Joseph Granville Pencipta Indikator OBV

  • Share
joseph granville pencipta OBV

Mikaylabinar.com Joseph Granville (1923-2013) memiliki nama lengkap Joseph Ensign Granville adalah seorang penulis keuangan berkebangsaan Amerika dan pembicara seminar investasi

Granville menyelesaikan pendidikannya dibidang  ekonomi di Duke University dan lulus pada tahun 1948. Dia juga menulis buku tentang bingo dan berinvestasi perangko.

Joseph Granville lebih dikenal karena dia berhasil menciptakan konsep yang dikenal sebagai “On Balance Volume” atau yang lebih dikenal sebagai Indikator OBV

Teorinya adalah bahwa ketika volume meningkat dengan cepat tanpa perubahan harga yang besar, maka harga tersebut pada akhirnya akan menyusul dan meningkat. Hal yang sama juga berlaku untuk harga yang turun.

OBV adalah salah satu alat analisis teknis yang mencoba untuk memprediksi harga saham, komoditas, dan aset keuangan lainnya yang diperdagangkan di pasar keuangan yang menyediakan informasi harga dan volume historis.

Granville menerbitkan buletin keuangan populer yang disebut The Granville Market Letter dari tahun 1963 hingga tak lama sebelum kematiannya pada tahun 2013, sering muncul di program televisi seperti Consumer News dan Business Channel, dan memberikan seminar secara nasional.

Granville menjadi terkenal karena berhasil memprediksi market yang bearish. Dia memperkirakan penurunan besar pada tahun 1970-an, 1980-an, dan 1990-an.

Namun, rekam jejaknya tidak bagus, begitu pula dengan Jesse Livermore (yang menghasilkan empat kali lipat dan kehilangan banyak empat kali).

Granville dikatakan menjadi penyebab penurunan $25 miliar di pasar modal dikatakan oleh sumber media utama telah menyebabkan pergerakan besar di Dow Jones Industrial Average pada 22 April 1980 (+ 405%) dan pada 6 Januari 1981.

Pada tahun 2013, Joseph Granville meninggal pada usia 90 tahun di rumah sakit Kansas City, Missouri karena pneumonia.

Empat Pelajaran Dari Joe Granville

Meskipun catatan trading Joseph Granville tidak terlalu baik, namun dia seorang penulis yang hebat. Seperti semua trader lainnya dia punya aturan dalam tradingnya, kita bisa mengambil pelajaran dari apa yang dia lakukan sebagai berikut:

Pelajaran # 1.  Disiplin

Walaupun dia menerapkan aturan disiplin dalam tradingnya tapi kadang kala Joseph Granville tidak konsisten dan sering melanggar dengan aturan yang dia terapkan.

Seperti, dia menciptakan beberapa indikator market yang masih digunakan sampai sekarang, terutama OBV.

Tetapi dia terkadang gagal mendengarkan nasihatnya sendiri. Seringkali, indikatornya tidak bekerja untuknya. Faktanya, bukan indikatornya yang salah atau interpretasinya yang tidak benar tetapi karena Granville tidak disiplin pada dirinya sendiri.

Pelajaran # 2: Jangan Terlalu Serius

Joe Granville adalah seorang pembiacara dan pemain sandiwara yang baik. Dia suka menunjukkan aksi-aksi yang aneh selama dalam seminarnya.

Suatu kali dia memasang papan di seberang kolam renang yang tersembunyi tepat di bawah permukaan air dan berusaha meyakinkan kepada pendengarnya bahwa dia bisa berjalan di atas air.

Dan dia mencoba aksi lain di berbagai acara seminarnya.

Pelajaran # 3: Kerendahan Hati adalah Sebuah Kebajikan

Granville berhasil meramalkan bullish market pada Januari 1981 dan fotonya diliput di halaman depan New York Times.

Dia mulai menjadi terlalu percaya diri. Selama beberapa bulan, prediksinya benar. Tapi pada tahun 1982 ketika terjadi bearish market 1982 apa yang dia prediksikan jauh dari kenyataan

Pelajaran # 4: Tidak Penting Apa Kata Orang

Granville cuek dengan apa yang dikatakan orang, Dia pernah hadir di acara TV “The Wall Street Week” untuk berbicara tentang kinerja buletin investasi.

Joe dan editor buletin keuangan lainnya hadir bersama-sama. Orang lain cukup sukses dalam bisnis buletinnya namun tidak dengan Granville, tetapi dia memiliki kepercayaan diri yang luar biasa yang membuat orang lain tergagap.

Joseph Granville menulis 7 buku seluruhnya, tetapi bukunya yang berjudul New Key to Stock Market Profit mungkin adalah yang terbaik.

Buku itu berfokus pada volume saham tetapi diukur dengan cara tertentu. Granville menamakannya sebagai On Balance Volume (OBV), lebih dari 300 halaman teks yang penuh sesak dan banyak sekali bagan (lebih dari 70) dan lusinan tabel.

Gaya tulisan Joseph Granville menyegarkan, menarik dan informatif. Meskipun ditulis pada tahun 1963, apa yang disampaikan terdengar jelas dan mudah dipahami

Joseph Granville jelas memberikan nuansa baru dalam dunia investasi saham. Dia adalah pria percaya diri yang percaya pada apa yang dia lakukan. Dia tidak selalu benar dalam prediksinya tapi mungkin lebih sering benar daripada salah.

Warisan terbesarnya dalam dunia teknikal analisis dan pasar modal adalah indicator OBV yang masih banyak digunakan oleh para trader hingga saat ini

OBV diciptakan oleh seorang pria yang sangat percaya diri dengan apa yang dia lakukan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *