Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi, Program Pemerintah Lawan Pandemi

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi, Program Pemerintah Lawan Pandemi
Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi, Program Pemerintah Lawan Pandemi

Kegunaan aplikasi PeduliLindungi merupakan salah satu upaya pembasmian wabah di Tanah Air. Upaya ini adalah bagian dari program Kemenkes mendapatkan dukungan dan bantuan dari Kemenkominfo, BNPB dan Kementerian BUMN.

Pemerintah meminta masyarakat untuk menginstal dan memanfaatkan teknologi aplikasi tersebut dalam rangka mengoptimalkan perlindungan kesehatan warga. Mengutip dari beberapa sumber, pemanfaatan teknologi digital ini diharapkan mampu meringkas dan mempermudah alur informasi yang efektif dari berbagai sektor.

Untuk tahu kegunaan dan fungsi aplikasi PeduliLindungi ini, mari kita ungkap melalui pembahasan berikut ini.

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi: Bantu Pemerintah Usaikan Wabah

PeduliLindungi yaitu sebuah aplikasi karya anak bangsa yang bertujuan dalam membantu pemerintah untuk melacak serta menghentikan penyebaran wabah Covid19. Penggunaan aplikasi ini sangat bergantung pada partisipasi masyarakat.

Dimana masyarakat diharuskan untuk membagikan data lokasi ketika berpergian, sehingga nantinya pemerintah bisa melakukan penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid19.

Nantinya pengguna akan memperoleh notifikasi jika berada dalam keramaian atau di zona merah. Zona merah di sini menunjukan suatu wilayah yang terdapat warga sedang dalam pengawasan atau sudah terinfeksi Covid19.

Teknologi digital ini mempunyai andil besar dalam memandu jarak serta lokasi. Hal itu menjadi fitur penting dalam upaya pencegahan penyebaran Covid19.

Johnny G. Plate, selaku Menteri Komunikasi dan Informatika, memaparkan bahwa penggunaan teknologi digital ini menunjang pelaksanaan Testing, Tracing, dan Treatment serta pendukung penerapan prokes di masyarakat. Hal tersebut menjadi upaya krusial pencegahan wabah.

Fungsi Aplikasi PeduliLingkungan

Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi mempunyai tujuan utama yakni memberikan perlindungan untuk diri sendiri. Bahkan, untuk orang-orang di lingkungan sekitar. Penerapan dari aplikasi ini juga tidak kalah pentingnya dalam perpanjangan PPKM.

Baca juga  Cara Menggunakan OYO Point dengan Benar

Pemerintah melakukan uji coba adaptasi masyarakat dalam fungsi skrining di suatu area. Pemanfaatan aplikasi PeduliLindungi dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari pengecekan hasil vaksinasi, tes covid19, serta adakah kontak kontak dengan orang yang terpapar Covid19.

Aplikasi PeduliLindungi juga sudah diterapkan para pengunjung di pusat perbelanjaan. Calon pengunjung melakukan check in melalui aplikasi tersebut, cek suhu tubuh di pintu masuk. Nantinya pengguna akan mendapatkan barcode yang sesuai dengan riwayat vaksinasi.

Barcode hijau adalah orang yang sudah vaksin (minimal dosis pertama), bukan seorang penderita Covid19 dan bukan seseorang yang pernah kontak erat dengan penderita lainnya. Selanjutnya barcode kuning adalah pengunjung yang belum vaksin bukan pasien dan tidak ada riwayat dengan pasien Covid19.

Sedangkan pengunjung dengan barcode merah, merupakan pengunjung yang terpapar Covid19 atau telah melakukan kontak erat dengan penderita. Pengunjung tersebut tidak boleh melanjutkan aksesnya memasuki mall.

Kebijakan semacam itu sudah mulai tersebar dan terlaksana di 250 lokasi baik mall, rumah, hotel, hingga perkantoran. Instansi dan pemerintah sedang melakukan  perluasan wilayahnya, itulah mengapa pemerintah kiat menggencarkan sosialisasi penggunaan aplikasi ini.

Contoh Lain Kegunaan Aplikasi PeduliLindungi

Penerapan aplikasi ini juga telah melewati uji coba di tempat ibadah, yakni Masjid Istiqlal. Pada tanggal 20 Agustus lalu, masjid ini telah menyelenggarakan sholat dengan mengharuskan para jamaahnya untuk memperlihatkan sertifikat vaksin.

Sertifikat vaksin itulah nantinya yang bisa mereka unduh dari Aplikasi PeduliLindungi.

Selain berguna untuk fungsi skrining, Aplikasi PeduliLindungi juga diterapkan pada sektor tempat umum, seperti bandara. Di bandara, Aplikasi ini adalah persyaratan wajib keberangkatan seseorang via transportasi udara.

Nantinya, Aplikasi PeduliLindungi berfungsi untuk Terminal Acces Control (mengontrol akses ke terminal) dan Check-in Counter Access Control. Tidak hanya itu, PeduliLindungi juga difungsikan untuk mengendalikan proses validasi kesehatan para calon penumpang.

Baca juga  7 Rekomendasi Aplikasi Buku Harian Terbaik Android

Proses tersebut nantinya bisa mempermudah kinerja lapangan di bandara karena pelaksanaanya secara digital. Oleh karena itu, aktivitas bandara akan berjalan aman, tertib, dan efektif. Di sisi lain upaya ini juga bisa menghindari antrean yang menumpuk.

Karena saat ini kita masih tidak lepas dari belenggu pandemi, maka kegunaan aplikasi PeduliLindungi ini sangat memberikan manfaat untuk perlindungan diri dan orang lain. Tunggu apa lagi, segera unduh aplikasinya dan mari bersama-sama mengusir pandemi dengan karya anak bangsa.

Link terkait : Cara Mengatasi Sertifikasi Vaksin Tidak Muncul Pada Pedulilindungi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *