Perundingan Linggarjati dan Kelahiran Leonardo DiCaprio

Now You Know (11 November): Perundingan Linggarjati dan Kelahiran Leonardo DiCaprio
Perundingan Linggarjati (Photo by Kompas)

Hola Sobat Mibi, hari ini tanggal 11 November telah tercatat beberapa peristiwa penting yang patut untuk disimak, diantaranya dimulainya perundingan Linggarjati dan kelahiran aktor terkenal Amerika Leonardo DiCaprio.

Perjanjian Linggarjati

Beberapa tokoh penting baik dari Indonesia dan juga Belanda duduk bersama membicarakan hal-hal strategis yang diadakan secara marathon selama lima hari dari yang dimulai dari tanggal 11-15 November 1946.

Pertemuan ini menjadi sangat krusial bagi Indonesia yang membahas tentang status kemerdekaan Indonesia, pasalnya Belanda masih berhasrat menancapkan kuku kekuasaannya pada Indonesia. Pertemuan itu akhirnya dikenal sebagai Perundingan Linggarjati.

Jika ditelisik lebih lagi sebenarnya selain Belanda dan Indonesia yang sebagai pihak berunding secara langsung, ada juga Inggri yang didapuk sebagai penengah bagi perundingan ini.

Dari pihak Indonesia ada Sutan Sjahrir yang didapuk sebagai ketua yang didampingin Moh Roem, AK Gani dan Susanto Tirtoprojo. Sementara dari pihak Belanda mengirim perwakilannya Wim Schermerhorm sebagai ketua.

Inggris juga terlibat sebagai mediato atau penanggungjawab perundingan dengan Lor Killearn sebagai tokohnya.

Hasil Perundingan

Perundingan ini bisa dijalankan dengan tenang setelah sebelumnya para pihak menyetujui untuk gencatan senjata dan memulai upaya diplomasi bersama.

Dikutip dari beberapa sumber, hasil perundingan ini ada beberapa hal penting, antara lain:

  1. Secara de facto Belanda mengakui wilayah Indonesia yang terdiri dari Jawa, Sumatera, Madura
  2. Per tanggal 1 Januari 1949, Belanda harus meninggalkan wilayah Republik Indonesia
  3. Republik Indonesia Serikat (NIS) akhirnya dibentuk setelah kedua negara Indonesia dan Belanda menyepakatinya
  4. RIS harus berada dibawah/bergabung dalam negara-negara persemakmuran Kerajaan Belanda.

Dengan adanya kesepakatan dalam perundingan linggar jati ini, Indonesia mendapatkan beberapa dampak baik yang positif dan negatif.

Baca juga  Ciri Skema Ponzi Agar Bijak dalam Menginvestasikan Dana Anda

Dalam pandangan di dunia Internasional, pengakuan Belanda mendongkrak citra Indonesia. Beberapa konflik antara Indonesia dan Belanda memang terselesaikan, walau nanti juga ada ketidaksepahaman lagi.

Walaupun ada dampak positif, ternyata dampak buruk yang diterima lebih besar karena dengan keikutsertaan Indonesia dalam persemakmuran Belanda, artinya kekuasaan Indonesia dibawah Belanda.

Begitu juga beberapa wilayah yang diakui hanya Jawa, Sumatera dan Madura, membuat Indonesia kehilangan banyak wilayah.

Kesepakatan itu juga sebenarnya mendapatkan pertentangan dari beberapa lapisan masyarakat termasuk partai politik seperti PNI, Masyumi dan lainnya.

Tak selang beberapa lama setalah penandatanganan perjanjian itu. Belanda membelot dengan melakukan agresi militer di bulan Juli 1947. Artinya kedua belah tidak terikat lagi terhadap kesepakatan perjanjian itu.

Leonardo DiCaprio

Bagi pecinta Box Office Movies, tentunya nama Leonardo DiCaprio tidak asing lagi. Pemuda bermata biru terang itu telah membitangi banyak sekali film-film beken yang membuat namanya melambung tinggi karena kesuksesan memerankan perannya dengan sangat unik.

Bakatnya dalam seni peran memang sudah muncul sejak kecil dimana ia tergabung teater The Mud People. Film profesionalnya pertama kali yang ia bintangi berjudul Critters 3.

Semenjak itu Leo banyak diberikan peran dalam beberapa film seperti What’s Eating Gilbert Grape. Dia bermain bersama Johny Depp, yang membawanya sukses menyabet nominasi Oscar kategori Aktor Pendukung Terbaik.

Namanya semakin terkenal ketika membintangi film Romeo + Juliet yang diangkat dari sebuah karya William Shakespeare.

Kesuksesan terbesarnya ketika membintangi sebuah film dari tragedi tengelamnya kapal Titanic, yang filmnya diberi judul sama dengan kapal tersebut.

Bersama dengan Kate Winslet, film Titanic menyabet banyak sekali nominasi Oscar. Diantaranya nominasi tersebut Best Picture dan Best Director yang membuat film ini tercatat sebagai film terlaris sepanjang masa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *