Terusan Suez Resmi Dibuka dan Pelantikan Aktor Arnold Schwarzenegger Sebagai Gubernur California

Terusan Suez Resmi Dibuka dan Pelantikan Aktor Arnold Schwarzenegger Sebagai Gubernur California
Sebuah Kapal Melintasi Terusan Suez. Photo: Kompas

Ada dua peristiwa unik hari ini, 17 November, yang menarik untuk disimak sebagai tambahan wawasan umum bagi sobat Mibi semua, diantaranya ada peresmian Terusan Suez dan pelantikan aktor Arnold Schwarzenegger sebagai Gubernur California.

Terusan Suez Resmi Dibuka

Peta Terusan Suwz. Source: Wikipedia

Sebuah terusan yang sangat fenomenal di Semenanjung Sinari, Mesir telah resmi digunakan sebagai jalur transportasi yang sangat strategis.

Pembuatan proyek terusan ini memakan waktu yang cukup panjang hingga 10 tahun dari tanggal 25 April 1859 sampai 17 November 1969. Panjangnya diperkirakan mencapai 163 km.

Sempat terjadi kemunduran 4 tahun dari jadwal yang telah ditentukan, pasalnya ada wabah yang melanda para pekerja yaitu kolera serta ketegangan dan perselisihan antara para pekerja yang berlarut-larut.

Ada dua laut yang dihubungkan melalui terusan Suez yaitu Pelabuhan Said di Laut Tengah dengan Suez di Laut Merah. Ferdinand Vicomte De Lesseps adalah seorang insinyur berkebangsaan Perancis yang merancang dan merealisasikan proyek ini dengan baik, yang ditujukan agar kapal-kapal besar bisa menyeberangi Eropa ke Asia maupun sebaliknya.

Sebelum adanya terusan ini kapal-kapal pengangkut barang biasanya menggunakan transportasi darat dengan mengosongkan kontenairnya di kapal supaya tidak menempuh perjalanan mengelilingi Afrika yang memakan waktu dan biaya.  

Dilansir dari beberapa sumber, posisinya yang begitu strategis menjadi banyak rebutan negara-negara kuat. Awalnya adalah Inggris yang memegang kendali penuh atas terusan ini karena invasi mereka ke Mesir hingga tahun 1936, Mesir menjadi negara merdeka.

Walaupun Mesir merdeka, Inggris tetap memiliki penuh kendali Terusan Suez, yang akhirnya mendorong pemimpin Mesir saat itu Gamal Abdul Nasser, melakukan gerakan nasionalisasi atas aset-aset yang pernah dikuasai asing di tahun 1956.

Baca juga  Ciri Skema Ponzi Agar Bijak dalam Menginvestasikan Dana Anda

Israel sempat menginvasi Mesir untuk merebut terusan ini, namun atas intervensi PBB, semua pasukan asing ditarik mundur dan Mesir menjadi pemilik penuh.

Atas kondisi itu Mesir menambah pemasukan bagi negaranya sebanyak $ 200 juta kala itu karena arus lalu lintas kapal yang diperkirakan ada lebih dari 21.000 kapal melawati terusan itu di tahun 1966.

Selama Perang Yom Kippur membuat terusan ini beberapa kali ditutup dan membuat Israel menjadi pengendali terusan ini, namun upaya diplomatik kembali membuat Mesir menjadi penguasa sehingga Terusan Suez dibuka tahun 1975.  

Pelantikan Arnold Schwarzenegger sebagai Gubernur California

Sobat Mibi pastinya telah mengetahui jika Arnold Schwarzenegger adalah seorang aktor yang sangat terkenal membintangi film-film laga, termasuk ‘Terminator’ yang fenomenal itu. Arnold juga dikenal sebagai binaragawan sukses yang pernah dinobatkan sebagai Mr. Universe.

Kisah pertarungan politiknya dimulai ketika di tahun 2003 memenangi Pemilu mengalahkan pesaingnya Gray Davis. Pada tanggal 17 November 2003, dihadapan para tamu Arnold diambil sumpahnya untuk menjadi Gubernur dan melayani warga California yang juga menyanyikan lagu kebangsaan mereka.

Gray Davis sebagai pesaingnya juga legawa dengan kekalahan itu, memberikan selamat atas kemenagan Arnold yang mendapat banyak apresiasi.

Dikutip dari beberapa sumber, dalam pidato kemenangannya, Sang ‘Terminator’ menegaskan bahwa aspirasi penduduk California kurang mendapat tempat di petinggi-petinggi kala itu, dan Ia sendiri berjanji untuk memperbaiki sistem keuangan yang menjadi masalah berat.

Sistem penerimaan tenaga kerja dikaji kembali waktu yang itu banyak disorot sepeninggalan Davis yang memperbolehkan sebanyak-banyaknya pekerja migran mencari penghidupan di California, juga tentang akses pemberian izin pengemudi bagi pekerja migran.

Sebagai penutup kemenangannya itu bukan sebagai tanda kemenangan kemenangan partai politik, tapi lebih dari itu bahwa dengan kemenangannya juga merubah iklim politik menjadi lebih baik.

Baca juga  Berdirinya Masyumi Sebagai Partai Politik

Info lain: Berapa Persen Saving Dari Gaji Untuk Keamanan Finansial?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *