Mau Berinvestasi Tapi Ragu? Hati-Hati Inilah Cara Terhindar Investasi Bodong

  • Share
Mau Berinvestasi Tapi Ragu? Hati-Hati Inilah Cara Terhindar Investasi Bodong
Ilustrasi Photo by cottonbro from Pexels

Berinvestasi uang merupakan cara mudah dalam mengatur keuangan di masa depan. Dalam menjalankan investasi uang juga harus hati-hati, terlebih lagi sekarang ini sudah banyak yang tertipu oleh investasi bodong. Dengan kejadian itu, wajib tahu cara terhindar investasi bodong.

Investasi meresahkan ini kini sudah beredar banyak, mulai dari aplikasi gadungan sampai penawaran dari perusahaan ilegal.

Targetnya juga bukan kalangan kelas menengah saja, terkadang ditemukan juga kalangan kelas atas yang tertipu dengan nomilal yang tidak main-main.

Apa Itu Investasi Bodong?

Secara umum investasi bodong merupakan sebuah investasi yang meminta sejumlah uang dalam penanaman modal, serta bisnis yang sebenarnya tidak ada atau bisa dibilang penipuan. Investasi uang  bisa digunakan sebagai simpanan masa tua, bila yang diinvestasikan melalui lembaga terpercaya.

Dalam investasi bodong pelaku meminta korban untuk memberikan sejumlah uang sebagai penanaman modal. Bila korban masuk perangkap, oknum ini akan kabur dengan uang investasi. Oleh karena itu, harus berhati-hati ketika menanam modal dalam investasi supaya terhindar dari investasi bodong.

Menghindari kejahatan berupa penipuan dalam hal investasi bisa dilakukan dengan memahami ciri-ciri investasi bodong.

Mengenali investasi bodong bisa dengan memeriksa izin atau melihat tawaranya. Bila menemukan izin yang palsu dan penawaran yang tidak masuk akal bisa saja investasi itu bodong.

Cara Terhindar Dari Investasi yang Merugikan

Investasi yang dilakukan oleh penipu memungkinkan Investasi tersebut dapat dihentikan sewaktu-waktu. Jadi jika berkeinginan berinvestasi uang atau investasi saham, lebih baik berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak yang sudah paham mengenai dunia investasi.

Disarankan juga memulai investasi uang atau investasi saham dengan mengecek surat perizinan serta keanggotaan. Karena biasanya investasi bodong tersebut tidak transparan serta menawarkan skema investasi secara rinci.

Berikut cara terhindar investasi bodong yang bisa dicoba:

1. Mengecek Investasi Sudah Melengkapi Perizinan OJK

Perusahaan investasi skala besar pastinya akan mempunyai surat perizinan dari pemerintah. Terlebih lagi dalam menghimpun dana modal dari masyarakat yang nominalnya besar.

Jika perusahaan investasi tersebut tidak mempunyai surat izin yang jelas dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), lebih baik dihindari saja.

Hal ini supaya bisa terhindar dari yang namanya investasi bodong. Apabila dalam berinvestasi, perusahaan akan menawarkan investasi yang berjangka, maka lebih baik melakukan pemeriksaan dengan mengecek surat izinnya melalui BAPPEBTI.

2. Memastikan Return untuk Investasinya Wajar

Semakin tinggi angkat return yang ditawarkan kepada salon investor, maka resiko yang akan ditanggung semakin tinggi. Jika perusahaan tersebut menawarkan return yang tinggi, maka perusahaan tersebut harus diwaspadai.

Dalam investasi bodong, terdapat 2 skema yang ditawarkan. Skema pertama ialah skema piramida. Skema ini menggunakan sistem dimana orang pertama akan menyetor uang atau dana kepada yang merekrut anggota baru.

Skema dua adalah skema ponzi. Dalam skema ini investor akan diberikan keuntungan yang fantastis dari perusahaan. Dengan teknik pembagian uang sebagian disetor kepada investor lain. Kedua jenis skema ini berbeda, ada baiknya menanyakan secara rinci terkait skema yang dipakai.

3. Mempelajari Teknik Perusahaan dalam Mengelola Dana Modal Investasi

Jika ingin memulai investasi uang atau investasi modal, disarankan mempelajari lebih lanjut bagaimana caranya sebuah perusahaan mengelola dana investasi tersebut.

Apabila perusahaan yang yang menawarkan investasi membatasi informasi tersebut, atau menutupi pengelolaan dana investasi, maka hal itu patut dicurigai. Sebagai solusi bisa mencari pelusahaan lain yang lebih terbuka.

4. Mencari Tahu Berbagai Hal Mengenai Perusahaan Investasi Dari Berbagai Sumber

Cara terhindar investasi bodong yang selanjutnya adalah mencari tahu terlebih dahulu mengenai perusahaan investasi dari berbagai sumber.

Mencari tahu informasi perusahaan dari situs, forum investasi, ataupun media sosial yang membahas mengenai dunia investasi.

Informasi yang dicari tersebut sangat penting bagi calon investor sebelum memulai investasi saham atau uang. Memberikan nilai pada suatu perusahaan bisa melalui cara ini, dengan tidak langsung calon investor akan mendapatkan informasi lengkap dari perusahaan yang bersangkutan.

5. Memastikan Perusahaan Tersebut Mempunyai Rencana Investasi yang Jelas

Supaya menekan resiko dari investasi bodong, pelaku investasi perlu mengetahui rencana investasi yang jelas dari sebuah perusahaan.

Rencana investasi yang baik ialah yang memiliki tujuan keuangan, manajemen, serta instrumen investasinya sudah jelas sesuai dengan profit risiko.

6. Memilih Jenis Investasi yang Tepat

Dalam memulai investasi saham atau uang, memilih jenis investasi harus sesuai dengan keinginan. Selain itu, harus mempunyai tujuan keuangan yang jelas bagi calon investor. Karena pada dasarnya tujuan investasinya adalah mencapai tujuan keuangan.

Seorang investor mempunyai perjalanan yang tidak bisa dilakukan hanya satu hari saja. Investor juga harus banyak belajar supaya bisa menjalankan investasi dengan baik. Sebaiknya berkonsultasi dengan konsultan keuangan untuk mengetahui rencangan keuangan aman untuk masa depan.

Dari berbagai cara terhindar investasi bodong yang bisa dilakukan ini, sebenarnya sudah lebih dari cukup untuk mengamankan calon investor sebelum memulai investasi saham.

Perlu diingat juga bahwa investasi bukanlah cara untuk menjadi kaya mendadak, tetapi menyisihkan sebagian dana untuk ditabung.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *