Catat, 5 Tanaman Hias yang Jadi Tren Tahun Ini

  • Share
Tanaman Hias yang Jadi Tren Tahun Ini

Mikaylabinar.comMulai dari beberapa jenis monstera, Begonia Maculate, Lucky Bamboo, Aglaonema, Calathea Velvet, hingga Alocasia ‘Regal Shield’ akan menjadi tanaman hias yang jadi tren tahun ini.

Sejak adanya pembatasan sosial akibat virus COVID-19, memelihara tanaman hias jadi salah satu tren tahun ini.

Banyaknya waktu yang dihabiskan di rumah dimanfaatkan dengan berbagai kegiatan bermanfaat dan menyenangkan, dan merawat tanaman hias adalah salah satunya.

Karena tren inilah, beberapa jenis tanaman pun menjadi semakin populer dan diincar banyak orang. Bahkan karena banyak menjadi incaran, harga dari beberapa jenis tanaman tadi meroket drastis.

Nah mau tahu apa saja tanaman hias yang jadi tren tahun ini? Simak terus!

Monstera

Monstera atau janda bolong menjadi sangat hit saat ini. Bahkan harganya ada yang mencapai hingga ratusan juta rupiah. Monstera adalah jenis tanaman hias tropis yang cocok untuk indoor maupun outdoor.

Monstera Deliciosa (photo: dekoruma)

Walaupun ada 48 spesies monstera, hanya beberapa jenis saja yang sedang populer. Berikut beberapa spesies monstera yang banyak dicari orang.

1.      Monstera Deliciosa

Jenis monstera ini memiliki daun besar, lebar, dan berlubang. Harga jenis ini tergolong masih sangat terjangkau dibandingkan janda bolong. Kalian bisa mendapatkan tanaman hias yang populer ini dengan harga Rp50.000,00 hingga Rp300.000,00.

2.      Monstera Borsigniana

Hampir sama dengan Deliciosa, hanya saja Monstera Borsigniana berukuran lebih kecil. Tanaman hias ini bisa tumbuh dengan cepat. Celah pada daun Borsigniana juga lebih rapi. Harganya cukup bervariasi mulai dari Rp70.000,00 hingga Rp700.000,00.

3.      Monstera Obliqua

Jenis monstera satu ini sedang hit dan banyak dikenal sebagai janda bolong. Obliqua memiliki kemiripian dengan jenis Monstera Adansonii. Hanya saja, Obliqua daunnya lebih tipis dan lubang lebih banyak, hampir 90% dari keseluruhan daun. Jenis ini berasal dari Amerika Tengah dan Selatan dan dihargai hingga jutaan rupiah.

4.      Monstera Adansonii

Jenis janda bolong ini juga sangat hit tahun ini. Dibandingkan Obliqua, harga Adansonii jauh lebih terjangkau dan cukup mudah ditemukan di Indonesia. Adansonii memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan Obliqua. Selain itu, daunnya lebih tebal dan kasar. Lubang pada daun memakan sekitar 50%.

5.      Monstera Variegata

Jenis ini bukanlah jenis terpisah dari tanaman hias monstera tapi lebih karena keunikan variasi warnanya. Semakin unik warnanya, semakin fantastis pula harganya.

Variasi yang muncul adalah corak warna putih atau krem dan hijau. Jenis Variegata yang juga dikenal sebagai konstelasi Thailand ini tergolong cukup sulit ditemukan. Harganya bisa mencapai belasan juta rupiah.

Tanaman Polkadot atau Begonia Maculate

Tanaman polkadot menjadi tanaman hias yang juga menyita banyak perhatian. Tanaman ini memiliki daun berbintik-bintik perak dan warna merah pada bagian bawah daun.

Karena warna dan coraknya yang unik, tanaman hias yang jadi tren satu ini sangat cocok dijadikan hiasan di dalam ruangan. Perawatannya pun cukup mudah.

Bambu Rezeki atau Lucky Bamboo

Lucky bamboo atau bambu hoki juga menjadi tanaman hias yang cantik sebagai dekorasi ruangan. Diberi nama lucky karena tanaman hias ini dipercaya membawa keberuntungan.

Bambu Rezeki

Bambu rezeki mampu tumbuh di tanah atau dalam air dengan batu hias. Harga yang dipatok mulai dari Rp30.000,00 hingga ratusan ribu rupiah.

Aglaonema

Aglaonema menjadi tanaman hias yang jadi tren bahkan di tahun-tahun sebelum pandemi. Tanaman hias ini termasuk dalam jenis talas-talasan.

Sama halnya dengan monstera, aglaonema juga memiliki cukup banyak jenis dengan corak, ukuran, dan warna yang berbeda. Harga tanaman ini berkisar antara Rp30.000,00 hingga jutaan rupiah.

Calathea Velvet

Calathea velvet juga menjadi tanaman hias yang cukup populer tahun ini. Tanaman ini berasal dari hutan hujan di Amerika Tengah dan Selatan.

Mereka memiliki warna daun yang gelap dengan warna hijau dominan di bagian atas dan warna merah tua di bagian bawah. Dinamakan velvet karena tekstur daun bagian bawahnya berbulu menyerupai halusnya kain beludru.

Kuping Gajah atau Alocasia ‘Regal Shield’

Tanaman hias yang berasal dari Afrika ini juga sangat populer tahun ini. Memiliki daun yang besar, Kuping gajah cocok dijadikan hiasan di dalam rumah dengan cahaya terang dan tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Alocasia memiliki urat hijau muda di permukaan atas. Sedangkan di bagian bawah daun, terdapat urat berwarna ungu-kuning-hijau. Dengan perpaduan warna yang unik, tanaman ini akan menambah daya tarik ruangan kalian.

Baca juga: 9 tips jalankan pekerjaan sampingan tanpa mengorbankan pekerjaan utama

Kira-kira, tanaman hias yang jadi tren mana yang bakal menghiasi rumah kalian? Merawat tanaman hias juga bisa menjadi hobi yang menghasilkan lho. Jika kalian bisa memelihara dengan baik, menjual tanaman hias bisa jadi tambahan penghasilan.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *