Gadget  

Ketahui Penyebab HP Lemot yang Sering Dialami Pengguna Android

penyebab hp lemot
Penyebab hp lemot

Rasa kesal sering kali terjadi karena handphone (HP) Android kesayangan tidak berjalan dengan lancar alias lemot saat digunakan menjalankan beberapa aplikasi. Pada dasarnya, ada berbagai macam penyebab HP lemot yang sering kali tidak disadari. 

Sebelum mengatasinya, tentunya perlu mengetahui penyebab ponsel terasa berat saat digunakan menjalankan aplikasi bahkan untuk aplikasi yang ringan sekalipun. Untuk mengetahui hal-hal yang menjadi penyebabnya, simak penjelasan selengkapnya di sini.

Penyebab HP Lemot yang Sering Tidak Disadari

Secara umum ada berbagai penyebab yang menimbulkan performa ponsel Android mengalami penurunan atau kendala. Berikut pembahasan selengkapnya yang bisa disimak.

Kualitas dan Performa Baterai Menurun

Penyebab HP lemot yang pertama adalah akibat penurunan performa dan kualitas baterai. Pada umumnya, masa penggunaan baterai ada pada rentang waktu dua hingga tiga tahun pemakaian.

Lebih dari rentang waktu tersebut, baterai ponsel akan lebih cepat panas dan berangsur-angsur mengalami penurunan performa. Kondisi ini dapat terjadi jika penggunanya tidak menjaga baterai ponsel dengan baik.

Supaya performa ponsel tidak mengalami penurunan atau sering terasa berat saat menjalankan beberapa aplikasi, sebaiknya jagalah kondisi baterai agar tetap dalam kondisi optimal. Caranya sebenarnya cukup mudah yaitu dengan memberikan waktu istirahat kepada ponsel secara rutin.

Paling tidak berikan waktu istirahat pada ponsel dengan mematikannya ketika tidak digunakan, seperti saat menjelang waktu tidur pada malam hari. Serta tidak melakukan hal-hal yang merusak performa baterai seperti yang disebutkan tadi.

Memori Internal Ponsel Penuh

Penyebab ponsel terasa berat ketika digunakan untuk menjalankan beberapa aplikasi selanjutnya yaitu karena kapasitas memori internal ponsel penuh. Kondisi memori internal ponsel yang penuh juga akan sangat berpengaruh terhadap performa ponsel, terutama saat membuka dan menutup aplikasi.

Baca juga  6 Cara Mengatasi Touchpad Laptop Tidak Berfungsi

Pasalnya kapasitas memori internal yang penuh akan membuat ponsel berjalan lebih lambat. Hal ini bisa terjadi karena beban di dalamnya terlalu berat. Sehingga ponsel terasa sangat lambat dan cukup mengganggu kinerjanya. Untuk mengatasinya sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Cara pertama, hapuslah filefile yang tidak penting yang tersimpan di memori internal ponsel, dengan begitu sisa kapasitas memori internal akan lebih luas. Namun, jika banyak file penting di dalamnya, sebaiknya pindahkan saja file-file penting tersebut ke flashdisk dan hardisk komputer.
  • Cara kedua untuk mengatasinya yaitu dengan memasang memori eksternal ke dalam ponsel untuk meringankan beban memori internal. Pindahkan file-file pada memori internal ke memori eksternal supaya kapasitas memori internal cukup longgar.
  • Simpan berbagai file seperti foto, video, dokumen, dan file-file lainnya di memori eksternal secara default di pengaturan ponsel. Jika, ponsel tidak memiliki fitur tersebut, mau tidak mau pengguna harus secara rutin memindahkan file yang tersimpan di memori internal ke memori eksternal.

Penyebab HP Lemot Bisa Karena Terjadi Degradasi pada RAM

RAM (Memori Flash Storage) juga sangat mempengaruhi performa ponsel. Terjadinya degradasi pada RAM juga akan membuat ponsel terasa sangat berat saat menjalankan suatu aplikasi, terutama aplikasi yang berat. Maka dari itu, pastikan selalu menggunakan ponsel sesuai dengan spesifikasinya.

Jika, RAM yang terdapat pada ponsel tersebut terbilang kecil, sebaiknya jangan membuka banyak aplikasi terutama aplikasi berat. Gunakan ponsel sesuai dengan spesifikasinya jangan terlalu berlebihan karena malah akan mempercepat kerusakan komponen di dalamnya.

Dari beberapa penyebab HP lemot di atas bisa disimpulkan bahwa kondisi baterai, memori internal, dan RAM sangat berpengaruh terhadap kinerja ponsel Android.

Baca juga  Ketahui Fungsi Instagram Feed dan Reels untuk Bisnis Online

Info terkait: Cara Mengatasi HP Lemot dengan Mudah dan Pasti Berhasil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *