Mau Tahu Informasi Biaya Pendidikan UI? Cari Informasi Lengkapnya Disini

Mau Tahu Informasi Biaya Pendidikan UI? Cari Informasi Lengkapnya Disini
Mau Tahu Informasi Biaya Pendidikan UI? Cari Informasi Lengkapnya Disini

Biaya pendidikan UI tiap program tentu saja berbeda-beda, tergantung pada jurusan yang diambil oleh mahasiswa. UI atau Universitas Indonesia merupakan salah satu universitas terbaik yang ada di Indonesia. Hal inilah yang membuat perguruan tinggi tersebut banyak diburu oleh calon mahasiswa dari berbagai penjuru.

Universitas Indonesia terletak di Kota Depok, Jawa Barat, Indonesia yang terbagi menjadi beberapa wilayah. UI juga menyediakan berbagai program pendidikan seperti Diploma, Program Sarjana, Magister, dan juga Doktor. Namun, berapa ya biaya pendidikan UI?

Jika berbicara tentang informasi biaya pendidikan di Universitas Indonesia, tentu saja biayanya disesuaikan dengan program pendidikan yang ingin Anda ambil. Ada yang mengatakan bahwa biaya pendidikannya tergolong mahal, namun ada juga yang berpendapat bahwa biaya pendidikan sudah sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan. Terlepas dari itu semua, pendidikan menurut John Dewey sangatlah penting dan perlu diusahakan dengan sebaik mungkin. 

Biaya Pendidikan Program S1 UI

Biaya kuliah untuk jenjang sarjana (S1) UI tentu saja mencakup berbagai komponen biaya yang sebelumnya sudah dialokasikan seperti pembinaan, penyelenggaraan, dan pengembangan pendidikan. Dalam hal ini, Biaya kuliah UI biasa dikenal nama BPO (Biaya Operasional Pendidikan) diperuntukan bagi calon mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus seleksi SNMPTN, SBMPTN, dan juga SIMAK UI baik kelas reguler maupun olimpiade. 

Tarif UKT mahasiswa program Sarjana Reguler biasanya didasarkan atas kemampuan pembayaran dari orang tua ataupun walinya. Hal ini diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan pendidikan yang sesuai dengan kemampuan finansialnya, sehingga tidak ada hambatan di kemudian harinya.

UI membagi kelas biaya 1-4 dimana kelas 1 sekitar Rp(1,5 juta-2 juta), kelas 2 (Rp1,5 juta-2 juta), kelas 3 (Rp4 juta dan 6 juta), dan kelas 4 (Rp5 juta dan 7,5 juta). 

Biaya Kuliah S1 Program Non Reguler

Biaya pendidikan UI untuk Program Sarjana Non Reguler lebih mahal dibandingkan untuk jalur reguler. Program Sarjana Non Reguler meliputi Sarjana Paralel, Sarjana Ekstensi, dan Sarjana Kelas Internasional. Biaya dalam program ini juga disesuaikan dengan jurusan yang diambil oleh mahasiswa, sehingga bisa saja mahal dan sebaliknya. 

Untuk Fakultas Kedokteran saja biayanya bisa mencapai Rp75 juta sampai Rp100 juta. Sedangkan untuk Fakultas Kedokteran Gigi bisa mencapai Rp60 juta. Bagi fakultas lain seperti teknik, ilmu pengetahuan alam biasanya berkisar Rp15 juta sampai Rp25 juta. So, cari tahu informasi lengkap mengenai biaya pendidikannya sebelum menentukan jurusan yah!

Biaya Kuliah UI Program Diploma

Untuk biaya pendidikan UI program pendidikan Diploma, UI membaginya berdasarkan jumlah BPO dan DP. Jadi Anda bisa mencoba untuk menjumlahkan sendiri untuk Program Vokasi yang ingin diambil.

Program pendidikan Diploma yang ingin diambil meliputi Fisioterapi, Perumahsakitan, Akuntansi, Okupasi Terapi, Ilmu Komunikasi, Asuransi, Perpajakan, Pariwisata, dan masih banyak lagi. Untuk biaya Program Vokasi sendiri berkisar Rp 7,5 juta sampai dengan Rp8 juta. 

Artikel ini ditulis pada tanggal: 24 Agustus 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *