Gadget  

Ketahui Penyebab Baterai HP Cepat Rusak yang Jarang Disadari

Ketahui Penyebab Baterai HP Cepat Rusak yang Jarang Disadari
Ketahui Penyebab Baterai HP Cepat Rusak yang Jarang Disadari (Photo by Tyler Lastovich on Unsplash)

Baterai menjadi komponen utama pada sebuah handphone (HP) atau ponsel. Maka, tidak heran jika kegunaan baterai sangat penting dalam menunjang kinerja ponsel. Namun, seringkali baterai ponsel mengalami kerusakan, dan pemilik tidak menyadari faktor penyebab baterai HP cepat rusak.

Baterai yang cepat rusak biasanya juga disebabkan karena usianya sudah terlalu lama. Namun, jika ponsel masih baru tapi baterai sudah mulai rusak, maka pemilik patut berhati-hati. Ada hal-hal yang perlu dicurigai karena pastinya ada kesalahan yang terjadi yang membuat baterai tersebut rusak.

Hal-hal yang Menjadi Penyebab Baterai HP Cepat Rusak

Baterai memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan daya untuk menghidupkan ponsel. Tanpa adanya baterai ponsel tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya, karena itu penting sekali menjaga kondisi baterai agar tidak mudah rusak.

Berikut ini beberapa penyebab ponsel mudah rusak yang harus diketahui dan dihindari, agar kondisi baterai tetap dalam keadaan optimal.

1. Tidak Pernah Mematikan HP

Baik ponsel biasa maupun ponsel pintar memerlukan waktu istirahat sama halnya seperti manusia yang membutuhkan waktu tidur. Jika, ponsel tidak pernah dimatikan maka kemungkinan terjadinya kerusakan pada baterai akan semakin tinggi.

Ponsel juga memerlukan waktu untuk mengistirahatkan komponen-komponen yang ada di dalamnya. Jika, dipaksa bekerja secara terus-menerus komponen yang ada di dalamnya, termasuk baterai akan mudah mengalami kerusakan. Jadi, tidak ada salahnya mematikan ponsel ketika menjelang waktu tidur.

2. Penggunaan Charger yang Tidak Sesuai

Untuk mengisi ulang daya baterai ponsel dibutuhkan charger sebagai penghubung arus listrik. Setiap ponsel memiliki standar charger masing-masing, yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan dan spesifikasi dari ponsel tersebut, agar pengisian daya baterai dapat berjalan optimal.

Baca juga  Tips Membeli Macbook Untuk Pemula Agar Tidak Tertipu

Namun, masih banyak orang yang salah mengenai hal ini, mereka menganggap semua charger ponsel itu sama saja dan menggunakan charger yang tidak sesuai dengan spesifikasi ponsel. Selain itu, penggunaan charger palsu juga dapat membuat baterai ponsel cepat rusak.

Pastikan selalu menggunakan charger bawaan dari ponsel tersebut. Jika rusak, sebaiknya belilah yang original. Harga charger original jauh lebih terjangkau jika dibandingkan biaya reparasi baterai ponsel yang rusak, jadi jangan tergiur dengan harga charger palsu yang murah.

3. Menggunakan HP Sambil di Charger

Kebiasaan yang bermain ponsel sambil di charger ini merupakan penyebab baterai HP cepat rusak yang sering kali tidak disadari kebanyakan orang. Tentunya kebiasaan ini tergolong tidak benar jika dilakukan secara terus-menerus, agar baterai ponsel menjadi lebih awet.

Akan lebih baik jika menunggu hingga pengisian dayanya sudah penuh untuk menggunakannya, ketika mengisi daya sebaiknya matikan ponsel terlebih dulu hingga proses pengisian daya selesai.

4. HP Terus-menerus Digunakan Saat Overheat

Biasanya ketika ponsel menjalankan game berat secara terus-menerus pasti suhu ponsel akan terus meningkat. Jika, tidak segera didinginkan dan malah digunakan secara terus-menerus, justru akan membuat performa baterai ponsel semakin menurun.

Agar hal tersebut tidak terjadi, sebaiknya ketika suhu ponsel mulai panas, tutup semua aplikasi yang dijalankan dan istirahatkan ponsel terlebih dulu. Jika, kondisi suhunya sudah kembali normal bisa kembali digunakan, namun pastikan jangan digunakan untuk menjalankan aplikasi berat terlebih dulu.

5. Baterai HP Cepat Rusak Karena HP Terlalu Sering di Charger

Baterai ponsel yang terlalu sering diisi daya juga akan cenderung cepat rusak, sebaiknya ponsel di charger saat persentase baterainya sudah mencapai 20 hingga 30 persen. Supaya tidak sering melakukan pengisian daya, sebaiknya gunakan mode hemat baterai pada ponsel yang digunakan.

Baca juga  Cara Menghapus Akun Wattpad di Android, Iphone dan Laptop

Ada beberapa jenis baterai ponsel yang memiliki usia berdasarkan banyaknya pengisian daya yang dilakukan. Jadi, sebaiknya hindari penggunaan aplikasi yang menyita banyak baterai dan tutup aplikasi tidak penting yang berjalan di latar belakang.

Dengan mengetahui beberapa penyebab baterai HP cepat rusak di atas, kita bisa menghindari hal-hal tersebut agar performa baterai dalam kondisi optimal.

Info lain: Ini Penyebab HP Boros Baterai yang Sering Tidak Disadari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *