Health  

Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Efektif, Ini Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami
Efektif, Ini Cara Menurunkan Gula Darah Secara Alami

Tingginya kadar gula dalam darah dapat mengakibatkan munculnya berbagai macam penyakit. Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir untuk memiliki kadar gula darah normal. Ada beberapa cara menurunkan gula darah yang bisa dilakukan untuk menormalkan kembali gula darah Anda.

Kunci utama dalam menjaga kadar gula darah normal adalah dengan melakukan kebiasaan hidup yang sehat. Mulai dari membiasakan olahraga dengan menjaga asupan dan juga pola makan. Anda dapat menjaga kadar gula dalam darah, sekaligus memiliki pola hidup sehat.

Cara Menurunkan Gula Darah :

Berikut ini cara menurunkan kadar gula darah pada tubuh

1. Cek Gula Darah dengan Rajin

Diabetes termasuk jenis penyakit yang tidak mudah untuk ditebak, sehingga penyakit ini sering disebut juga silent killer. Sebutan tersebut pantas untuk diberikan, karena sifat penyakit ini yang tiba-tiba bisa menyerang siapapun tanpa adanya gejala.

Orang yang biasanya memiliki kadar gula darah normal, pada suatu masa bisa tiba-tiba menjadi tinggi. Sehingga perlu dilakukan pengecekan yang rutin dengan alat cek gula darah, agar Anda bisa tetap menjaga asupan makanan yang Anda makan.

2. Minum Air yang Cukup

Tubuh manusia tersusun atas 90% cairan, maka sudah selayaknya Anda harus menjaga asupan air yang ada didalam tubuh.

Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi air dalam jumlah yang cukup. Kadar air yang tercukupi dapat membuat tubuh Anda bekerja secara optimal.

Salah satunya adalah mengatur kadar gula darah normal pada tubuh kita. Vitalnya fungsi air dalam tubuh, membuat konsumsi air yang cukup menjadi salah satu cara menurunkan gula darah secara alami.

Baca juga  Daftar Sayuran Untuk Menurunkan Berat Badan yang Patut Dicoba

3. Konsumsi Makanan Berserat

Makanan yang berserat dapat membuat penyerapan karbohidratlebihcepat. Kecepatan penyerapan inilah yang nantinya dapat mencegah terjadinya peningkatan gula darah normal.

Terdapat dua jenis makanan berserat yang biasa Anda konsumsi, yaitu makanan serat larut dalam air dan juga tidak. Kedua-duanya memiliki peran yang sangat baik dalam tubuh. Namun, untuk menurunkan kadar gula darah, serat yang larut dalam airlah yang lebih berperan aktif.

Beberapa jenis makanan yang memiliki serat larut dalam air adalah brokoli, pir, alpukat, wortel, gandum, kacang polong dan masih banyak jenis lainnya. Selain makan tersebut, Anda juga bisa mengkonsumsi serat dari sayuran, buah, ataupun jenis kacang-kacangan.

4. Membiasakan Berolahraga

Cara menurunkan gula darah selanjutnya adalah dengan membiasakan diri untuk berolahraga. Tidak hanya berperan dalam menjaga tubuh tetap ideal, olahraga juga dapat menjaga kadar gula darah normal.

Semua itu bisa terjadi karena dengan olahraga, insulin dapat bekerja secara optimal. Dimana hormon insulin ini berfungsi dalam menjaga gula darah normal.

Saat kita berolahraga, otot kita juga akan bergerak. Pergerakan pada otot tentu membutuhkan energi yang didapatkan dari pembakaran karbohidrat dalam tubuh, sehingga kadar gula darah akan tetap berada pada posisi normal.

5. Menjaga Asupan Karbo

Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh, dimana tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gugus gula.

Jika gugus gula ini tidak digunakan untuk menghasilkan energi, maka akan membahayakan kadar gula dalam darah, sehingga sangat perlu menjaga asupan karbo.

6. Tidur yang Cukup

Cara paling mudah untuk menurunkan gula darah normal adalah dengan menjaga pola tidur. Kekurangan waktu tidur akan membuat tubuh Anda mengalami berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya adalah naiknya kadar gula darah.

Baca juga  Cara Membuat Infused Water Mudah dan Praktis

Jika Anda memiliki kualitas tidur yang kurang baik,maka akan membuat berkurangnya sensitivitas insulin. Keadaan ini tentu sangat membahayakan.

Pasalnya, insulin tidak bisa bekerja dengan optimal untuk mengontrol kadar gula dalam darah, sehingga gula darah Anda menjadi naik.

Jangan menunggu sakit baru kemudian Anda berobat. Lakukanlah cara menurunkan gula darah di atas, agar kadar gula darah Anda tetap dalam keadaan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *