Cara Trading Bursa Komoditas

cara trading bursa komoditas
Bahan-bahan komoditas (Photo: v2osk via unsplash)

Orang banyak mengetahui tentang barang komoditas seperti bahan baku dan produk pertanian. Tapi apakah Anda tahu bahwa barang komoditas diperdagangkan di Bursa? Artikel ini membahas tentang cara trading bursa komoditas, simak selanjutnya hingga selesai

Trading komoditas adalah proses jual beli barang-barang komoditas yang diperdagangkan secara elektronik. Mirip seperti bursa saham dimana ada pihak yang menjual dan ada pihak yang membeli secara online

Trader (orang yang terlibah jual-beli) dapat melihat grafih harga komoditas yang sedang terjadi untuk mendapatkan atau memperkirakan harga produk dimasa mendatang. Mirip seperti trading saham dengan membuat analisis pergerakan harga yang sedang terjadi untuk memperkirakan harga yang akan terjadi

Komoditas bisa dijadikan sebagai alternatif atau diversifikasi portofolio selain saham. Trading komoditi dapat dimasukkan dalam portofolio pedagang saham untuk perlindungan dan keragaman inflasi.

Investasi komoditi dapat memberikan keragaman yang tepat untuk portofolio Anda, menjadikannya salah satu pilihan terbaik bagi para pedagang.

A. Perdagangan Komoditas

Cara trading bursa komoditas bisa sangat berbeda dan lebih kompleks daripada perdagangan saham. Tidak mudah karena kondisi cuaca, skenario politik, geopolitik, dan banyak lagi.

Investor memprediksi harga barang yang akan datang setelah menerapkan beberapa teknik. Teknik-teknik ini membantu mereka memahami gambaran harga komoditas di masa depan.

Perdagangan komoditas adalah praktik yang berisiko tinggi dan bernilai tinggi. Jika Anda mengetahui elemen permintaan dan penawaran pasar, Anda tidak perlu stres; itu akan sederhana. Selanjutnya, jika Anda seorang pemula dalam pertukaran item, Anda dapat membatasi pertukaran dengan mengurangi penggunaan margin.

Asumsikan pedagang percaya bahwa biaya pertukaran barang tertentu akan naik. Mereka akan membeli komoditas itu untuk masa depan; sebaliknya, dengan asumsi mereka berpikir bahwa harga suatu barang akan turun, mereka akan menjual barang tersebut di masa depan. Mereka juga dapat melakukan long ketika mereka memperkirakan harga akan naik dan short ketika mereka memperkirakan akan turun.

Produk perdagangan yang menggunakan kontrak berjangka lebih berkelanjutan dan langsung daripada pertukaran fisik. Perjanjian ini menentukan persyaratan serah terima aset di lain waktu. Selain itu, kontrak perdagangan berjangka bergerak cepat, memungkinkan perdagangan cepat.

B. Jenis Komoditas

Ada 2 jenis produk komoditi yaitu produk keras dan halus. Komoditas yang perlu ditambang atau membosankan untuk ditemukan adalah barang-barang keras, dan produk-produk halus adalah yang dikembangkan atau dibudidayakan.

Selanjutnya, ada 4 macam produk, yaitu sebagai berikut:

Produk pertanian: Barang-barang ini termasuk kopi, jagung, gandum, kedelai, kapas, dll. Semua ini termasuk dalam komoditas lunak.

Peternakan dan daging: Komoditas ini termasuk sapi hidup, daging sapi, perut babi, dan susu.

Logam: Komoditas ini termasuk emas, perak, tembaga, aluminium, paladium, dll. Komoditas ini termasuk dalam komoditas keras.

Produk energi: Komoditas ini termasuk minyak mentah, gas alam, bensin tanpa timbal, etanol, batu bara, dll. Semua komoditas ini termasuk dalam komoditas keras.

C. Cara Berinvestasi dalam Komoditas

Ada beberapa cara untuk berinvestasi pada barang komoditas, sebagai berikut:

1. Investasikan Langsung pada Komoditas

Cara langsung untuk berinvestasi dalam komoditas adalah dengan membeli barang secara fisik. Di sini, manfaatnya adalah Anda tidak harus melalui atau mendapatkan bantuan dari pihak ketiga mana pun. Anda hanya perlu melakukan riset dasar melalui internet untuk menemukan dealer yang menjual komoditas tertentu.

Ketika Anda ingin membeli emas, tugasnya akan relatif lebih sederhana. Yang harus Anda lakukan adalah menemukan dealer koil yang dapat menjual batangan atau koin kepada Anda, yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Nantinya, Anda bisa menyimpan emas tersebut dan menjualnya kapan pun Anda mau.

Menempatkan langsung komoditas menjadi lebih repot karena Anda perlu merawat sapi perah, menyimpan minyak mentah, barang-barang pertanian, gantang jagung, dan sebagainya. Karena itu, pembelian barang yang sebenarnya jauh lebih sulit bagi pendukung keuangan individu.

2. Berinvestasi dalam Kontrak Berjangka

Teknik langsung untuk memperdagangkan produk adalah melalui pengaturan di masa mendatang; Anda akan membutuhkan dana pasar uang.

Saat Anda menukar di futures, Anda harus menyimpan ukuran modal tertentu, atau disebut edge. Karena harga komoditas yang tidak dapat diprediksi, penting untuk memiliki jumlah aset yang memadai untuk menutupi setiap edge call. Menempatkan sumber daya ke dalam item melalui teknik ini adalah cara yang paling terkenal.

3. Berinvestasi di Saham Komoditas

Satu lagi pendekatan untuk memasukkan sumber daya ke dalam komoditas adalah dengan membeli saham dari organisasi yang menciptakannya. Anda bisa membeli stok logam, stok energi, stok daging, stok agribisnis, dan lain sebagainya.

Perusahaan yang memproduksi suatu komoditas tidak akan selalu tumbuh atau menurun seiring dengan komoditas tersebut. Namun, perusahaan penghasil minyak akan diuntungkan ketika harga minyak mentah naik dan akan menderita ketika harganya turun. Namun, poin penting adalah jumlah pegangan yang dimiliki organisasi.

4. Berinvestasi dalam ETF Komoditas dan Reksa Dana

Dana yang diperdagangkan di bursa komoditas, yaitu ETF dan reksa dana, memberikan keterbukaan item kepada individu yang lebih suka membeli komoditas secara tidak langsung. Individu yang tertarik pada pertukaran produk dapat menemukan aset dalam bahan aktual, stok barang, kontrak berjangka, atau campuran.

Menempatkan sumber daya ke dalam ETF dan reksa dana juga merupakan pilihan yang dilindungi. Oleh karena itu, instrument ini cocok bagi pemula dengan risiko yang tidak terlalu tinggi.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan cara trading bursa komoditas, kami akan mengatakan bahwa pertukaran produk adalah metode yang luar biasa untuk mendukung portofolio Anda; itu dapat memberi Anda keamanan terhadap inflasi. Ada banyak cara untuk memasukkan sumber daya ke dalam komoditas.

Jika Anda seorang pemula dalam perdagangan komoditas, kami menyarankan Anda untuk memperlambat dan meningkatkan perdagangan secara bertahap. Dan, jika memungkinkan, investasikan melalui reksa dana dan ETF.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *