Saham  

Cara Daftar Investasi Saham dan Tipsnya yang Harus Anda Tahu

Ini Cara Daftar Investasi Saham dan Tipsnya yang Harus Anda Tahu!
Ini Cara Daftar Investasi Saham dan Tipsnya yang Harus Anda Tahu!

Cara daftar investasi saham- Siapa nih yang masih bingung tentang investasi saham? Investasi ini sebenarnya gampang-gampang susah, tetapi jika sudah memahaminya, pasti Anda akan ketagihan dengan hasilnya.

Investasi saham ini sebenarnya tidak sulit kok untuk dicoba bagi para pemula. Berikut ini cara daftar investasi saham yang bisa Anda lakukan.

Cara daftar investasi saham tidak sulit dilakukan asal mengetahui alur dan tipsnya. Calon investor harus menyiapkan berkas untuk membuka rekening serta modal minimal yang ditentukan oleh sekuritas.

A. Cara Daftar Investasi Saham Pemula

Berikut ini cara aftar investasi saham bagi pemula:

1. Memilih indeks saham

Ada 22 macam indeks saham yang telah tercatat dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Misalnya, indeks LQ45 dan IDX30 dapat Anda pilih jika ingin mencari perusahaan saham dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar. 

2. Mendaftar di Sekuritas

Untuk membeli saham, Anda akan menggunakan broker saham atau perantara perusahaan sekuritas. Sedikit saran, pilihlah sekuritas yang menawarkan persentase biaya lebih rendah, agar keuntungan saham Anda dapat lebih maksimal.

Jika Anda ingin memiliki saham asing, maka Anda juga perlu tahu cara beli saham asing serta sekuritas yang dapat menjadi perantara Anda dengan perusahaan asing tersebut. 

3. Menyiapkan berkas persyaratan

Cara daftar investasi saham selanjutnya ialah menyiapkan berkas persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa berkas yang harus Anda miliki yakni: 

  • Kartu identitas (KTP/KITAS/paspor). 
  • Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP)
  • Buku tabungan
  • Nomor KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia)
  • Fotokopi KTP dan NPWP suami, serta fotokopi KK bagi calon investor Ibu Rumah Tangga
  • Materai 10.000
  • Rencanakan periode investasi saham
Baca juga  Apa Itu Cut Loss Saham dan Bagaimana Strateginya

Terdapat dua macam periode investasi saham. Jika Anda memilih periode jangka pendek, Anda akan memiliki risiko kerugian yang lebih besar, tetapi juga dapat memiliki profit yang lebih cepat. 

Adapun jika Anda memilih jangka panjang, lebih minim risiko kerugian dan mendapatkan profit yang lebih besar bila saham tersebut memiliki reputasi dan kinerja yang baik.

4. Mengisi formulir dan menyetor deposit awal

Cara investasi saham pemula selanjutnya yakni mengisi formulir pembukaan rekening. Terdapat dua jenis rekening yang akan Anda miliki, yakni rekening efek dan Rekening Dana Investor (RDI).

Rekening efek digunakan untuk transaksi beli efek yang diterima dan dibayar oleh investor, sedangkan RDI merupakan rekening di bank yang terpisah dari rekening sekuritas. Adapun proses selanjutnya ialah menyetorkan deposit awal ke sekuritas.

5. Pantau pergerakan nilai saham dan tetap sabar

Belajar investasi saham memang tidak mudah, diperlukan kesabaran dan tingkat pemahaman yang terus diasah agar Anda bisa menghadapi kondisi pasar saham yang tidak stabil. Jika Anda seorang pemula, sebaiknya gunakan modal kecil terlebih dahulu. 

B. Tips Investasi Saham

  1. Tanamkan komitmen pada diri sendiri bahwa Anda akan bersabar dan konsisten mempelajari saham lebih dalam dan memantau pergerakannya.
  2. Jangan asal pilih perusahaan saham. Lakukan riset mendalam tentang potensi bisnis apa yang bagus di masa depan dan bagaimana profil perusahaan yang akan Anda pilih.
  3. Jangan memasukkan seluruh modal dalam satu investasi saja. Hal ini untuk mengantisipasi jika investasi yang Anda pilih sedang menurun.

Nah, itu dia cara daftar investasi saham dan tipsnya yang dapat Anda praktikkan saat akan membeli saham. Perlu Anda ingat bahwa, jangan membeli saham hanya karena ikut tren.

Baca juga  Tips Investasi Saham Bagi Pemula Hasil Maksimal

Anda harus mempelajari saham dan perusahaannya dengan cermat, serta berhati-hati dalam mengalokasikan modal Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *