Bisnis  

Keuntungan Usaha Ternak Ikan Lele yang Bisa Didapatkan

Keuntungan Usaha Ikan Lele yang Bisa Didapatkan
Keuntungan Usaha Ikan Lele yang Bisa Didapatkan

Saat ini ada banyak sekali orang yang mulai membuka usaha ikan lele. Hal ini karena memang ikan lele merupakan salah satu ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di Indonesia. 

Memulai usaha ternak lele adalah salah satu bisnis yang menguntungkan dan potensial untuk dijalankan. Ada banyak sekali keuntungan dengan memiliki usaha ikan lele. Nantinya Anda bisa mendapatkan pasar yang luas, perawatan yang sangat mudah dilakukan, tahan dengan penyakit dan cepat panen.

Untuk memulai bisnis usaha ikan lele juga tidak akan membutuhkan biaya yang besar dan perawatan yang mudah. Kemudahan dalam menjalankan bisnis ini cocok untuk siapa saja terutama para peternak pemula.

Sebelum Anda memutuskan untuk memulai usaha ikan lele terpal atau kolam, berikut ini adalah beberapa keuntungan dalam menjalankan bisnis ternak lele tersebut.

1. Pasar yang Luas 

Lele adalah salah satu ikan paling populer untuk masyarakat Indonesia. Ikan lele ini juga biasanya akan disajikan menjadi pecel lele, sambel lele, lele bakar dll.

Adanya banyak kreasi makanan yang berbahan dasar lele mempunyai pasar yang luas.Lele juga biasanya akan ditemukan pada sajian masakan di warung makan sampai restoran. 

Hal ini pastinya nanti akan lebih memudahkan Anda untuk memasarkan ikan lele. Memiliki daging yang padat dan juga lembut disajikan dengan cita rasa yang gurih.

Ikan lele juga memiliki kandungan protein yang cukup tinggi sehingga begitu sangat disukai oleh banyak orang. Dengan begitu, permintaan ikan lele ini akan ada untuk setiap harinya.

2. Perawatan yang Mudah Dilakukan 

Anda tidak harus memberikan perlakuan yang khusus ketika merawat atau membudidayakan ikan lele ini karena memang termasuk jenis ikan yang sangat mudah beradaptasi dengan lingkungannya, baik itu di kolam tanah, semen maupun terpal. 

Baca juga  Cara Memulai Bisnis dan Langkah Teknisnya

Di mana saja tempat tinggalnya, ikan lele akan bisa bertahan hidup dan juga berkembang biak dengan baik. Hal ini pastinya akan lebih meringankan pekerjaan Anda dalam memulai usaha ikan lele. Namun, Anda harus secara rutin memberi makan supaya bisa berkembang dengan baik.

3. Lebih Tahan Dengan Penyakit

Ada beberapa ikan yang dibudidayakan umumnya akan sangat rentan dengan serangan penyakit, tetapi tidak untuk ikan lele.

Ikan lele sangat terkenal dengan ketahanannya dari berbagai serangan penyakit dan mempunyai kekebalan tubuh yang sangat baik. Anda nantinya akan jarang menemukan ikan lele mati karena serangan penyakit karena lele sudah dilindungi oleh lendir pada bagian tubuhnya.

4. Cepat Panen 

Selain memiliki perawatan yang mudah, ikan lele juga bisa dipanen dengan waktu singkat tidak jauh berbeda dengan ketika memulai bisnis kaos.

Anda tidak harus menunggu lama untuk memanen lele, umumnya  ikan lele siap panen dalam jangka waktu 3 bulan sejak benih mulai ditebar.

Waktu panen lele yang lebih singkat, modal yang Anda tanam dalam usaha ikan lele tersebut bisa lebih cepat kembali. Hal inilah yang menjadi alasan para peternak lebih  tertarik untuk memulai bisnis ternak ikan lele.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *