Emas  

Jenis Emas, dan Harga 1 gram Emas Serta Cara Beli Emas dengan Mudah

Jenis Emas, dan Harga 1 gram Emas Serta Cara Beli Emas dengan Mudah
Jenis Emas, dan Harga 1 gram Emas Serta Cara Beli Emas dengan Mudah

Selain berguna sebagai perhiasan bagi tubuh, ternyata tidak sedikit orang yang menjadikan emas sebagai investasi untuk masa depannya. Pasalnya 1 gram emas mengalami kenaikan harga hampir setiap harinya.

Oleh sebab itu, banyak orang yang menginvestasikan hartanya dalam bentuk emas. Bisa dalam bentuk perhiasan, bisa juga dalam bentuk batang.

Jenis – Jenis Emas

Sebelum membeli emas, anda perlu mengetahui jenis jenis perhiasan emas. Yang banyak dicari di pasaran adalah jenis emas kuning, emas putih dan emas gold.

1. Emas kuning

Jenis emas yang satu ini sangat di minati oleh banyak orang, karena mempunyai lapisan dengan warna kuning yang kuat membuat perhiasan menjadi lebih mencolok. Warna kuning dari emas tersebut didapatkan dari campuran dengan perak bumi.

Harga 1 gram emas murni berkisar 800 ribu rupiah. Sedangkan untuk 1 gram emas kuning 17 karat memiliki harga 700 ribu rupiah, dan untuk emas kuning 10 karat memiliki harga sekitar 400 ribu rupiah per gramnya.

2. Emas putih

Tidak kalah diminati banyak orang, emas putih juga banyak dicari oleh masyarakat umum. Dan siapa sangka ternyata untuk harga 1 gram emas putih lebih mahal dibandingkan dengan emas kuning.

Mengapa demikian? Karena pembuatan emas putih lebih rumit dibandingkan emas kuning. Emas putih terbuat dari campuran emas murni, perak bumi, timah sari dan juga nikel.

Baca juga  Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian dengan Mudah

3. Rose gold

Jenis emas yang paling diminati masyarakat selanjutnya adalah rosegold atau emas merah. Perhiasan dengan warna yang satu ini lebih diminati oleh anak-anak remaja, karena memiliki warna yang tidak mencolok seperti emas kuning.

Untuk harga 1 gram emas rosegold di pasaran sekitar hampir 700 ribu rupiah dengan kadar kemurnian emas mencapai 75 persen ditambah dengan hiasan dan tingkat kerumitan dari perhiasan tersebut.

Selain emas perhiasan, ada juga jenis emas batangan, emas koin, dan emas granule. Harga yang diberikan tiap jenis emas berbeda beda sesuai dengan kadar kemurnian emas tersebut.

Jenis emas yang memiliki kadar kemurnian hingga 99,9% adalah emas antam. Harga 1 gram emas 24 karatlogam mulia antam bisa mencapai satu juta rupiah.

Untuk pembelian emas antam dapat dilakukan di toko emas di daerah anda. Akan tetapi saat ini anda bisa membeli emas secara online, hanya saja beli emas antam online sangat ditakutkan jika toko tersebut tidak benar-benar menjualkan emas dengan kemurnian hampir 100%.

Tetapi anda tak perlu khawatir karna tidak semua toko bersikap curang ya. Pilihlah toko online dan offline yang memang terpercaya. Berikut adalah cara beli emas asli secara online dan offline:

Cara Beli Emas Antam Online Tanpa Ribet

  1. Buka situs web www.logammulia.com, kemudian buat akun terlebih dahulu
  2. Tentukan lokasi anda, kemudian pilihlah emas yang akan anda beli
  3. Ketika anda sudah yakin dengan pilihan emas tersebut, kemudian klik “masukkan keranjang”
  4. Kemudian klik checkoutnow, setelah itu lakukan transaksi pembayaran menggunakan m-banking dan media lain yang tersedia
  5. Maka pesanan anda akan segera di proses kemudian akan dikirimkan ke alamat yang dituju.
Baca juga  Investasi Emas Batangan atau Perhiasan

Cara Beli Emas Antam di Pegadaian Aman, Mudah, dan Terpercaya

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membeli emas antam di pegadaian. Yakni dengan cara sistem menabung dan juga mengangsur.

Untuk sistem menabung berarti anda membuat rekening tabungan lalu mengisi saldo, kemudian saldo dapatditukar dengan emas. Berikut cara membeli emas dengan sistem menabung:

  1. Datang langsung ke kantor pegadaian di daerah rumah anda
  2. Bawa surat identitas sebagai persyaratan antara lain: KTP/paspor/SIM yang masih berlaku
  3. Mengisi formulir pembuatan tabungan
  4. Membayar biaya administrasi sekitar 30 ribu rupiah

Selain menabung anda dapat juga menggunakan sistem angsuran. Dimanaanda akan diminta untuk melakukan pembayaran dimuka terlebih dahulu, kemudian sisa pembayaran dapat dicicil sesuai dengan waktu dan kesepakatan yang disetujui.

Tidak hanya itu, ternyata di pegadaian juga bisa membeli emas secara tunai. Hanya dengan memberitahukan identitas, anda sudah bisa membeli emas mulai dari 1 gram emas hingga 1 kg emas. Dan tentu saja anda, juga akan mendapatkan sertifikat dan kuitansi pembayaran emas tersebut.

Salah satu instansi perusahaan yang dapat mengubah tabungan emas menjadi bentuk emas sungguhan adalah pegadaian.

Perlu andaketahui biaya cetak emas pegadaian kurang dari 100 ribu tiap gramnya. Untuk info selengkapnya bisa anda lihat di website resminya pegadaian.

Cara Mencairkan Tabungan Emas Pegadaian dengan Mudah

Cara paling mudah anda perlu mengajukan pencairan tabungan emas melalui aplikasi digital. Kemudian tunggu proses hingga selesai, kemudian anda dapat mengambil emas di kantor pembuatan tabungan emas di pegadaian. Cara lainnya adalah dengan datang langsung ke kantor pegadaian, berikut caranya:

  1. Pastikan anda punya rekening tabungan emas di pegadaian dan nominal yang terkumpul sudah cukup untuk melakukan pencetakan emas
  2. Datangi outlet pembuka rekening tabungan, dan sampaikan maksud anda ingin melakukan percetakan emas
  3. Pilih jenis emas sesuai dengan saldo rekening anda
  4. Tunggu proses percetakan hingga selesai, kurang lebih 1 hari. Dan anda bisa mengambil emas di outlet pembuka tabungan emas
Baca juga  Lebih Murah? 3 Cara Beli Emas Antam di Pegadaian

Cara Menjual Emas Antam di Pegadaian Tidak Ribet

Selain anda bisa membeli emas baik secara online maupun offline, anda juga bisa menjual emas yang anda punya dalam situs online maupun offline. Berikut cara menjual emas di pegadaian dengan mudah:

  1. Ketika hendak menjual emas, anda perlu melampirkan surat kuitansi dan juga sertifikat emas. Oleh sebab itu, ketika anda membeli emas pastikan bahwa sertifikat dan kuitansi jangan sampai hilang ya.
  2. Perlu anda ketahui juga bahwa persentase kadar kemurnian emas yang anda punya, agar dapat menjelaskan kepada pembeli bahwa emas tersebut memiliki kualitas yang sesuai.
  3. Pastikan bahwa alat penguji pada toko tersebut tidak sedang eror. Cara cek emas asli supaya dapat mengecek keaslian emas dengan benar. Karena hal tersebut menentukan harga jual.
  4. Kemudian lakukan transaksi penjualan pada salah satu pegadaian, agar dapat memantau kenaikan harga emas secara stabil.

Selain untuk perhiasan, emas juga biasa dipakai untuk berinvestasi. Ada banyak cara investasi emas agar untung.

Salah satunya dengan berinvestasi emas secara online, seiring majunya perkembangan apa apa dapat dengan mudah dilakukan secara online. salah satunya adalah dengan cara investasi emas di shopee.

Berikut cara menabung emas di shopee:

  1. Pilih menu pulsa pada shopee
  2. Lalu klik emas, kemudian klik beli
  3. Selesaikan transaksi keuangan

Demikian tadi merupakan daftar harga emas dan juga beberapa cara membeli, menjual emas dengan cara online dan offline.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *