Jangan Buat CV yang Membosankan! Gunakan Website Ini Untuk Template CV Anda.

  • Share
pexels-anna-tarazevich-5598289-56090263
Ilustrasi - Pexel

Template CV- Surat lamaran pekerjaan begitu penting dalam meyakinkan mereka yang bekerja di bidang Human Resource (HR) bahwa pelamar memiliki kualifikasi di posisi yang ditargetkan.

Dalam surat lamaran tentunya dilampirkan Curriculum Vitae (CV) yang berguna untuk menyediakan informasi tentang tingkat pendidikan, pengalaman kerja, ketrampilan dan pengetahuan yang dimiliki.

Melihat pentingnya CV ini untuk mendapatkan pekerjaan, maka sudah sebaiknya sobat Mibi memperhatikan bagaimana membuat CV yang menarik.

Biasanya dalam membuat CV terjebak pada deskripsi-deskripsi yang singkat atau justru terlalu panjang, atau terkadang dengan menambahi tabel-tabel yang terkesan membosankan.

Bagaimana jika CV dibuat dengan template yang sudah disediakan dan hanya perlu disesuaikan dengan informasi yang ingin dimasukkan? Tentunya akan sangat menarik untuk dilihat oleh HR.

Berikut ini dirangkum dari beberapa sumber, website yang bisa digunakan untuk membuat template CV yang menarik:

  1. CV Maker

Source: CV Maker

Website ini banyak dipakai oleh pengguna karena praktis dan direkomendasikan sebagai salah satu website yang menolong para pelamar kerja.

Kelebihannya yaitu adanya menu untuk menautkan CV yang telah dibuat dengan beberapa akun media sosial seperti Facebook, LinkedIn dan lainnya sehingga tampilan interface punyamu menjadi lebih menarik.

Untuk menggunakannya cukup mengisi beberapa informasi dalam formulir-formulir serta ikuti langkah selanjutnya dan CV anda sudah bisa diunduh.

CV maker juga bisa mengekspor CV anda kedalam beberapa tipe seperti PDF, JPEG, TXT, HTML sehingga mudah untuk digunakan untuk berbagai tujuan.

  1. Canva

Source: Canva

Website yang satu ini juga sudah banyak penggunanya terutama dari para pelajar dan mahasiswa karena alasan apa lagi kecuali gratis.

Tampilan yang disediakan begitu melimpah dengan konsep desain grafis dan infografis yang memikat banyak orang. Canva tidak hanya digunakan untuk membuat CV saja, karena memang fitur dan menu yang disediakan begitu melimpah.

Keunggulannya anda bisa dengan sesuka hati mengatur tulisan, gambar ataupun tabel yang cukup dilakukan dengan melakukan click pada menu yang disediakan. Untuk deskripsi anda bisa menulis di word terlebih dahul dan copy paste ke bagian yang dituju, cukup praktis bukan.

  1. Visual CV

Source: Visual CV

Tampilan website ini cenderung minimalis dan sangat user friendly sehingga para pemakai tidak bingung untuk mengatur tata letak dan desain yang diinginkan.

Jika anda memiliki akun LinkedIn, maka informasi di akun itu bisa dipindahkan ke CV dengan tentunya memilih mana bagian yang ingin dimasukkan atau tidak.

Karena dikembangkan di luar negeri, maka salah satu fitur ini menyediakan tatanan teks secara profesional dalam bahasa inggris, sehingga untuk melamar perusahaan multinasional akan sangat membantu.

Kelemahannya background warna yang cenderung monoton dengan kebanyakan mengambil warna biru atau putih.

  1. Kick Resume

Source: Kick Resume

Apabila sobat Mibi ingin membuat CV dengan cara profesional maka Kick Resume cocok untuk anda karena memang dibuat untuk tujuan itu. Hal yang menonjol yaitu penggunaan teks yang banyak serta penggunaan template yang sangat bervariasi sesuai dengan tema walaupun gratis.

Tema-tema itu meliputi bussiness, manufaktur, IT, kesehatan dan sebagainya. Formulir yang harus diisi juga tidak terlalu banyak, apalagi bisa diimport dari akun LinkedIn jika anda memilikinya.

  1. Novo Resume

Source: Novo Resume

Anda jangan lewatkan untuk mencoba Novo Resume jika membuat CV. Kelebihannya adalah adanya menu optimize yang bisa secara otomatis dapat merevisi beberapa kesalahan mendasar dari CV yang anda telah buat, sehingga CV yang disajikan sudah dalam keadaan baik.

Template yang disediakan juga dikelompokkan berdasarakan kategori mulai dari basic, collegge, executive hingga creative. Jadi menggunakan website ini bisa untuk pembuatan CV yang ringan hingga tujuan profesional.

  1. Zety

Source: Zety

Jika sobat Mibi belum pernah membuat CV dan kebingungan dengan apa yang harus ditulis, maka Zety bisa membantu anda untuk menuntun apa saja informasi dan deskripsi yang harus ditulis.

Banyak hal yang bisa dimodifikasi dari website ini dalam hal desain, image, background warna yang ingin digunakan hingga beberapa contoh deskripsi CV yang akan memudahkan dalam membuat CV.

Zety menyediakan cover letter berikut dengan tutorial penggunaan cover letter itu sendiri jadinya tidak perlu mencari-cari informasi lagi.

Tampilan Zety ini berupa pertanyaan-pertanyaan yang disesuaikan dengan CV dan disebelahnya disediakan preview, sehingga anda bisa melihat tampilan jadinya.

  1. ConnectCV

Website ini akan membantu sekali untuk para fresh graduate yang ingin membuat CV tapi serasa seperti orang-orang yang sudah berpengalaman kerja.

Anda akan dituntun untuk membuat CV yang berkualitas dengan diberi contoh deskripsi sehingga tidak bingung untuk memulai.

Keunggulannya terletak pada bagaimana website ini memberi saran tentang ‘do and don’t’ dalam membuat CV yang bisa menghindarkan pelamar dari kesalahan.

Tampilannya bisa dimodifikasi dengan memasukkan tabel, grafis, foto yang menambah menarik tampilan CV anda.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *