Mengusir Semut dari Rumah dengan Memanfaatkan Bahan-bahan Alami

Mengusir Semut dari Rumah dengan Memanfaatkan Bahan-bahan Alami
Dua semut hitam yang saling berkomunikasi (Photo by Maksim Shutov on Unsplash)

Mengusir semut- Keberadaan semut di dalam rumah seringkali membuat jengkel. Bagaimana tidak, semut yang datang berombongan sering merambati makanan di atas meja hingga tak layak lagi untuk dimakan.

Belum lagi rumah menjadi tampak kotor karenanya. Namun, mengusir semut dari rumah sebenarnya mudah dilakukan.

Selain menggunakan pestisida semprot atau bentuk serbuk kapur, sebenarnya ada cara-cara alami yang bisa dicoba untuk menghalau semut dari dalam rumah.

Bahan-Bahan Alami untuk Mengusir Semut

Mengandalkan bahan alami untuk menghalau semut bisa dicoba sebagai satu alternatif yang lebih aman daripada menggunakan racikan kimia.

Selain lebih ramah lingkungan, setidaknya bahan-bahan alami tersebut lebih mudah didapatkan di sekitar.

Ada beberapa bahan yang bisa digunakan, di antaranya adalah:

1.     Mengusir semut dengan Bubuk Cabai

Tak hanya orang saja yang tak menyukai aroma pedas dan menusuk hidung, semut pun ternyata sangat tidak menyukai aroma pedas.

Oleh karena itulah cabai yang dibuat menjadi bentuk bubuk merupakan satu bahan alami yang terbilang cukup efektif untuk menghalau semut.

Caranya dengan menaburkan bubuk cabai pada tempat-tempat yang seringkali menjadi incaran semut semut di sekitaran rumah.

2.     Bubuk Lada / Merica

Sama halnya dengan bubuk cabai dengan aroma pedasnya, lada atau merica dengan nuansa pedas yang menyengat pun mampu membuat jera si semut untuk angkat kaki dari rumah. Bahan ini pun cukup mudah didapat di dapur.

Bubuk lada atau merica memiliki tingkat keberhasilan yang sangat tinggi dalam menghalau semut yang seringkali terlihat pada sudut-sudut ruangan atau dapur.

Baca juga  Tips Aman Sekolah Tatap Muka di Tengah Pandemi Hindarkan Khawatir Berlebihan

3.     Perasan Buah Jeruk atau Lemon

Aroma jeruk atau lemon yang khas ternyata juga tak disukai semut. Karena aroma seperti ini dianggap menjadi ancaman bagi semut, maka air perasan jeruk atau lemon bisa dimanfaatkan untuk mengusir semut.

Caranya adalah dengan membuat campuran antara perasan lemon atau jeruk dengan air (kira-kira perbandingannya 1 buah lemon dengan 3 gelas air).

Setelah larutan jeruk siap, masukkan ke dalam botol semprotan lalu mulailah operasi penyemprotan di tempat-tempat dimana semut muncul.

4.     Daun Sirih

Daun sirih yang harum namun memiliki unsur rasa pahit ternyata sangat tidak disukai oleh semut.

Aroma khas yang dimiliki daun sirih ini terbukti cukup mujarab menghalau semut dari rumah. Barangkali kandungan antiseptik dalam daun sirih lah yang berperan dalam hal ini.

Caranya, ambil beberapa lembar daun sirih lalu kucek-kucek sampai kusut dan keluar aroma khas daun sirih yang menusuk. Setelah itu, letakkan daun sirih pada titik-titik dimana semut sering berada.

5.     Mengusir semut dengan Garam

Garam telah dikenal sebagai bahan alami yang tidak hanya ampuh untuk menghalau serangga, namun beberapa jenis hewan lain seperti ular dan lintah juga bisa dihalau dengan garam.

Cara penggunaannya juga terbilang simpel, yakni dengan menaburkan garam pada tempat-tempat dimana semut terlihat.

Namun satu hal yang perlu diperhatikan, dipastikan terlebih dahulu bahwa tempat yang akan ditaburi garam sudah bebas dari air atau bebas dari lembab.

6.     Bawang Putih

Aromanya yang khas dan tajam membuat bawang putih menjadi bahan dapur yang manjur untuk mengusir semut.

Caranya cukup gampang, yakni kupas bawang putih terlebih dahulu dan belah menjadi dua bagian. Kemudian letakkan bawang putih di tempat semut sering muncul, semisal di pojok ruangan.

Baca juga  Tips Menghadapi Konsumen Rewel, Dijamin Ampuh!

7.     Kopi

Manfaat kopi selain untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk mengusir semut. Kopi adalah serbuk minuman yang banyak disukai.

Selain menjadi bahan minuman dengan aroma khas nan harum, bubuk kopi banyak dimanfaatkan untuk menghalau semut. Cukup taburkan bubuk kopi pada titik-titik persembunyian semut di rumah dan lihat hasilnya.

Selain untuk menghalau semut, bubuk kopi juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan bau atau aroma yang kurang sedap.

Masih sedikit dari kita yang mengetahui khasiat dari bahan-bahan alami untuk mengusir semut.

Selama memungkinkan dan mudah ditemui, penggunaan bahan-bahan alami tetap menjadi langkah cerdas yang aman daripada harus menggunakan bahan-bahan berbahan dasar zat kimia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *