Health  

Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula Bagi Kesehatan

Risiko Terinfeksi Virus Corona Lebih Rendah pada Seorang Penikmat Minuman Kopi Hitam
Risiko Terinfeksi Virus Corona Lebih Rendah pada Seorang Penikmat Minuman Kopi Hitam

Saat ini minum kopi di pagi hari sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang dijalani oleh banyak orang. Selain mampu memberikan semangat, ternyata manfaat kopi cukup beragam untuk kesehatan. Di balik rasanya yang cukup pahit, kopi menyimpan banyak khasiat yang baik bagi tubuh.

Kopi diketahui mampu mengurangi risiko berbagai penyakit serius seperti stroke. Mungkin masih banyak orang yang tidak mengetahui dengan baik apa saja manfaat dari kopi dan hanya meminumnya karena suka. Hal ini bisa menjadi pengetahuan untuk dapat memelihara kesehatan tubuh.

Inilah Manfaat Kopi Untuk Kesehatan

Bukan hanya sebagai penghilang kantuk, ternyata mengonsumsi kopi memiliki manfaat yang melimpah. Apa saja manfaat tersebut, simak informasinya di bawah ini.

1. Mengatasi sakit kepala

Minum kopi bisa dijadikan sebagai cara alternatif sebagai pereda sakit kepala secara sementara. Kafein yang dimiliki kopi dapat membantu untuk mengurangi berbagai macam sakit kepala mulai dari migran hingga sakit kepala akibat peradangan.

Saat kepala mengalami gangguan, pembuluh darahnya akan menjadi bengkak sehingga membuat aliran darah menjadi tidak lancar. Kafein dapat secara efektif melebarkan kembali aliran darah sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang dirasa.

2. Menurunkan risiko diabetes

Diabetes merupakan penyakit degeneratif yang disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat maupun faktor genetik. Menurut sebuah penelitian, peminum kopi rutin memiliki risiko terkena diabetes yang lebih rendah dibandingkan yang tidak minum kopi sama sekali.

Baca juga  Alternatif Obat Herbal Untuk Paru-Paru

Manfaat dari kopi bisa dirasakan secara optimal jika dikonsumsi secara alami atau tidak dicampur dengan gula. Kenikmatan aroma dan rasa kopi akan tetap terasa meskipun tidak menggunakan gula dan jauh lebih sehat.

3. Memperbaiki mood dan meningkatkan fungsi otak

Kafein yang terkandung dalam kopi dapat meningkatkan kinerja otak menjadi lebih baik. Proses informasi akan lebih cepat dilakukan, meningkatkan fokus dan mempertajam daya ingat.

Kafein merupakan zat stimulan yang mampu meningkatkan fungsi otak, sehingga ketika dkonsumsi akan membuat tubuh menjadi lebih bersemangat dan mampu menghilangkan kantuk secara efektif.

Saat mengkonsumsi kopi, kafein akan diserap oleh tubuh akan menghambat hormon adenosin sehingga produksi dopamin dan norepinefrin menjadi bertambah.

Dopamin merupakan zat yang mampu mempengaruhi mood sehingga lebih ceria, sedangkan norepinefrin mampu meningkatkan denyut jantung. Meskipun kafein bersifat stimulan, namun zat ini tidak berbahaya untuk dikonsumsi.

4. Mencegah penyakit otak dan alzheimer

Meminum kopi hitam dengan rutin mampu mengurangi risiko terkena penyakit neurodegeneratif seperti alzheimer. Hingga kini belum ada obat yang bisa mengobati jenis penyakit ini.

Gangguan neurodegeneratif menyebabkan penderita mengalami perubahan kepribadian, penurunan fungsi saraf, dimensia hingga kehilangan memori. Kopi mampu membuat kinerja otak tetap optimal sehingga terhindar dari berbagai jenis gangguan.

5. Menambah energi dan sebagai stimulan untuk saraf

Kafein yang terdapat pada kopi dapat membantu tubuh memproduksi ephinephrin dan adrenalin dalam darah yang mampu memberikan stimulus pada bagian sistem saraf. Mengonsumsi kopi mampu meningkatkan metabolisme tubuh.

Untuk dapat melakukan proses tersebut, kafein memanfaatkan energi dari lemak darah. Proses inilah yang membuat tubuh terasa lebih bersemangat dan berenergi.

Selain itu, kopi hitam juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan saraf sehingga disarankan untuk mengonsumsinya sebelum berolahraga.

Baca juga  Makanan Terbaik Asam Lambung yang Diperlukan Agar Cepat Sembuh

Namun ada satu hal yang harus diperhatikan bahwa saat minum kopi hitam sebaiknya tidak ditambah dengan gula karena zat tersebut akan membuat lemak darah tidak terbakar dengan baik.

Banyaknya manfaat kopi membuat minuman ini sangat digemari. Minum kopi di pagi hari sudah menjadi rutinitas yang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang untuk lebih bersemangat dan memelihara mood. Hal tersebut bisa dilakukan untuk menunjang produktivitas harian agar lebih optimal.

Info lain: 4 Cara membuat infused water mudah dan praktis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *