Play Station Pertama Kali Diluncurkan dan Hari Difabel Internasional dan Peristiwa 3 Desember

Play Station Pertama Kali Diluncurkan dan Hari Difabel Internasional dan Peristiwa 3 Desember
Play Station Pertama Kali Diluncurkan dan Hari Difabel Internasional dan Peristiwa 3 Desember

Halo sobat Mibi, hari ini tanggal 3 Desember telah tercatat dalam sejarah nasional dan dunia beberapa peristiwa penting dan menarik untuk disimak sebagai wawasan umum. Diantaranya adalah para pekerja Departemen Pekerjaan Umum mempertahankan Gedung Sate. Tragedi Bhopal di India, peluncuran Play Station pertama kali diluncurkan dan juga diperingatinya Hari Difabel Internasional

Aksi 3 Desember di Bandung

Tanggal 3 Desember memiliki arti sejarah yang sangat mendalam bagi Departemen Pekerjaan Umum (sekarang Kemeterian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Pada hari ini 76 tahun yang lalu tepatnya di tanggal 3 Desember 1945. Telah terjadi aksi heroik yang dilakukan oleh para pekerja PU yang sedang bekerja yang dulunya menempati gedung Verkeer & Waterstaat (Gedung VW yang sekarang dikenal dengan Gedung Sate)

Gedung Sate jadi saksi aksi 3 Desember, pict: Detik

Setelah kemerdekaan Indonesia yang diproklamirkan tanggal 17 Agustus 1945. Pemerintah Indonesia memasuki masa transisi dimana kabinet baru dibentuk dan segala bentuk pelayanan pemerintahan juga baru dijalankan.

Nasionalisasi Aset Asing

Dilansir dari laman Kemen PUPR, program nasionalisasi aset asing terus dilakukan. Dan gedung V & W yang dulunya dipakai oleh Belanda. Diambil alih oleh Indonesia dan digunakan sebagai pusat kegiatan Departemen Pekerjaan Umum (PU). Namun ketika Belanda kembali dengan membonceng NICA (Pemerintah Sipil Hindia Belanda), mereka ingin kembali berkuasa.

Gedung V & W ingin direbut kembali, namun para pemuda yang bekerja di PU tidak ingin menyerahkan kembali Barang Milik Negara (BMN) yang sudah dikuasai Indonesia. Seksi pertahanan dibentuk dengan dipersentajai beberapa senjata seperti granat, bedil dan lainnya sebagai tindakan jaga-jaga jika Belanda kembali.

Baca juga  Pertempuran di Kolaka dan Gerhana Bulan Sebagian Terlama

Telah meletus pertempuran besar di bagian utara Bandung dan Gedung Sate dipertahankan oleh seksi pertahanan dengan sungguh-sungguh. Pada dini hari tanggal 3 Desember 1945, pasukan sekutu datang dengan membawa serta peralatan perang yang canggih menghadapi 21 orang yang berjaga-jaga di Gedung Sate.

Pertempuran yang tidak imbang ini membuat 7 dari 21 0rang yang ikut berperang untuk sementara hilang tidak diketahui kabarnya. Hingga baru beberapa tahun kemudian di tahun 1952 ditemukan jenazah yang sudah berbentuk kerangka dan tulang, namun hanya 4 jenazah yang ditemukan. Akhirnya kerangka dan tulang itu dipindahkan ke Taman Makam Pahlawan Cikutra Bandung.

Sebagai penghargaan dibuatkan 2 tanda peringatan. Satu didalam Gedung Sate yang satu lagi di belakang Gedung Sate dengan bentuk batu alam besar berikut dengan nama-nama pejuang yang gugur.

Kebocoran Gas, Tragedi Bhopal

Bagian yang diduga ketel uap, source: Wikipedia 

Telah terjadi kebocoran gas pada pabrik Pestisida Union Carbide India Limited (UCIL), Bhopal, India di tanggal 3 Desember 1984, yang merupakan salah satu tragedi paling buruk terjadi pada dunia perindustrian.

Dilansir dari Wikipedia, Gas yang bocor itu bukan zat biasa. Ternyata zat yang sangat mematikan yang dikenal dengan gas metil isosianat. Menyebabkan beberapa wilayah di sekitar pabrik itu terkontaminasi gas bebrahaya itu.

Atas kejadian itu banyak laporan yang memberikan pernyataan jika ada 2.259 korban jiwa. Namun setelah penelusuran dilakukan ternyata 8.000 jiwa kehilangan nyawa mereka setelah kejadian itu dalam kurun 2 minggu. Dan 8.000 lainnya juga meregang nyawa karena penyakit yang diakibatkan dari menghirup gas beracun itu. Jadi perkiraannya ada sekitar 18.000 jiwa lebih yang harus kehilangan nyawanya akibat kelalaian dari pengelolaan industri.

Memang telah diketahui sebelum tragedi itu beberapa peristiwa yang menelan korban dari pekerja pabrik UCIL. Diketahui jika sistem keselamatan UCIL sudah sangat lemah seperti ketel uap dan ventilasi yang sebenarnya sudah rusak.

Baca juga  Jalan Kaya yang Ditempuh Orang Terkaya di Dunia dan Inilah Rahasianya

Play Station Versi Pertama Diluncurkan

PS generasi pertama

Bagi para gamers, nama Play Station (PS) sudah tidak asing lagi, karena ternyata sudah 27 tahun sejak hari ini, yaitu tanggal 3 Desember 1994, permainan ini telah diperkenalkan.

Sony Interactive Entertainment (bagian dari Sony) adalah produsen untuk permainan yang dimainkan dengan sebuah konsol. Tercatat penjualan untuk PS 1 menembus angka 100 juta lebih dalam waktu kurang dari 10 tahun.

Pada tahun 2000 play station diluncurkan kembali untuk generasi kedua, yang merupakan produk terlaris sepanjang masa karena mencatat penjualan sebanyak lebih dari 150 juta unit.

Mendapatkan respon pasar yang positif, PS 3 kemudian diproduksi massal mencapai 87 juta unit terjual pada tahun 2006. Terakhir pada tahun 2017, PS generasi 4 diperkenalkan dan setiap tahunnya mencatat penjualan sebesar 1 juta unit.

Hari Difabel Internasional

International Day Person with Dissability (IDPD) atau Hari Disabilitas Internasional (HDI) diperingati setiap tanggal 3 Desember. Dilansir dari suara.com pada awalnya orang-orang yang mengidap penyakit kronis dan penyandang disabilitas difasilitasi supaya mereka diakui hak dan diberikan akses seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan yang dipioneri oleh pemerintah Inggris di tahun 1970.

Pada 3 Desember 1992 merupakan peringatan pertama kali yang dilandasi dari The United Nations Decade of Disabled Persons yang membahas dan memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas.

Akhirnya Majelis Umum PBB mengubah nama ‘International Day of Persons with Dissabilities’ yang dulunya dengan nama ‘International Day of Disabled Persons’ sejak tahun 2008. Nama itu terus dipakai sebagai peringatan untuk para penyandang disabilitas sampai sekarang.

Info lain: Now You Know – 24 Januari: Berakhirnya Perang Banjar dan Pemberontakan Malê

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *