Now You Know – 14 Januari: Pembuatan Fundamental Order dan Serangan Teroris Jakarta

  • Share
Now You Know – 14 Januari: Pembuatan Fundamental Order dan Serangan Teroris Jakarta
pict: cnn

Halo sobat Mibi, hari ini tanggal 14 Januari telah tercatat dalam sejarah nasional dan dunia beberapa peristiwa penting dan menarik untuk disimak bersama sebagai pengetahuan umum, diantaranya Pembuatan Fundamental Order dan Serangan Teroris Jakarta

Fundamental Order

Para imigran dari Puritan menetap di dekat Hartford, Connecticut, menciptakan koloni bersama dam membuat aturan yang disebut ‘Fundamental Order’ pada tanggal 14 Januari 1639, yang mengatur struktur dan kekuasaan dari komunitas yang dibangun.

Kaum Puritan adalah Protestan Inggris pada abad ke-16 dan ke-17 yang berusaha memurnikan ajaran dari praktik Katolik Roma.

Para pemukim mengikuti tradisi perjanjian pendahulu mereka yang kemudian membuat janji bersama untuk berkomunitas di bawah “Pemerintahan yang tertib dan layak yang didirikan menurut Tuhan.”

Tetapi para pendiri Connecticut melakukan sesuatu yang berbeda dari nenek moyang Puritan mereka: raja Inggris tidak diakui sebagai agen yang berwenang dari dokumen tersebut, seperti yang ada di Mayflower Compact. Tidak disebutkan raja di mana pun dalam perjanjian.

The Fundamental Orders of Connecticut mencantumkan hak fundamental – dan hak yang bukan merupakan hak orang Inggris – hak untuk menciptakan bentuk pemerintahan di mana seseorang akan hidup.

Hak ini tersirat dalam dokumen tersebut, karena para pemukimlah yang “Memerintahkan, menghukum, dan menetapkan” hukum di mana mereka harus hidup.

Para pemukim menetapkan hak politik ini bersama dengan ketentuan untuk pemilihan tahunan, pemungutan suara, rotasi jabatan, dan “kebebasan berbicara” untuk perwakilan terpilih.

Ternyata penetapan Fundamental Order  memiliki ciri-ciri konstitusi tertulis dan dianggap oleh beberapa penulis sebagai Konstitusi tertulis pertama dalam tradisi Barat. Dengan demikian, Connecticut mendapat julukan Negara Konstitusi.

The Fundamental Orders of Connecticut adalah dokumen pendek tetapi berisi beberapa prinsip yang kemudian diterapkan dalam menciptakan pemerintah Amerika Serikat.

Pemerintah didasarkan pada hak-hak individu, dan perintah tersebut menjelaskan beberapa hak tersebut, serta bagaimana hak tersebut dijamin oleh pemerintah.

Ini mengatur bahwa semua orang bebas berbagi dalam memilih hakim mereka, dan menggunakan kertas suara rahasia. Ini menyatakan kekuasaan pemerintah dan beberapa batasan di mana kekuasaan itu dijalankan

The Fundamental Orders digantikan oleh Royal Charters pada tahun 1662, namun, garis besar piagam tersebut ditulis di Connecticut dan mewujudkan hak dan mekanisme Ordo.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *