Delete For Everyone : Cara Menghapus Pesan Whatsapp Yang Sudah Terkirim

memunculkan delete for everyone di whatsapp
Delete For Everyone : Cara Menghapus Pesan Whatsapp Yang Sudah Terkirim

Mikaylabinar.com– Menghapus pesan untuk semua orang (delete for everyone) dalam whatsapp bisa dilakukan jika pesan yang anda kirim tidak lebih dari  7 menit.

Jika lebih dari batas waktu tersebut maka anda hanya bisa menghapus pesan untuk diri sendiri (delete for me)

Apa itu Delete For Everyone ?

Delete for everyone, yaitu pesan yang dikirim terhapus untuk semua orang termasuk yang mengirim tidak bisa membacanya lagi dan pesan juga terhapus di HP orang lain.

Sedangkan, Delete for me. Pesan yang dikirim hanya terhapus di HP pengirim pesan saja. Walaupun pengirim pesan sudah tidak bisa membacanya lagi namun di HP orang lain pesan tersebut belum terhapus dan masih bisa dibaca  

Pemberlakukan time limit ini merupakan kebijakan dari whatsapp dan menjadi ciri khasnya sama seperti twitter yang tidak menyediakan menu edit.

Pesan yang terkirim di whatsapp bisa berantai karena terdapat menu forward untuk melanjutkan pesan tersebut untuk dikirim.

Baca juga : Tentang Fitur Transfer Chat WhatsApp dan Langkah Menggunakannya

Begitu mudahnya bikin pesan berantai tersebut di dalam whatsapp, jika tidak bijak atau mengirim pesan sembarangan yang hoax/provokatif/rasis/ pencemaran nama baik dan lain sebagainya dikhawatirkan akan memiliki dampak yuridis pada sang pengirim pesan.

Cara Menghapus Pesan Untuk Semua Orang

Lalu bagaimana menghapus pesan yang telah terlanjur dikirim agar tidak bisa dilihat oleh semua orang?

Berikut langkah menghapus pesan yang terlanjur dikirim:

  1. Ubah tanggal dan waktu pada HP anda, dengan cara masuk ke menu setting lalu pilih Date & Time. Selanjutnya, mundurkan tanggal dan harinya pada HP tersebut.

    Misalnya pesan yang anda kirim di Whatsapp terkirim pada jam 09.00 WIB pada tanggal 5 Maret 2020. Maka di menu Setting HP anda ganti mundurkan menjadi jam 08.00 WIB dan tanggalnya mundurkan satu hari menjadi  4 maret 2020
  2. Matikan koneksi internet HP anda, termasuk wifi dan tutup aplikasi whatsapp.
  3. Restart HP anda, kemudian buka aplikasi Whatsapp dan tekan pesan yang akan di hapus hingga muncul pesan Delete For Everyone. Maka pesan yang terkirim akan terhapus pada HP semua orang

Cara lain yang bisa anda lakukan tanpa harus merestart HP, yaitu pastikan koneksi internet di HP anda mati, tutup aplikasi whatsapp, kemudian mundurkan waktu dan tanggalnya di HP anda, selanjutnya buka aplikasi whatsapp  dan hapus pesan yang ingin di hapus.

Setelah itu kembalikan lagi waktu dan tanggalnya sesuai dengan waktu dan tanggal sekarang. Lalu aktifkan kembali internet di HP anda. Maka semuanya kembali normal seperti sebelumnya

Artikel ini bisa Anda lihat tutorialnya di youtube channel mikaylabinar.com Delete For Everyone Whatsapp.

Leave a Reply

Your email address will not be published.