Fungsi dan Manfaat Pasar Modal bagi Perekonomian

  • Share
Fungsi dan Manfaat Pasar Modal bagi Perekonomian
Ilustrasi pasar modal reguler (Photo by Alesia Kozik from Pexels)

Pasar modal memiliki peran penting dalam dunia perekonomian. Negara dengan pasar modal yang sehat cenderung memiliki perekonomian yang kuat. Hal ini menunjukkan bahwa manfaat pasar modal sangat besar bagi kesejahteraan masyarakat.

Semakin banyak pelaku pasar modal menunjukkan bahwa semakin banyak peluang usaha yang tercipta. Pasar modal juga memungkinkan masyarakat untuk memberdayakan kekayaan yang dimiliki dan mendukung kemajuan perekonomian.

Manfaat Pasar Modal Bagi Dunia Ekonomi

Untuk Emiten

  • Dapat menghimpun dana dalam jumlah besar
  • Modal yang terkumpul bisa diterima sekaligus yaitu ketika selesainya pasar perdana
  • Manajemen lebih leluasa dalam mengelola dana perusahaan
  • Tidak terdapat covenant
  • Tingginya solvabilitas perusahaan
  • Kemudahan dalam memperbaiki citra perusahaan
  • Dapat menekan ketergantungan emiten pada bank

Untuk Investor

  • Berkembangnya nilai investasi seiring dengan bertumbuhnya ekonomi
  • Peningkatan harga saham sehingga capital gain dapat tercapai
  • Para pemegang saham dapat memperoleh keuntungan dari dividen
  • Pemegang obligasi mendapatkan keuntungan dari bunga yang mengambang
  • Investasi dapat dilakukan kepada beberapa instrumen sekaligus

Fungsi Pasar Modal

1.     Penambah Modal Usaha

Dengan adanya pasar modal, maka ketergantungan perusahaan pada bank akan berkurang. Hal ini dikarenakan perusahaan dapat memperoleh dana dari masyarakat secara langsung. Dana ini didapat dengan menjual saham miliknya sehingga bisa digunakan sebagai modal.

Siapapun dapat ikut bergabung ke lantai bursa. Dengan demikian, modal yang bisa dihimpun bisa datang dari berbagai arah. Modal ini pun bisa berguna bagi kesehatan keuangan perusahaan yang berdampak pada kelancaran produksi.

2.     Pemerataan Pendapatan

Setiap pemegang saham akan mendapatkan dividen. Dividen ini berasal dari keuntungan yang didapatkan perusahaan. Pembagian pendapatan ini merata tapi bukan sama rata. Sebab, semua pemegang saham tanpa kecuali akan mendapatkan haknya.

Pembagian dividen terjadi berdasarkan dari jumlah saham yang dimiliki oleh investor dalam perusahaan tersebut. Selain itu, semakin banyak perusahaan yang berkembang maka semakin banyak pula tenaga kerja terserap. Tiap tenaga kerja juga akan memperoleh pendapatan sesuai dengan tanggung jawab mereka.

3.     Peningkatan Kapasitas Produksi

Seperti yang sudah sedikit dibahas di atas, pasar modal merupakan tempat terhimpunnya modal dari masyarakat. Modal ini penting bagi perusahaan untuk dapat bertahan dan melakukan produksi.

Semakin banyak modal yang didapatkan maka kebebasan perusahaan dalam mengelola produksi juga semakin besar.

Bahkan dengan modal yang besar, perusahaan dapat melakukan ekspansi bisnis serta memperluas kapasitas produksi. Dengan demikian, perusahaan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dengan lebih baik.

4.     Penciptaan Tenaga Kerja

Pasar modal yang sehat membuat perusahaan-perusahaan dapat terus bergerak maju. Dengan demikian, perusahaan akan menjadi semakin besar.

Jika perusahaan terus membesar maka sudah barang tentu dibutuhkan tenaga kerja untuk bisa menangani prose produksinya yang bertambah.

Selain itu, modal yang tersedia di pasar modal juga dapat mendorong industri-industri baru yang bermunculan. Semakin banyak industri yang ada, maka semakin banyak lapangan kerja yang terbuka sehingga pengangguran dapat ditekan.

5.     Peningkatan Pendapatan Negara

Salah satu pendapatan negara adalah pajak. Pajak ini pula yang diterapkan kepada dividen yang akan dibagikan perusahaan kepada pemegang saham.

Besarnya pajak yang ditarik pun cukup besar yaitu sekitar 10%. Selain itu, pajak juga dikenakan ketika para investor akan menarik dana mereka sebesar 1%.

Manfaat pasar modal sungguh terasa ketika keadaan pasar tersebut sehat. Manfaat ini bukan hanya diperoleh perusahaan sebagai penerbit saham saja, tetapi juga pemerintah dan tentunya masyarakat.

Namun, pasar modal sangat sensitif dengan beragam isu. Maka sudah sepantasnya semua pihak menjaga kestabilan negara agar pasar modal tidak terlalu mengalami gejolak.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *