News  

Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia
Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Berbicara tentang negara dengan sistem pendidikan terbaik memang tidak ada habisnya. Perdebatan mengenai hal ini juga tidak pernah habis.

Ada yang mengatakan Inggris merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik. Ini dipercaya karena Inggris memiliki dua kampus fenomenal yaitu Oxford dan Harvard.

Ada juga yang mengatakan bahwa label tersebut dimiliki oleh Finlandia. Label ini diberikan karena Finlandia menggunakan sistem penjurusan sejak anak berada pada usia dini.

Namun hingga sekarang, tidak ada standar khusus untuk menentukan siapa yang berada pada urutan pertama. Itu karena, setiap negara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Selama pelajar berjuang secara maksimal, meraih sukses dengan sistem pendidikan tersebut menjadi hal yang sangat mungkin.

Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Dunia

Ketika membahas sistem pendidikan terbaik di dunia, kami tidak akan membahas satu negara. Agar lebih adil, terdapat beberapa negara yang layak mendapatkan gelar tersebut.

Namun Finlandia dan Inggris sendiri tidak kami masukkan. Itu karena, keberadaannya terlalu umum dan sudah sering dibahas.

1. Australia

Australia wajib dimasukkan ketika mengulas negara dengan sistem pendidikan terbaik. Hal ini sudah tidak perlu diragukan.

Itu karena, ada banyak orang dari negara lain yang secara sengaja ingin sekolah di Australia. Pendidikan di Australia sendiri dimulai sejak anak berusia 6 tahun.

Ketika itu, sekolah dasar adalah tujuan awal. Hanya saja, pendidikan disana tidak mengharuskan anak belajar lebih dari 10 tahun.

10 tahun adalah angka maksimal untuk belajar formal. Bahkan jika sedikit unggul, seorang anak bisa lulus hanya dalam waktu 9 tahun.

Baca juga  Warren Buffett dan Lotere Ovarium dalam Keberuntungan Hidup Seseorang

Australia sendiri adalah negara yang mewajibkan sekolah untuk semua warganya. Sekolah yang wajib sendiri adalah jenjang sekolah dasar dan sekolah menengah.

Hebatnya, program ini berjalan secara baik. hal tersebut membuat kualitas pendidikan masyarakat menjadi semakin baik.

2. Belanda

Belanda juga harus dibahas ketika mengulas negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia. Standar pendidikan di Belanda sendiri sangat tinggi.

Hampir 50 persen sekolah disana sudah menerapkan konsep bilingual. Ini adalah konsep dimana sekolah menggunakan dua bahasa dalam proses pembelajaran.

Kedua bahasa tersebut antara lain Inggris dan Belanda. Belanda sendiri memiliki niat yang luar biasa dalam penerapan konsep Bilingual.

Mereka mengatakan bahwa konsep ini dibuat untuk mempersiapkan warganya dalam persaingan di taraf internasional. Mereka sadar bahwa bahasa Inggris adalah bahasa internasional.

Oleh sebab itu, menguasai bahasa Inggris sangat ditekankan untuk setiap warganya. Hebatnya, anak-anak di Belanda bahkan jauh lebih terampil.

Di usia yang masih sangat muda, kebanyakan anak disana sudah menguasai lebih dari dua bahasa. Contoh bahasanya seperti Inggris, Prancis, bahkan Jerman. Tentu, bahasa Belanda adalah bahasa sehari-hari.

3. Jerman

Negara dengan sistem pendidikan terbaik selanjutnya adalah Jerman. Jerman sendiri memang menjadi tujuan banyak pelajar.

Bisa dibilang, Jerman menjadikan studi lanjutan sebagai fokus utama. Merupakan keputusan tepat apabila belajar ke Jerman untuk mempelajari Kedokteran spesialis, otomotif, atau ilmu penerbangan.

Proses pembelajaran itu bahkan pernah diikuti oleh manta Presiden RI yaitu B.J Habibie. Beliau sukses menjadi ahli penerbangan setelah menempuh pendidikan disana.

Bahkan menurut beberapa penelitian, sekolah kedokteran di Jerman adalah yang terpopuler di dunia. Inilah alasan utama mengapa banyak dokter kelas dunia yang menempuh pendidikan di negara tersebut.

Baca juga  Promo 9.9 di Shopee, Bertabur Untung Melimpah

4. Amerika Serikat

Amerika Serikat memiliki label sebagai negara adidaya. Karena label tersebut, tentu setiap aspek dikembangkan dengan baik.

Salah satu aspek yang menjadi perhatian adalah pendidikan. Sangat tepat jika menambahkan Amerika dalam daftar negara dengan sistem pendidikan terbaik.

Ada banyak kampus populer dari Amerika. Sebut saja Harvard, Stanford, hingga Johns Hopkins. Pendidikan Amerika sendiri menerapkan fokus ke hampir semua bidang.

Oleh sebab itu, setiap ilmu terapan maupun eksak bisa dipelajari disana. Satu-satunya kekurangan dari pendidikan negara ini terletak pada biaya.

Biaya untuk menempuh pendidikan disana sangat tinggi. Untuk itu, kebanyakan orang lebih memilih untuk memanfaatkan program beasiswa ketika belajar.

5. Kanada

Negara terakhir yang layak masuk ke daftar ini adalah Kanada. Dibandingkan nama lain di daftar ini, Kanada memang tidak terlalu populer.

Bahkan ketika mengatakan tentang Kanada, kebanyakan orang sulit untuk menyebut satu hal yang berkesan. Perlu diketahui, banyak orang menyebut Kanada sebagai negara dengan pendidikan nomor satu di dunia.

Bahkan beberapa waktu lalu, pernah dilakukan sebuah survei yang meneliti pendidikan pada hampir setiap negara di dunia. Hasilnya Kanada berada di urutan nomor tiga.

Keunggulan utama sistem pendidikan Kanada terletak pada profesionalisme. Pelajar dituntut untuk profesional dan konsisten dalam menjalani rutinitas di sekolah.

Namun pelajar juga tidak dibebani dengan tugas terlalu banyak. Intinya, setiap jenjang memiliki target tertentu dan pendidikan diarahkan untuk mencapai target tersebut.

Baca juga: Apa yang sekolah ajarkan tentang uang?

Sangat tepat jika memilih untuk pergi ke negara tersebut ketika berniat untuk belajar ke luar negeri. Setelah itu, seriuslah ketika belajar disana.

Kembalilah ke Indonesia dengan bekal yang banyak. Setelah itu, jadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *