Cara Kirim Uang Online Tanpa Perlu ke ATM

Cara Kirim Uang Online Tanpa Perlu ke ATM
Cara Kirim Uang Online Tanpa Perlu ke ATM

Sekarang ini transfer uang bukanlah hal yang perlu dijadikan masalah, terlebih lagi di era teknologi yang semakin canggih ini. Dalam proses transaksi dana atau uang bisa dilakukan dengan cara kirim uang online.

Melalui perkembangan teknologi digital yang semakin canggih, pengguna bisa melakukan tarik tunai atau transfer uang tanpa perlu datang ke teller bank atau ATM. Proses transaksi dana juga bisa berjalan dengan mudah, cepat dan lebih praktis.

Cara Mengirimkan Uang Dari Rumah Tanpa Datang Ke ATM

Cara mengirim uang secara online selain menggunakan layanan bank seperti internet banking atau mobile banking, pengguna juga bisa melakukan transfer uang melalui layanan mengirim uang yang telah disediakan oleh financial technology (fintech)

Permasalahan sekarang ini adalah masih banyak masyarakat yang belum paham dalam melakukan proses transfer uang atau kirim uang online tanpa pergi ke ATM.

Maka dari itu inilah beberapa cara kirim uang online yang bisa dilakukan tanpa perlu repot-repot pergi ke bank atau ATM.

1. Kirim Uang Melalui SMS Banking

Cara melakukan proses transfer uang secara online yang pertama bisa menggunakan SMS Banking. SMS Banking merupakan sebuah inovasi layanan dari pihak perbankan yang telah disediakan oleh pihak bank kepada masyarakat untuk proses transaksi online.

SMS Banking juga memiliki keunggulan antara lain dalam melihat saldo atau melakukan proses transaksi dan transfer uang, pengguna tidak membutuhkan koneksi internet dalam proses pelaksanaannya.

Baca juga  Fintech Lending? Pahami 5 Hal Berikut ini

Tetapi layanan dari SMS banking bisa digunakan ketika nomor handphone pengguna sudah terdaftar dalam kantor bank cabang. Selain keunggulan ada juga kelemahan dari proses transaksi online menggunakan SMS banking.

Kelemahan tersebut antara lain pengguna harus menghafal sejumlah kode angka. Hal ini dibutuhkan karena dalam melakukan setiap jenis transaksi membutuhkan kode angka yang berbeda.

2. Cara Mengirim Uang Menggunakan Internet Banking

Internet banking juga merupakan sebuah inovasi layanan dari perbankan yang disediakan oleh pihak bank kepada masyarakat untuk mempermudah proses transaksi online yang dilakukan. Berbeda dengan SMS Banking, internet banking mempunyai layanan yang lebih lengkap.

Sebelum menggunakan internet banking pengguna harus melakukan proses pendaftaran melalui kantor bank cabang dan membawa buku tabungan.

Salah satu kelebihan dari internet banking ialah pengguna tidak perlu susah payah menghafal sejumlah kode angka.

Terpenting ialah memastikan bahwa koneksi internet yang digunakan sebelum melakukan transfer uang sudah stabil serta menghafal password. Dalam penggunaanya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja selama 24 jam.

Selain itu dalam melakukan transfer uang atau tarik tunai melalui layanan internet banking juga lebih aman. Karena dilengkapi dengan password dua kali. Ada juga verifikasi setiap kali pengguna ingin melakukan proses transaksi online.

3. Melakukan Proses Transaksi Menggunakan Mobile Banking

Cara kirim uang online yang selanjutnya bisa menggunakan mobile banking. Proses tersebut bisa dilakukan melalui handphone yang memiliki koneksi internet stabil. Mobile banking pada umumnya memiliki pelayanan yang hampir sama dengan i-banking.

Bedanya ialah i-banking perlu mengetikkan halaman web terlebih dahulu, sedangkan mobile banking cukup membuka web dan langsung terhubung ke layanan. Keduanya juga memiliki biaya transaksi yang hampir sama.

Baca juga  Perbedaan Crowdsourcing dan Crowdfunding

Dalam menggunakan layanan tersebut pengguna perlu mengunduh aplikasi mobile banking sesuai bank yang dimiliki. Dan juga pastikan untuk tidak mengganti nomor telepon atau alamat email.

4. Melakukan Transaksi Online Dengan Perusahaan Fintech

Melalui perusahaan fintech, pengguna dapat melakukan proses transaksi dana tanpa perlu khawatir jika tidak mempunyai rekening.

Dalam penggunaanya, langkah pertama ialah harus memiliki akun terverifikasi serta memiliki jumlah saldo yang mencukupi.

Pengguna juga diwajibkan untuk mengunduh salah satu aplikasi payment fintech melalui playstore. Kemudian melakukan verifikasi dan pendaftaran dengan menggunakan email atau nomor telepon.

Dalam melakukan proses transfer uang, pengguna harus melakukan top-up saldo terlebih dahulu. Transfer uang yang dilakukan melalui perusahaan fintech ini biasanya menggunakan saldo yang lebih sedikit dibanding melalui SMS Banking atau internet banking.

5. Menggunakan Layanan Kirim Uang Di Mitra Bukalapak

Cara mengirim uang secara online yang terakhir bisa menggunakan layanan kirim uang di warung Mitra Bukalapak. Melalui Mitra Bukalapak pengguna tidak perlu khawatir jika tidak memiliki rekening bank atau akun di perusahaan payment fitech.

Pengguna juga dapat melakukan kirim uang ke rekening bank dengan proses yang praktis dan mudah. Tidak perlu khawatir juga mengenai keamanan dari Mitra Bukalapak, karena sudah bekerja sama dengan Bank Mandiri.

Pengguna hanya perlu membawa uang tunai saja kemudian mengaktifkan fitur kirim uang serta menyebutkan nomor rekening dan bank yang dituju kepada Mitra Bukalapak. Itulah beberapa cara kirim uang online yang bisa dilakukan dan semoga bermanfaat. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *