Memilih Pekerjaan yang Tepat Sesuai Karaktermu Akan Menentukan Kesuksesan Dalam Karirmu

Memilih Pekerjaan yang Tepat Sesuai Karaktermu Akan Menentukan Kesuksesan Dalam Karirmu
Memilih Pekerjaan yang Tepat Sesuai Karaktermu Akan Menentukan Kesuksesan Dalam Karirmu

Memilih pekerjaan yang tepat dan menentukan profesi yang akan dijalani merupakan langkah penting yang tidak bisa di sepelekan bagitu saja.

Dan, tentu saja, melakukan pemilihan jenis pekerjaan tidak boleh sembarangan, tergesah-gesah, asal-asalan, atau atas paksaan dan tekanan dari pihak lain.

Harus di ingat bahwa yang terpenting dalam hal ini adalah bukan dari pertemanannya seseorang dengan keahlian atau profesi tertentu. Melainkan sejauh mana kesesuaian bidang yang dipilih itu dengan kecendrungan, kemampuan, dan kesiapannya.

Hal itu di maksudkan agar seseorang merasa puas dengan pekerjaannya, berhasil mencapai tujuan yang diharapkan, merasa tentram dalam hidupnya, dan bisa memberikan manfaat dari hasil pekerjaan atau profesi tersebut kepada dirinya dan masyarakatnya

Untuk mewujudkan semua itu, seseorang harus mengikuti langkah-langkah praktis yang bisa membimbingnya dalam menentukan perjalan studi dan masa depan pekerjaannya dengan tepat dan baik.

Dalam hal kepribadian, manusia memiliki perbedaan antara yang satu dan yang lain.

Masing masing pribadi adalah unik, kemampuan, bakat, watak, kecendrungan dan keahlian itulah yang harus anda jadikan sandaran dan patokan dalam menentukan jenis spesialisasi studi atau pekerjaan yang cocok yang bisa memberi kesempatan yang besar bagi anda untuk berhasil dan menekuninya.

Dengan mengenali berbagai kemampuan, kecenderungan, dan bakat yang ada pada dirinya. Seseorang sudah bisa memperkirakan dirinya akan lebih cocok dan berhasil bila bekerja di bidang bisnis, manajemen, industri,atau profesi profesi lainnya.

Langkah Pertama Kenali Diri Anda

Langkah pertama dalam Memilih pekerjaan yang tepat Untuk Karaktermu adalah mengenali diri anda sendiri. Mengenali diri berfungsi untuk mengetahui beberapa hal sebagai berikut:

Baca juga  Template CV Gratis Ini Bisa Anda Gunakan

1. Tingkat kemampuan akal (kecerdasan intelektual)

Seperti di ketahui, ada beberapa jenis profesi dan pekerjaan yang membutuhkan tingkat kecerdasan intelektual tertentu.

Kadangkala, kecerdasan ini diukur dari kemampuan seseorang dalam menggunakan angka-angka, kelancaran bahasa, kelihaian berdebat dan berargumentasi, kecakapan bernegoisasi, kefasihan berbicara, ketangkasan berhitung, ketegasan dalam memimpin, keterampilan menggunakan alat-alat tertentu, kecakapan dalam menangani hal-hal teknis khusus, kemampuan memahami dan menyimpulkan suatu masalah, kemampuan menghafal sesuatu, kemampuan berpikir dan berinovasi dalam berbagai bidang, kepiawaian bernegosiasi, kecakapan dalam menjalankan bisnis, ketangkasan dalam menangani berbagai urusan dan pelayanan publik, atau kemampuan-kemampuan lain yang di butuhkan oleh satu bidang pekerjaan.

Bila anda sudah mengenali kelemahan dan kelebihan anda dalam beberapa hal di atas, maka anda bisa dengan mudah menentukan jenis pekerjaan atau profesi yang sesuai dengan kemampuan, kecakapan, dan bidang keahlian anda

2. Sifat-sifat kepribadian (karakter diri)

Ada beberapa pekerjaan yang memerlukan karakter kepribadian tertentu. Dunia pendidikan dan pengajaran, misalnya, membutuhkan orang-orang yang kepribadiannya terbuka dan tidak egois.

Orang-orang yang berkepribadian tertutup dan egois, atau mudah tersinggung, biasanya tidak akan sukses dalam menjalani berbagai jenis pekerjaan atau profesi yang membutuhkan banyak berhubungan dengan publik atau berkomunikasi dengan orang lain

3. Ciri-ciri fisik (jasmani)

Ada beberapa pekerjaan atau profesi yang membutuhkan kekuatan fisik tertentu. Selain itu, ada pula pekerjaan yang memerlukan kemahiran berbicara dan pendengaran yang kuat, yaitu profesi pengajar dan tenaga pendidik.

Tidaklah mungkin seorang pengajar akan sukses menjalankan tugasnya bila ia sulit berbicara atau tidak bisa mendengarkan perkataan murid muridnya

4. Kecenderungan

Mengenai kecenderungan diri merupakan salah satu faktor penting yang tidak bisa di tinggalkan. Langkah ini memiliki makna yang sangat vital bagi kehidupan manusia.

Baca juga  7 Jenis Karir Lulusan SMA Terbaik Yang Dapat Kamu Pilih

Keberhasilan seseorang dalam menjalani pekerjaannya di masa yang akan datang sangat bergantung pada pengetahuan seseorang terhadap kecenderungan dirinya dan pemilihan dalam jenis pekerjaan yang sejalan dengan kecenderungan tersebut.

Dari beberapa unsur tersebut, anda bisa mengenal dengan jelas tentang siapa dan bagaimana diri anda sebenarnya. Yaitu, meliputi sisi-sisi penting yang terkait erat dengan kemampuan, karakter pribadi, kelebihan fisik, dan kecenderungan anda.

Info lain: Arti Warna Menurut Psikologi Dan Makna Yang Terkandung Didalamnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *