Gadget  

Ini 3 Penyebab HP Gampang Panas yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

Ini 3 Penyebab HP Gampang Panas yang Sering Terjadi Tanpa Disadari
Ini 3 Penyebab HP Gampang Panas yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

Saat ini handphone (HP) menjadi perangkat telekomunikasi yang memiliki berbagai fungsi. Diantaranya untuk bermain game online, streaming film, dan lain-lain. Suhu HP yang panas menjadi hal yang cukup mengganggu, penyebab HP gampang panas biasanya dipicu dari berbagai masalah.

Biasanya penyebab yang paling umum karena digunakan secara berlebihan. Pentingnya menjaga suhu handphone dalam kondisi normal sangat disarankan agar tidak mudah rusak. Handphone atau ponsel yang cepat panas biasanya akan memicu berbagai kerusakan pada komponen di dalamnya. 

Penyebab HP Gampang Panas yang Sering Tidak Disadari

Setiap orang pasti ingin ponsel miliknya dapat bertahan lama, namun kebanyakan orang tidak merawat dan menjaga ponselnya dengan baik.  Salah satu cara untuk membuat ponsel tetap dalam kondisi baik dan bebas masalah, yaitu dengan memastikan kondisi suhu ponsel dalam batas wajar.

Menjaga kondisi suhu ponsel bisa dilakukan dengan menghindari hal-hal yang menjadi penyebab HP gampang panas. Selain untuk menjaga keawetannya, menggunakan ponsel dalam keadaan panas juga sangat tidak nyaman.

Oleh sebabnya ketahui apa saja hal-hal yang menyebabkan ponsel menjadi cepat panas, berikut penjelasannya selengkapnya yang bisa disimak.

Bermain Game Terlalu Lama

Penyebabpertama yang biasanya membuat ponsel menjadi cepat panas yaitu terlalu digunakan bermain game berat. Bermain game berat yang terlalu lama akan membuat kinerja ponsel bekerja sangat keras, sehingga suhu pada ponsel menjadi meningkat.

Peningkatan suhu secara terus-menerus akan membuat suhu ponsel panas dan tidak nyaman digenggam. Mungkin untuk game ringan, bermain dalam waktu yang lama bisa jadi tidak ada masalah karena kinerja ponsel masih dalam batas yang wajar.

Baca juga  Macbook 7 Jutaan Terbaru 2023, Cocok Editing

Jadi, sebaiknya jangan memaksakan ponsel untuk digunakan bermain game berat terlalu lama, jika memang spesifikasi ponsel tersebut kurang memadai.

Biasanya ponsel dengan level high end tidak mengalami perubahan suhu yang drastis, meskipun digunakan bermain game berat dalam waktu yang lama. Pasalnya spesifikasi yang diusung sudah sangat mumpuni untuk digunakan bermain game berat.

Prosesor pada ponsel yang tidak ditujukan untuk digunakan aktivitas yang berat akan sangat terbebani, jika dipaksa menjalankan berbagai aplikasi sekaligus dan bermain game berat. Jadi, sebaiknya penggunaan ponsel harus disesuaikan dengan spesifikasi dari ponsel tersebut.

Terjadi Masalah pada Baterai

Baterai menjadi salah satu komponen penting pada ponsel untuk menyimpan daya, baterai yang sudah cukup lama digunakan akan mengalami penurunan kualitas. Sehingga, tidak jarang ditemukan baterai mengalami kerusakan tanpa disadari oleh pemiliknya.

Kerusakan yang terjadi pada baterai dapat menjadi salah satu penyebab HP gampang panas yang sering kali menjadi permasalahan yang tidak disadari. Untuk mengatasinya bisa dengan mengganti baterai ponsel dengan yang baru, agar kondisi suhu tetap dalam batas normal.

Ponsel dengan spesifikasi tinggi sekalipun dapat mengalami hal yang serupa, jadi jika suhu ponsel cepat panas meskipun kinerja ponselnya tidak terlalu berat. Bisa mengecek kondisi baterainya terlebih dulu untuk memastikannya.

Salah Memilih Case

Case berguna untuk melindungi body ponsel dari goresan dan meminimalisir kerusakan saat terjatuh. Namun, pemilihan case yang tidak tepat akan membuat suhu panas di ponsel tidak dihantarkan dengan baik. Akibatnya suhu panas tertahan di dalam dan membuat sirkulasi tidak dapat berjalan.

Sehingga, ponsel mengalami overheat dan menghambat kinerja ponsel serta memicu kerusakan pada komponen-komponen penting di dalamnya. Meskipun terlihat sepele, pemilihan case juga berperan besar dalam kondisi suhu ponsel.

Baca juga  Rekomendasi Laptop MacBook 6 Jutaan

Dari beberapa penyebab HP gampang panas tersebut bisa disimpulkan bahwa, hal-hal yang tidak disadari ternyata dapat membuat ponsel cepat panas yang berisiko dapat mempercepat kerusakan komponen di dalamnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *