Cara Mengatasi Sertifikasi Vaksin Tidak Muncul Pada Pedulilindungi

Cara Mengatasi Sertifikasi Vaksin Tidak Muncul Pada Pedulilindungi
Cara Mengatasi Sertifikasi Vaksin Tidak Muncul Pada Pedulilindungi

Ketika sudah melakukan vaksinasi Covid-19, baik tahap pertama maupun kedua, mungkin saja mendapatkan kendala. Hal tersebut karena tidak mendapatkan bukti Sertifikasi Vaksin untuk kedua tahap. Penting untuk Anda ketahui, apabila sertifikat vaksin tersebut bisa diperoleh melalui sebuah aplikasi Pedulilindungi.

Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengaksesnya melalui situs maupun aplikasi resmi dari Pedulilindungi yang dapat dipasang pada iOS atau android. Namun, tidak jarang para peserta yang sudah mengikuti vaksin mengeluh belum mendapatkan sertifikasi dan mendapatkan berbagai kendala lainnya.

Berikut Cara Mudah Mengatasi Sertifikasi Vaksin Tidak Muncul di Pedulilindungi

Semua kegiatan dapat dipengaruhi dengan ada tidaknya bukti surat vaksin. Karena itu, semua orang diwajibkan untuk melakukan vaksin. Hal ini juga bertujuan untuk menyetop penyebaran virus Corona.

Namun, ada beberapa kendala yang membuat beberapa orang sulit untuk mendapatkan sertifikasi vaksin. Untuk mendapatkan sertifikat ini, Anda harus mendaftar dalam website atau aplikasi dari pedulilindungi.

Baca juga: Cara Mendownload Sertifikat Vaksin Covid-19 PeduliLindungi

Nah, jika Anda sudah terdaftar dan sudah melakukan vaksinasi, maka akan mendapatkan sertifikasinya. Namun, Ada beberapa orang yang terkendala, sehingga sertifikasi tidak muncul pada Pedulilindungi.

Hal ini tentunya akan merugikan. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan  beberapa cara yang akan kami berikan ini. Dengan cara ini, sertifikasi tersebut bisa muncul dalam aplikasi.

Cara Mengatasi Kendala Sertifikasi Vaksin

Jika Anda ingin mendapat sertifikat tersebut, maka harus melengkapi beberapa persyaratan. Untuk yang tinggal di luar DKI Jakarta, Anda bisa menyampaikannya menggunakan surat elektronik pada alamat sertifikat@pedulilindungi.id.

Anda bisa menyertakan beberapa informasi yang diperlukan, seperti nama lengkap, tempat tanggal lahir, nomor ponsel, melampirkan foto selfie dengan KTP. Selain itu, Anda juga perlu melampirkan kartu vaksinasi agar bisa diproses lebih lanjut.

Baca juga  Game Offline di Android yang Populer Dikalangan Gamers

Dengan cara ini, Anda bisa mendapatkan sertifikasi tersebut. Namun, jika terjadi kendala, maka Anda tidak bisa mendapatkan sertifikasi tersebut. Anda perlu lebih teliti lagi, dalam mengirimkan informasi dengan lengkap. Karena, jika salah sedikit, maka tidak bisa mendapatkan sertifikat.

Cara Mengatasi Ketika Salah Memasukan Nomor

Mungkin hal ini sering terjadi pada beberapa orang, salah memasukan nomor bisa diatasi dengan mudah, kok. Jika Anda salah memasukan nomor seluler ketika vaksin. Maka, Anda bisa mengatasinya dengan, melakukan pengaduan pada email sertifikat@pedulilindungi.id.

Anda bisa menambahkan aduan dengan menyertakan informasi seperti diatas. Anda bisa memasukan nomor HP yang benar agar tidak terjadi kendala kedepan.

Tidak Ada Keterangan Tanggal Vaksin

Untuk kasus kendala yang satu ini, Kominfo barus mengatakan, baru dapat diatasi di DKI Jakarta saja. Cara untuk mengatasinya cukup mudah, lakukan pengaduan pada fasilitas kesehatan terdekat saja. Namun, untuk kendala serupa yang terjadi diluar wilayah DKI Jakarta, masih akan ditindaklanjuti.

Untuk mengadukan, Anda perlu input ulang data peserta dalam sistem PC dengan fasilitas kesehatan di Jakarta atau dinas kesehatan. Sebelum datang ke pusar kesehatan, sebaiknya Anda siapkan beberapa perlengkapan.

Baca juga: Cara Pendaftaran Vaksin Covid-19 Melalui Umum dan Online

Seperti nama lengkap, NIK, nomor telepon, alamat email, foto KTP, nomor batch vaksin, tangkap layar sertifikat vaksin dalam Pedulilindungi. Selain itu, Anda juga perlu menyertakan data diri, dan status vaksin.

Setelah itu, Anda pun bisa mengirim sejumlah data yang perlu melalui email dki@jakarta.go.id dengan melengkapi subjek Sertifikasi Vaksin. Satu akun email hanya bisa digunakan untuk satu identitas saja. Dengan Anda telah melengkapi berbagai persyaratan yang diminta, maka sertifikat vaksin pun segera Anda peroleh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *