Jangan Skip Inilah Pentingnya Pelembab Bagi Wajah

Jangan Skip, Inilah Pentingnya Pelembab Bagi Wajah
Jangan Skip, Inilah Pentingnya Pelembab Bagi Wajah (Photo by Alexandra Tran on Unsplash)

Meski sekarang kesadaran dan kepopuleran skincare di masyarakat Indonesia semakin meningkat namun sayangnya masih banyak yang menyepelekan menggunakan pelembab. Bahkan, masih banyak yang tidak tahu betapa pentingnya pelembab bagi kulit wajah.

Meski termasuk dalam basic skincare, namun masih banyak kalangan yang belum tahu seberapa pentingnya moisturizer alias pelembab bagi wajah sehingga banyak yang meremehkannya.

Apa Pentingnya Pelembab?

Sebenarnya apa sajakah manfaat dari menggunakan pelembab? Jika ingin tahu, berikut adalah deretan manfaat sekaligus penjelasan tentang manfaat produk satu ini.

1. Memberikan Nutrisi ke Kulit

Tidak hanya melembabkan kulit, pelembab biasanya mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh wajah seperti vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan serta berbagai vitamin lain. Bahkan, saat ini mulai banyak pelembab yang menambahkan kandungan SPF ke dalam formulanya.

2. Mencegah Masalah Kulit

Menggunakan pelembab secara rutin diketahui bisa mencegah kerusakan pada wajah seperti kulit berminyak dan kulit kering. Perlu diketahui jika kulit yang berminyak dan kering rentan mengalami berbagai masalah terutama jerawat dan kerutan.

Sayangnya, banyak orang yang masih berpendapat jika kulit berminyak tidak membutuhkan pelembab. Padahal, pelembab justru bisa mengurangi risiko timbulnya jerawat. Asalkan menggunakan pelembab yang tidak menutup pori maka kulit akan semakin sehat.

3. Membuat Wajah Awet Muda

Kulit kering akan membuat wajah terlihat lebih tua dari usia aslinya. Hal ini dikarenakan kulit kering akan memicu tanda-tanda penuan dini seperti keriput dan garis-garis halus. Pelembab diketahui mampu melembabkan dan menghidrasi kulit sehingga membuatnya tetap kenyal dan awet muda.

Baca juga  Jelaskan Pengertian Hidup Sehat Secara Simple!

Kulit yang terhidrasi selain terlihat lebih sehat juga akan membuat skin barrier atau lapisan pelindung kulit bekerja lebih optimal. Lapisan pelindung ini diketahui mampu melindungi wajah dari berbagai polusi di luar sana.

Tidak hanya itu, gerakan tangan yang dilakukan saat mengaplikasikan pelembab di wajah juga diketahui mampu menstimulasi sirkulasi darah di area wajah sehingga kulit akan tetap terlihat awet muda.

4. Menutupi Kekurangan Kulit

Akhir-akhir ini banyak sekali pelembab yang sekaligus berfungsi sebagai foundation atau alas bedak. Selain melembabkan kulit, pelembab semacam ini juga bisa menutupi berbagai kekurangan yang ada di kulit wajah seperti kerutan, noda hitam, serta tanda-tanda penuaan lainnya.

Meski bisa dikatakan baru namun produk ini sangat diminati masyarakat. Selaian lebih praktis, pelembab semacam ini juga bisa menghemat waktu berdandan. Harganya juga tidak terlalu mahal sehingga tidak akan membuat kantong jebol.

Apakah Pelembab Mahal Selalu Lebih Baik?

Meski pada dasarnya semua pelembab memiliki fungsi yang sama yaitu melembabkan wajah. Namun, perlu diketahui jika tidak semua pelembab memiliki kandungan yang sama. Ada pelembab yang khusus diformulasikan untuk kulit kering, berminyak, sensitif, dan masih banyak lagi.

Oleh sebab itu, saat memilih pelembab sangat disarankan untuk mengecek keterangannya terlebih dahulu. Jangan sampai produk yang dibeli ternyata tidak sesuai dengan jenis kulit pengguna karena hal ini justru bisa membuat berbagai masalah kulit baru.

Sangat disarankan untuk jangan selalu terpaku pada pelembab dengan harga mahal karena belum tentu produk tersebut cocok untuk kulit. Memilih pelembab yang sesuai dengan kondisi dan jenis kulit lebih disarankan dibandingkan dengan memilih pelembab dengan harga mahal.

Jika ingin pelembab yang lebih baik maka pilih produk yang tidak mengandung pewangi atau pewarna. Bahan-bahan tersebut kadang bisa menimbulkan iritasi bagi pemilik kulit sensitif. Meski aromanya akan kurang disukai namun hal tersebut tidak akan memengaruhi manfaatnya.

Baca juga  Agar Hidup Sehat Harus Menjaga Tiga Hal Kecuali Ini

Setelah mengetahui betapa pentingnya pelembab bagi wajah maka mulai saat ini ada baiknya untuk tidak menyepelekannya. Selalu ingat untuk menggunakan pelembab sebelum menggunakan sunscreen agar wajah tetap terawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *