Cara Mendapatkan Modal Usaha UMKM dari Pemerintah

Cara Mendapatkan Modal Usaha UMKM dari Pemerintah
Cara Mendapatkan Modal Usaha UMKM dari Pemerintah

Dengan adanya program Pemulihan Ekonomi Nasional atau yang kerap disingkat jadi PEN UMKM. Maka dalam hal ini pihak pemerintah sudah menggelontorkan bantuan modal usaha UMKM.

Yang artinya, Anda yang saat ini sedang membuka usaha UMKM, dan sedang membutuhkan modal, tidak ada salahnya untuk mencoba mendapatkan tambahan modal tersebut.

Bantuan untuk pelaku usaha Mikro

Bagi Anda yang saat ini membutuhkan modal usaha UMKM mikro, ada beberapa persyaratan penting yang perlu Anda perhatikan, sebelum mengajukan modal bisnis UMKM tersebut.

Terutama bagi mereka yang belum pernah mendapatkan kredit pembiayaan dari pihak perbankan atau juga lembaga pembiayaan sejenisnya. Yang artinya tidak semua pelaku UMKM dapat memperoleh bantuan tersebut.

Selain itu, syarat lain untuk memperoleh bantuan modal membuka usaha UMKM, untuk pelaku usaha mikro antara lain :

  • Pelaku usaha harus WNI dan mempunyai NIK atau Nomor Induk Kependudukan.
  • Melampirkan SKU atau Surat Keterangan Usaha.
  • Tidak sedang mendapatkan kredit dari perbankan atau juga pembiayaan dari lembaga keuangan manapun, termasuk KUR.
  • Tidak berstatus sebagai ASN, pegawai BUMN, pegawai BUMD, atau juga anggota TNI / Polri.
  • Adapun total asset maksimal yang dimiliki calon penerima bantuan sekitar 12 miliar rupiah. Hal tersebut belum termasuk bangunan dan tempat usaha.
  • Adanya keberadaan usaha mikro yang dinyatakan dalam surat usulan calon penerima atau juga rekomendasi dari pengurus BPUM.

Adapun untuk mengajukan bantuan. Pihak pelaku sendiri akan mendatangi dinas koperasi atau juga UKM setempat, atau bisa juga melalui sistem izin usaha yang dikelola oleh lembaga OSS dari Kementerian Investasi / BPKM.

Bantuan untuk Kredit Usaha Rakyat

Selain untuk usaha mikro, Anda yang saat ini ingin membuka bisnis kaos, dan membutuhkan Kredit Usaha Rakyat, sebagai sumber pinjaman modal usaha mikro UMKM.

Baca juga  Melihat Peluang Dari Bisnis Minyak Atsiri

Karena pada dasarnya, usaha yang berhak memperoleh bantuan modal UMKM KUR ini sendiri cukup beragam, mulai dari bidang pertanian, perikanan, perkebunan, dan yang lainnya. Adapun kelebihan ketika meminjam dana melalui program KUR ini, antara lain :

  • Sudah menggunakan bunga yang paling rendah, karena sudah disubsidi oleh pemerintah.
  • Ketika besaran pinjaman kurang dari 25 juta rupiah, maka tidak perlu memberikan jaminan atau agunan. Namun hal tersebut juga terkait dengan kebijakan dari pihak bank tersebut.
  • Tersedia di berbagai bank terkemuka, yang tentunya sudah ditunjuk pihak pemerintah.
  • Adapun batas maksimal pinjaman adalah sekitar 500 juta rupiah.
  • Syarat mengajukan KUR juga terbilang mudah, dengan berbekal beberapa dokumen administrasi kependudukan dan juga izin usaha.
  • Termasuk pinjaman yang pas untuk bisnis usaha produktif, seperti kuliner, pakaian dan yang lainnya.
  • Lama proses pencairan sekitar 3 hingga 14 hari kerja, tergantung kelengkapan dokumen yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

Jadi bagi Anda yang saat ini membutuhkan modal usaha UMKM, ada baiknya jika membaca ulasan tersebut di atas, dan memperhatikan aneka persyaratan yang diajukan oleh pihak pemerintah.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *