Inilah Ciri-Ciri HP Terkena Virus yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

Inilah Ciri-Ciri HP Terkena Virus yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat
Inilah Ciri-Ciri HP Terkena Virus yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat (Pixabay )

Virus atau malware menjadi masalah terbesar dalam dunia teknologi termasuk dalam lingkup HP Android. Pasalnya serangannya virus bisa berakibat fatal jika tidak segera diantisipasi. Untuk itu penting sekali mengetahui ciri-ciri HP terkena virus untuk mengantisipasinya.

Ketika sebuah perangkat terkena virus maka akan ada kemungkinan, terjadinya kerusakan sistem hingga pencurian data-data pribadi yang bersifat sensitif. Jadi, sebelum ponsel terserang virus, penting sekali melakukan upaya-upaya pencegahan dengan memasang aplikasi antivirus.

Ciri-Ciri HP Terkena Virus yang Patut Diwaspadai

Seperti apa kondisi ponsel yang sudah terkena virus? Pertanyaan tersebut sering kali dilontarkan sebagian besar orang yang ingin tahu, apakah ponsel yang mereka gunakan bebas dari serangan virus atau malah sebaliknya.

Berikut akan ada penjelasan lengkap dari ciri-ciri ponsel yang sudah disusupi virus di dalamnya yang bisa dipahami.

Penggunaan Data Internet yang Berlebihan

Biasanya ponsel Android yang terserang virus akan memakai banyak data internet, jika ponsel yang digunakan terasa sangat boros dalam hal penggunaan data internet. Padahal pengguna tidak banyak mengakses internet menggunakan ponselnya. Ini bisa menjadi tanda yang harus dicurigai.

Oleh sebab itu selalu pantau penggunaan data internet pada ponsel yang digunakan, jika perlu pasang aplikasi seperti internet speed meter lite atau aplikasi sejenisnya. Dengan begitu pengguna ponsel dapat memantau berapa banyak data internet yang digunakan.

Ciri HP Terkena Virus Baterai Cepat Habis

Daya baterai ponsel yang mudah habis meskipun tidak menggunakan aplikasi berat dalam waktu yang lama juga perlu dikurangi. Meskipun ada beberapa faktor penyebab lain yang dapat membuat daya baterai ponsel cepat habis, salah satunya seperti terjadinya kerusakan pada komponen di dalam baterai.

Baca juga  Jenis Investasi yang Menguntungkan

Namun, jika ponsel yang digunakan tergolong masih baru dan kondisi baterainya seharusnya dalam keadaan baik.

Tentunya ini perlu diperhatikan lebih jauh, biasanya virus akan menggunakan banyak daya untuk bekerja. Sehingga memungkinkan daya baterai menjadi cepat habis meskipun ponsel jarang digunakan.

Kinerja Ponsel Terasa Lambat

Ciri-ciri HP terkena virus selanjutnya adalah kinerja dan performa ponsel menjadi menurun, sehingga ketika menjalankan suatu aplikasi terasa sangat lambat dan berat. Padahal sisa ruang penyimpanan internal dan RAM ponsel masih tergolong luas yang seharusnya memiliki performa yang optimal.

Bahkan dalam penggunaan yang lebih berat, seperti membuka game online atau aplikasi streaming film akan terjadi lag hingga tidak bisa digunakan sama sekali. Jika, ponsel mengalami hal yang demikian tentunya kondisi ini patut dicurigai karena mengindikasikan adanya risiko serangan virus di dalam sistem ponsel.

Ada Panggilan Keluar atau SMS Masuk yang Mencurigakan

Virus dapat melakukan berbagai hal yang tidak terduga, salah satunya yaitu dapat mengirimkan sms yang berisi sebuah jebakan kepada target. Di dalam SMS tersebut dapat mengandung spyware atau virus yang memata-matai dan mencuri data-data penting milik target korban.

Tidak hanya itu ada juga jenis virus yang dapat melakukan panggilan telepon secara tersembunyi tanpa sepengetahuan pemilik ponsel. Tentunya masalah yang ditimbulkan oleh virus tersebut sangat meresahkan dan merugikan semua orang.

Untuk mengantisipasinya sebaiknya gunakan aplikasi antivirus yang terpercaya dan terbukti efektif menangkal virus. Jika, perlu gunakan aplikasi antivirus premium yang berbayar dengan begitu keamanan ponsel akan terjamin dan terbebas dari serangan virus yang merugikan.

Setelah mengetahui ciri-ciri HP terkena virus di atas bisa dijadikan sebagai acuan, untuk mengetahui dan memperkirakan apakah ponsel yang digunakan telah terserang virus atau sebaliknya.

Baca juga  Cara Mendapatkan Pendapatan Pasif

Info lain: Ketahui Penyebab HP Lemot yang Sering Dialami Pengguna Android

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *