Ledakan Gudang Sejata Lagos dan Kebakaran Hebat Klub Malam Kiss Brazil

Now You Know – 27 Januari: Ledakan Gudang Sejata Lagos dan Kebakaran Hebat Klub Malam Kiss Brazil
Kebakaran klub malam di Brazil (pict: theguardian)

Halo sobat Mibi hari ini tanggal 27 Januari telah tercatat dalam sejarah dunia. Beberapa peristiwa penting dan menarik untuk disimak bersama sebagai pengetahuan umum. Diantaranya adalah Ledakan Gudang Sejata Lagos dan Kebakaran Hebat Klub Malam Kiss Brazil

Gudang Senjata Lagos Meledak

Sebuah gudang senjata di markas militer Ikeja di Lagos, Nigeria berisi “bom berkaliber tinggi” dilaporkan telah terbakar. Kejadian sekitar pukul 18:00 (waktu setempat) pada 27 Januari 2002, yang mengakibatkan serangkaian ledakan di dalam dan sekitar wilayah.

Jumlah korban tewas diperkirakan mencapai 1.100 orang dan orang-orang yang kehilangan tempat tinggal akibat ledakan itu mencapai ribuan. Ledakannya mempengaruhi daerah-daerah hingga 50 km jauhnya.

Ada getaran di sejumlah bangunan, dengan jendela pecah dan atap tertiup angin akibat ledakan. Orang-orang, yang tampaknya tidak mengetahui penyebab sebenarnya dari ledakan itu, meninggalkan rumah mereka untuk mencari perlindungan di luar. Hal ini menyebabkan banyak kekacauan dan kebingungan, akibatnya banyak anggota keluarga yang terpisah.

Korban

Banyak orang (jumlah tidak dapat dipastikan) telah dirawat karena cedera ringan di berbagai rumah sakit, terutama di Daratan Lagos. Menurut siaran Presiden, sekitar 600 mayat yang tenggelam dilaporkan ditemukan dari kanal di sepanjang Jalan Tol Oshodi – Isolo, sekitar 10 km dari tempat kejadian.

Ini adalah orang-orang yang meninggalkan rumah mereka untuk keselamatan tetapi jatuh ke dalam kanal, yang ditutupi oleh eceng gondok. Mereka tampaknya tidak akrab dengan daerah itu.

Jumlah orang yang terkena dampak (mati dan terluka) belum dapat dipastikan, karena izin keamanan belum diberikan. Sejumlah pusat rehabilitasi telah didirikan oleh Pemerintah dan gereja-gereja untuk menjaga keamanan terutama anak-anak. Sampai mereka dapat bersatu kembali dengan keluarga mereka.

Ledakan masih terdengar dari kanton pada pukul 14:00 (waktu setempat) pada tanggal 28 Januari 2002. Pengumuman di radio dan televisi yang meminta masyarakat untuk tetap tenang. Dan jaminan bahwa insiden tersebut adalah “kecelakaan” di gudang senjata dan bukan kudeta militer, yang sebelumnya telah diisukan

Penyediaan ambulans oleh Pemerintah Negara Bagian Lagos untuk membawa orang yang terluka ke rumah sakit untuk perawatan dan mayat ke kamar mayat. Mendirikan pusat di mana orang dapat mengajukan pertanyaan atau melaporkan kasus anggota keluarga yang hilang

Tindakan Presiden

Presiden negara dan Gubernur Negara Bagian Lagos telah mengunjungi lokasi kejadian dan berbicara kepada orang-orang tentang tindakan yang harus diambil. Ini termasuk:

– Mendirikan pusat-pusat untuk menampung anak-anak yang mengembara, dengan kemungkinan menyatukan kembali mereka dengan keluarga mereka, setelah identifikasi yang tepat

– Penyediaan akomodasi untuk orang-orang yang dipindahkan, di dalam dan di luar kanton;

– Penyediaan makanan dan bahan bantuan lainnya segera untuk orang-orang yang dipindahkan

– Menyiapkan penyelidikan militer tentang penyebab ledakan dan masalah lainnya

Kebakaran Hebat Klub Malam Brazil

Di akhir pekan terakhir liburan musim panas Brasil bagi banyak siswa. Klub malam Kiss dipadati pada Minggu pagi dengan orang-orang muda. Banyak dari mereka menghadiri salah satu dari sejumlah universitas dan perguruan tinggi di Santa Maria.

Sedikitnya 231 orang tewas dan ratusan lainnya terluka dalam kebakaran hebat tersebut. Menurut pihak berwenang dimulai sekitar pukul 02:30 pada 27 Januari 2013, ketika pertunjukan kembang api band itu memicu bahan isolasi.

Banyak yang tampaknya meninggal karena menghirup asap dan sementara yang lain terinjak-injak terburu-buru untuk keluar.

Korban

Dari korban tewas, 101 adalah mahasiswa di Universitas Federal Santa Maria. 120 lainnya tetap dirawat di rumah sakit Senin pagi, 79 dalam kondisi kritis, kata pihak berwenang.

Sekitar 2.000 orang berada di dalam klub saat kebakaran terjadi — dua kali lipat dari kapasitas maksimum 1.000 orang, kata Guido de Melo, petugas pemadam kebakaran negara bagian.

Atap runtuh di beberapa bagian bangunan, menjebak banyak orang di dalamnya. Petugas pemadam kebakaran menemukan tumpukan mayat di kamar mandi klub. Itu tampak, kata anggota parlemen negara bagian Valderci Oliveira, “seperti zona perang.”

Penyebab Kebakaran

Kejadian berawal ketika gitaris Rodrigo Martins sedang bersiap untuk meluncurkan lagu keenam dari set bandnya ketika dia melihat bara api jatuh.

Insulasi busa akustik di langit-langit klub malam Kiss di kota Santa Maria di Brasil selatan terbakar, dan mulai menyebar. Abu panas jatuh ke panggung dan lantai dansa.

Di depannya, lautan orang yang beberapa saat sebelumnya menari dan bernyanyi mengikuti suara country-pop dari bandnya Gurizada Fandangueira mulai menyadari ada yang tidak beres.

Tiba-tiba, penonton konser berderap menuju satu-satunya pintu keluar klub, mendorong dan menjatuhkan satu sama lain untuk mencoba keluar. Kemudian, menurut penyelidik dan saksi, seseorang jatuh di lorong sempit dan gelap yang mengarah ke pintu keluar tanpa jendela.

Info Lain: Now You Know – 26 Januari: Gempa dan Tsunami Lisbon 1531, Salah Satu yang Paling mematikan Dalam sejarah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *