Yuk Menabung ! Inilah Manfaat Menabung Sejak Dini

manfaat menabung sejak dini
manfaat menabung sejak dini

Manfaat menabung sejak dini- Orang tua kita dulu mungkin sering mengajak untuk menabung. Baik itu menabung di tabungan berbentuk celengan tanah, plastik maupun jenis kaleng.

Atau bahkan sudah mengajarkan menabung dengan dibukakan rekening di bank tertentu. Apapun caranya, menabung memang haruslah dijadikan kebiasaan yang sebisa mungkin diajarkan sejak dini.

Tentunya banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan menyisihkan uang ini. Walaupun kelihatannya sepele namun berdampak besar pada keamanan finansial kita.

Manfaat Menabung Sejak Usia Dini

Berikut beberapa manfaat yang bisa kita rasakan dari kegiatan menabung sejak dini

1. Berhidup Hemat

Dengan menyisihkan uang dari penghasilan setiap hari, maka secara tidak sadar diajarkan untuk hidup hemat. Dengan menabung maka gaya hidup hemat bukan suatu paksaan namun sudah menjadi kebiasaan.

Hidup hemat juga bisa berarti bahwa setiap rupiah yang dikeluarkan benar-benar dapat dipertanggungjawabkan dengan menghargai setiap nominal uang yang diterima.

Kesederhanaan harus dibentuk sebagai gaya hidup agar dapat mengatur keuangan dari pengeluaran yang tidak diperlukan. Atau dari sekedar mengikuti trend sesaat yang bisa menguras tabungan untuk keinginan sementara.

2. Memahami Konsep Keuangan

Orang yang berhati-hati dalam mengelola keuangannya tentunya akan bisa lebih survive. Ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diduga seperti masa pandemi ini.

Harus dipahami bahwa nilai uang akan terus berkurang karena adanya inflasi. Jika diinvestasikan dalam sebuah barang, maka nilai penyusutannya akan lebih besar.

Namun dengan menabung, nilai penyusutannya tidak sebesar dari penyusutan barang, konsep keuangan ini yang harus dipahami dalam kegiatan menabung.

Baca juga  Tips Mengatur Keuangan Pribadi Mahasiswa Ala Li Ka Shing

Lebih lagi semboyan ‘Hemat Pangkal Kaya’ harus diartikan bahwa tidak ada suatu keadaan keuangan yang aman jika tanpa adanya kebiasaan menabung.

Menabung ‘memaksa’ kita untuk dapat merencanakan untuk kapan menyisihkan dan kapan menggunakan uang dengan cermat agar tidak mengalami kondisi defisit.

3. Melatih Kedisiplinan dan Kemandirian

Kedisiplinan bisa juga dihasilkan melalui kebiasaan menabung. Kedisiplinan dalam arti ini adalah untuk menahan pengeluaran yang kurang mendesak dan memulai menyisihkan uang sekecil apapun sebagai tindakan berjaga-jaga.

Dalam hal menabung maka kedisiplinan dapat diraih dalam rentang waktu yang lama dan proses yang terus-menerus agar terbangun sikap disiplin.

Begitu juga dalam hal kemandirian, menabung dapat mendorong individu untuk tidak menggantungkan kepada orang tua atau saudara dalam memenuhi kebutuhan baik kebutuhan pokok, sekolah dan sebagainya.

Kemandirian dibangun dengan sikap yang terlatih untuk mau dan bersedia secara sukarela mengatur uang dan menyisihkan sejumlah nominal tertentu supaya memiliki tabungan sendiri.

Dengan begitu dapat mengandalkan pada kapasitas dan kemampuan diri sendiri menghadapi kondisi dikemudian hari yang mungkin membutuhkan biaya mendesak dan nominal yang besar

Sifat positif lain yang bisa didapatkan dari menabung adalah melatih kesabaran. Bahwa hasil atau output dari menabung tidak serta merta didapatkan dalam jangka waktu sebentar, tetapi untuk dikemudian hari bertahun-tahun kedepan.

4. Mencegah Berhutang dan Menjaga Aset

Kebiasaan menabung juga bisa menghindarkan dari sikap yang mudah menyerah seperti berhutang kepada teman, kolega atau saudara sendiri.

Walaupun mungkin nilainya tidak terlalu besar, namun berhutang jika dibiarkan terus-menerus akan menjadi kebiasaan yang susah dihilangkan.

Pos tabungan tersedia dalam suatu keadaan yang diperlukan dari kebiasaan menabung, bukan dengan berhutang untuk menutupi kebutuhan.

Baca juga  Pilih Menabung Atau Investasi ! Pertimbangkan Ini

Disisi lain, jika tidak memiliki gaya hidup yang suka menabung maka jika membutuhkan biaya yang tidak bisa dicukupi dari tabungan, maka biasanya akan menjual aset yang dimiliki, bisa berupa barang elektronik, gadget, kendaraan bermotor, perhiasan bahkan rumah.

Tentunya akan sangat merugikan jika kebutuhan yang mendesak harus dicukupi dengan cara menjual apa yang kita punya, alangkah baiknya dengan adanya kebiasaan menabung dapat menghindarkan kondisi itu.

5. Pencapaian Financial Freedom

Dalam konteks jangka panjang, maka jika sikap yang selalu tekun menabung akan membuat masa tua menjadi lebih aman.

Ketika sudah pensiun dan tidak secara aktif bekerja lagi tentunya jika tetap bisa memenuhi kebutuhan hidup dan mencukupi gaya hidup yang diinginkan bisa diartikan sebagai financial freedom.

Selain sebagai persiapan dan pensiun kelak, juga bisa digunakan untuk membantu pengeluaran semisal untuk sekolah cucu yang butuh biaya besar.

Dalam hal yang lebih mewah lagi maka tabungan yang sudah disisihkan secara rutin sejak dini, akan bisa dipakai untuk berlibur, membeli barang yang diinginkan atau bisa juga dipakai untuk bermain saham.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *