Hal Penting yang Harus Diketahui Orang Tua Agar Anak Tidak Menjadi Korban Dunia Maya

  • Share
Hal Penting yang Harus Diketahui Orang Tua Agar Anak Tidak Menjadi Korban Dunia Maya
Cara Mencegah Anak Agar Tidak Menjadi Korban Dunia Maya

Korban dunia maya- Berbagai macam situs  pertemanan sosial yang menjadi tren komunikasi saat ini tidak hanya membawa manfaat, tapi kenyataannya yang ada atau belakangan ini juga berdampak buruk dan melahirkan malapetaka terutama pada perilaku sosial remaja umumnya.

Namun pada saat ini bukan hanya remaja yang menjadi sasaran namun anak usia dini pun sudah mulai terlena malahan lebih parah daripada yang remaja

Peningkatan jumlah pengguna media sosial menujukkan masyarakat semakin melek teknologi.

Akan tetapi yang menjadi permasalahan adalah kurangnya kesadaran generasi orang tua akan potensi negatif yang akan mengancam dan menghantui anak-anak remaja akibat adanya kemajuan teknologi yang saat ini semakin hari semakin canggih.

Semantara itu sebagian orang tua tidak menjadikan keingintahuan ini sebagai hal penting. Selain merasa rumit dari cara menggunakannya, para orang tua merasa masih banyak hal lain yang menjadi aktifitasnya dalam hidup.

Tapi itu semua harus diubah demi masa  depan anak-anak kita agar tidak menjadi korban dunia maya

Berikut ini hal penting yang harus diketahui orang tua :

1. Harus mau kenal teknologi

Sebagai orang tua, janganlah merasa segan dan malas untuk belajar segala sesuatu yang berkenaan dengan teknologi. Kita sebagai orang tua harus tahu dan memahami jenis teknologi apa yang yang disukai anak, misalnya seperti facebook, game, dan media sosial lainnya.

2. Tidak ketinggalan informasi mengenai kejahatan teknologi

Dalam hal ini orang tua tidak boleh lenga selain bermanfaat teknologi juga membawa dampak negatif terhadap anak jika disalhgunakan dalam menggunakannya.

Kita sebagai orang tua harus sering mendengar dan update informasi terbaru mengenai dunia maya

3. Lakukanlah komunikasi dan pendekatan

Tidak semua anak atau remaja itu semua sama sifatnya. Cara mereka menerima perkataan orang tua pun tidak sama, terutama remaja yang sedang gila-gilanya terhadap dunia maya.

Terkadang mereka susah di nasehati oleh orang tua karena merasa digurui. Maka dari itu orang tua harus lebih jeli mencari celah dalam pendekatan ke anak, lakukanlah pendekatan dengan baik, berikanlah pengertian tentang manfaat dan akibat negatif tentang dunia maya atau tentang teknologi masa kini.

Dalam menyampaikannya carilah waktu yang tepat. Anak atau remaja tidak harus dilarang namun di beri pengertian agar mereka paham dan bisa menggunakan teknologi dengan sewajarnya

4. Jangan terlalu percaya orang lain

Bersikap waspada terhadap orang sekitar juga tidak kala penting. Banyak kejadian yang menghantui keselamatan anak itu melibatkan orang yang selalu kita percaya.

Anda juga perlu mengajar anak untuk tidak selalu percaya apa kata orang lain meskipun ia sering anda percayai baik dalam lingkungan atau orang baru, dengan demikian paling tidak anak akan paham bahaya bujuk rayu dari orang yang tidak dikenal

5. Batasi penggunaan teknologi

Membatasi penggunaan teknologi merupakan salah satu upaya agar anak tidak terlalu terlena kepada tipu daya dunia maya dan tipu daya teknologi

Dan jika ia butuh alat komunikasi belikan saja telpon seluler dengan perangkat yang standart dan kapasitas yang tidak terlalu tinggi, begitu pula dengan internet, sebelum diaktifkan, batasi terlebih dahulu penggunaan dengan mengatur perangkat komputer.

Orang tua jangan sungkan sungkan untuk belajar mengenai hal ini. Tanyakan kepada ahli . jangan lupa, anak sering menirukan apa yang orang tua kerjakan.

Jika membatasi peralatan yang digunakan, anda juga seperti itu membatasi juga penggunaan. Tidak adil bukan jika anda melarang namun anda setiap hari lebih dari anak pengguaannya

Demikian Hal Penting yang Harus Diketahui Orang Tua Agar Anak Tidak Menjadi Korban Dunia Maya.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *