Cara Mengatasi Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance

cara mengatasi Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.
cara mengatasi Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute.

Mikaylabinar.com– Bagi anda yang menggunakan platform wordpress kadang menemukan pesan error seperti ini “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute” dilayar monitor anda. Ketika membuka situs yang muncul hanya pesan error tersebut di layar laptop anda maka tidak perlu panik karena solusi dan jawabannya ada dalam artikel ini

Sebenarnya, pesan error itu menginformasikan kepada anda bahwa terjadi maintenance dalam beberapa saat dan anda di sarankan untuk menunggu dan cek lagi dalam beberapa menit.

Tapi, kadang kita tidak bisa menunggu lama-lama karena kadang menunggu menjadi membosankan apalagi jika kita sedang semangat-semangatnya mengerjakan sesuatu agar cepat jadi. Apalagi kalau pesan ini dibiarkan bisa-bisa dalam satu jam pun pesan itu masih muncul di halaman situs anda, tentunya ini berpengaruh pada pendapatan monetize situs anda

Sebelum membahas bagaimana cara mengatasi pesan error tersebut, alangkah baiknya kita mengetahui penyebabnya terlebih dahulu. Dengan demikian, kedepannya kita akan tahu apa yang menyebabkan error tersebut sehingga kita tidak menjadi panik dan menganggap ini hanya error biasa

Jika kita menggunakan platform wordpress maka tidak bisa dilepaskan dengan yang namanya Plugins. Karena plugins ini bagian dari ‘jiwa’ situs yang menggunakan wordpress. Plugins mempermudah pengguna wordpress dalam mengatur situs sesuai dengan keinginan tanpa harus menguasai keahlian coding pemrograman.

Dengan adanya plugins, para pengguna wordpress dapat dengan mudah dan cepat dalam pekerjaan membangun website yang jika kita kerjakan dengan coding sendiri mungkin butuh waktu yang lama apalagi jika tidak memiliki kemampuan dalam pemrograman komputer. Dengan plugins, kita tinggal klik untuk mengaktifkan dan menginstalnya dalam situs wordpress kita, dengan sentuhan sedikit pengaturan pada setting plugins jika diperlukan.   

Baca juga  Redirect AMP to Non AMP Pada Artikel Website

Penyebab Error Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance

Error “Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute” muncul disebabkan plugin yang diupdate tidak selesai dalam proses updatenya sebagaimana mestinya sehingga terdapat beberapa file di dalam plugin yang terkorup dan menyebabkan plugin tersebut tidak dapat berjalan sebagaimana seharusnya.

Plugin yang diupdate tidak lengkap tersebut menyebabkan gangguan tampilan pada website, oleh karenanya muncul pesan error tersebut untuk mengkondisikan kembali situs supaya normal sebagaimana sebelumnya. Lalu, bagaimana solusinya ?

Cara Mengatasi Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance

Untuk mengatasi pesan ini gampang, anda tinggal menunggu beberapa saat ( bisa 15 menit atau 1 jam atau juga beberapa hari). Namun, ada yang lebih praktis jika anda tidak ingin menunggu (dan memang seharusnya JANGAN menunggu), lakukan tips berikut ini untuk mengatasinya secara cepat dan lugas. Anda tinggal mengikuti langkah-langkahnya maka pesan error tersebut akan hilang secara cepat. Berikut langkahnya:

Ikuti tahapan langkah ini untuk mengatasi error tersebut. Sebagai berikut:

  1. Masuk ke CPANEL situs anda, misalnya: www.domainandadisini.com/cpanel
  2. Pada halaman dashboard cpanel, pilih File Manager
  3. Kemudian masuk ke public_html
  4. Masuk ke halaman Setting yang terletak pada pojok sebelah kanan atas, kemudian centang Show Hidden Files (dotfiles), dan Save
  5.  Kemudian muncul file .Maintenance di halaman public_html dan Hapus file tersebut

Setelah itu refresh browser anda atau ketik ulang situs anda di browser maka akan kembali normal. Anda hapus plugin yang tidak selesai di update tersebut dan install ulang untuk menormalkan kembali

Lalu, bagaimana caranya untuk menghindari agar pesan error ” Briefly unavailable for scheduled maintenance. Check back in a minute” tidak terjadi lagi pada saat update plugin ? Anda tinggal hapus plugin tersebut dan install lagi mulai dari awal.

Baca juga  There has been a critical error on your website

Melalui CPANEL

Atau jika anda tidak bisa menghapusnya karena terjadi error dan tidak bisa mengakses halaman dashboard wordpress situs anda, maka masuk ke halaman CPANEL seperti langkah diatas. Untuk lebih mudahnya ikut langkah berikut ini:

  1. Masuk ke CPANEL situs anda, misalnya: www.domainandadisini.com/cpanel
  2. Pada halaman dashboard cpanel, pilih File Manager
  3. Kemudian masuk ke public_html
  4. Masuk ke halaman wp_content
  5. Masuk ke folder plugins
  6. Hapus folder plugins yang bermasalah, misalnya: untuk nama folder plugin Yoast SEO adalah wordpress_seo (kadang nama folder plugin berbeda dengan nama plugin yang ada di halaman dashboard wordpress kita), maka hapus folder plugin tersebut tersebut (delete)
  7. Install kembali plugin ( dan pastikan sebelumnya anda Refresh browser agar bisa masuk ke halaman dashboard wordpress anda)

Selesai. It works…

Cara Mengatasi error Briefly Unavailable for Scheduled Maintenance dalam artikel ini telah penulis gunakan berkali-kali dalam mengatasi error tersebut. Oleha karena itu, penulis tuangkan dalam tulisan di halaman ini agar berguna bagi pembaca terutama blogger yang menggunakan wordpress self hosted.

Info lain: Cara Mengubah Permalink WordPress Dengan Aman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *