7 Sumber Pendapatan YouTuber Yang Bikin Jadi Sultan

  • Share
Jangan Kaget! Ternyata Banyak Sumber Pendapatan YouTuber
pict - wigatos

Sumber pendapatan youtuber- YouTuber atau seseorang yang memiliki keahlian dalam membuat konten video, menjadi salah satu profesi yang paling diminati saat ini, dari semua kalangan baik anak muda, dewasa bahkan anak-anak juga sudah diarahkan kesana.

Siapa sangka YouTube yang didirikan oleh Steven Chen, Jawed Karim dan Chad Hurley mantan pekerja PayPal, pada Februari 2005 yang video pertamanya berjudul ‘me at zoo’ yang diunggah oleh Jawed sendiri, mendapat begitu banyak apresiasi dari kalangan pengguna internet di seluruh Dunia termasuk Indonesia.  

Ketertarikan dan keseriusan kreator-kreator dunia disandarkan pada fakta bahwa dengan mengunggah video pada YouTube, mereka mendapat banyak penghasilan dari berbagai sumber.

Tidak main-main jumlahnya, dan besar kecilnya tentunya didasarkan pada jumlah subscribers dan juga traffic atau jumlah penonton yang melihat video yang diunggah.

Ada beberapa banyak cara bagi YouTuber untuk me-monetesasi konten yang dibuat sebagai cara dalam menghasilkan banyak pundi-pundi uang agar para kreator semakin betah dan banyak mengunggah video mereka di kanal YouTube.

Untuk membuat penonton tertarik, maka konten yang akan diunggah memiliki ciri khas tersendiri yang juga sedang diminati oleh banyak orang.

Bagi YouTuber pemula biasanya seorang single fighter yang mengerjakan semua hal dari pembuatan video, aktornya, proses editing dan sampai mengunggahnya.

Sementara bagi yang sudah settled biasanya mereka mempunyai manajemen tersendiri yang mengurusi semua keperluan artisnya dari konsep ide, kostum, pemilihan tempat, editing video dan sebagainya.

Sumber Pendapatan Youtuber

Lalu darimana saja sumber pendapatan youtuber? Simak ulasannya berikut ini.

  1. YouTube AdSense (Iklan)

Ini adalah sumber penghasilan yang paling umum dengan adanya iklan yang bekerjasama dengan Google.

Jadi iklan yang muncul dari setiap potongan video, adalah contoh bahwa kanal YouTube telah ter-monetisasi atau sudah bisa mendapatkan penghasilan.

Penghasilan dari iklan itu masuk ke YouTube namun ada skema bagi hasil, yang dulunya 70 % pendapatan iklan untuk YouTuber, namun sekarang menjadi 50 % untuk YouTuber, dan sisanya ke pihak YouTube.

AdSense hanya bisa didapatkan jika kanal yang dikelola telah memiliki setidaknya 1000 pelanggan (subscribers) dan setiap video yang diunggah harus dilihat setidaknya 4000 kali dalam setahun terakhir. (Anda bisa baca laman: Cara Menerapkan SEO Youtube, Cepat Dapat 1000 Subscribers)

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *