami olhe para buruh. Pembantaian Pisang atau juga dikenal dengan Santa Marta Massacare merupakan pembantaian terhadap para pekerja di ladang pisang yang bekerja di United Fruit Company di Kolombia.

Tragedi ini terjadi pada tanggal 5-6 Desember yang disebabkan karena adanya aksi mogok kerja terhadap serikat buruh di perusahaan itu karena beberapa faktor yang membuat ketidaksepahaman antara management dengan pekerja.

Dilansir dari beberapa sumber, para pekerja melakukan demonstrasi dan mogok kerja setelah tuntutan buruh tidak disetujui oleh United Fruit Company. Pihak perusahaan mengultimatum pemerintah Kolombia untuk menjada dan melindungi apa yang menjadi kepentingan perusahaan.

Perusahaan mengancam akan menghentikan pasar pisang yang selama ini menjadi komoditas besar Kolombia untuk memenuhi pasar  ke AS dan Eropa, yang membuat otoritas mengikuti permintaan mereka.

Setidaknya ada 9 tuntutan yang diajukan oleh serikat buruh diantaranya adalah permintaan adanya asuransi kerja, kompensasi jika ada kecelakaan kerja, upah minimal 100 peso per bulan, permintaan gaji per minggu.

Karena tidak ditanggapi tuntutan mereka, maka gerakan penolakan semakin membesar dan yang membuat otoritas Kolombia turun tangan.

Sebanyak 3000 pasukan dikirim untuk menghentikan aksi demo itu. Senapan mesin digunakan untuk memukul mundur massa, namun juga tidak mau, sehingga dimuntahkanlah peluru dari senapan itu.

Baca juga  Perang Dagang Adalah: Definisi dan Dampaknya

Laporan menyebutkan ada 47 kasus kematian, namun diketahui bahwa jumlahnya lebih dari itu yaitu bisa mencapai 2000 korban jiwa

The Washington Post Diterbitkan Pertama Kali

Sebuah koran harian tertua di Amerika Serikat telah terbit pertama kali di tahun 1977, The Washington Post didirikan oleh Stilson Hutchin.

Salah satu terbitan The Washington Post, source: historic-newspapaer

Dilansir dari Merdeka, pertama kali cetakan koran ini masih dalam bentuk hitam putih pada kertas lebar yang ditujukan untuk masyarakat Columbia, Maryland dan Virginia. Basis pemberitaan koran ini adalah tentang politik nasional

Beberapa kali tercatat bahwa The Washington Post pernah dijual ke pemilik lain untuk membuat korannya dikenal lebih lagi dengan adanya kontes esai di tahun 1889.

Koran ini menjadi fenomenal karena pernah memulai sebuah investigasi terhadap kasus Watergate oleh jurnali Bob Woodward dan Carl Beinstein yang mencuat pada tahun 1970. Atas investigasinya itu, Presiden Nixon mundur dari jabatannya.

Pengukuhan Taman Nasional Everglades

 Wilayah ini merupakan hutan yang sangat besar yang menutup lebih dari 20 % Everglades. Sementara Everglades sendiri merupakan danau yang sangat besar dan juga ada terdapat banyak rawa yang memiliki luas 13 ribu lebih km.

Danau Rawa Everglades, diambil dari delphipages

Jumlah visitasi (kunjungan) tiap tahun ke Taman Nasional ini mencapai lebih dari 1 juta pengunjung, dan Taman Nasional Eveglades merupakan yang terbesar ke-3 di Amerika.

Wilayah Everglades yang menjadi benteng alam bagi masyarakat Amerika ini akhirnya ditetapkan sebagai Taman Nasional sejak tanggal 6 Desember 1947. Pada kenyataannya wilayah Eveglades telah mengalami ‘penderitaan’ yang hebat karena faktor pertumbuhan masyarakat yang cepat sehingga mengkonversi lahan alam mejadi tempat tinggal di Florida Selatan.

Everglades masuk dalam daftaf cagar biosfer yang harus dilindungi tahun 1976 oleh UNESCO dan masuk dalam situs warisan duniatahun 1979.

Baca juga  Pribadi Ekstrovert yang Tidak Pernah Kehabisan Energi

Taman Nasional Eveglades banyak dihuni oleh flora dan fauna sub-tropis dan tropis yang membuat wilayah ini banyak dihidupi spesies seperti buaya, burung-burung besar dan ikan-ikan besar.

Finlandia Berpisah Dengan Rusia

Finlandia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan beberapa negara seperti Norwegia dan Swedia serta Laut Baltik yang beriklim sangat dingin, dan juga disebut negara-negara Skandinavia.

Naskah Deklarasi FInlandia, sumber: Tribun

Bahasa Swedia masih dipakai luas di Finlandia karena sejarahnya memang Finlandia masuk dalam Kerajaan Swedia sejak tahun 1809 dari abad 12. Pada abad itu terjadi perang salib yang membuat Swedia mendirikan beberapa koloni untuk memperkuat pertahanan mereka dan juga sebagai langkah memperluas kawasan.

Setelah tidak menguasai Finlandia, maka di tahun 1809, Finlandia berada dibawah Aleksandr 1 yang menjadi bagian Keharyapatihan otonom Rusia. Finlandia mendapatkan kemerdekaannya di tanggal 6 Desember 1917 setelah Kaisar Tsar Rusia sudah sudah tidak lagi mengontrol wilayah itu yang dimanfaatkan untuk memperoleh kemerdekaan.

Info lain: Now You Know – 4 Desember: Pembajakan Pesawat Malaysia Airline Penerbangan 653, Hasan di Tiro Mendeklarasikan Perlawanan Terhadap Pemerintah Indonesia dan Gerhana Matahari 4 Desember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *