Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps
Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps- Sobat Mibi apakah suka bepergian di suatu tempat baru dan belum begitu tahu arah dan lokasi sehingga mengandalkan peta untuk mencari tempat yang ingin dituju? Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan Google Maps yang sudah bisa diunduh melalui Play Store.

Google Maps adalah sebuah layanan yang memanfaatkan citra dari suatu tempat agar memudahkan orang dalam mencari lokasi yang ingin dituju. Tidak hanya sebagai penunjuk lokasi, tetapi juga bisa digunakan untuk para pengunjung mencari informasi tentang rumah makan terdekat, obyek wisata, penginapan, kantor dan sebagainya.

Semua informasi yang tersedia di Google Maps tentunya tidak muncul begitu saja, selain krena memang pihak Google yang selalu men-update tempat-tempat baru, para pengguna atau users bisa juga melakukan penambahan lokasi supaya informasi di aplikasi itu semakin lengkap.

Sehingga jangan heran ketika mencari tempat yang tersembunyi sekaligus, sangat mungkin bisa ditemukan, karena ada para pengguna Google Maps yang melakukan pemutahiran data, yang bisa menolong pengguna lainnya agar tidak tersesat atau terlalu lama mencari tempat yang dituju.

Di aplikasi tersebut anda juga tidak hanya disajikan tentang informasi dimana arah yang harus anda ikuti supaya sampai ditempat tujuan, tetapi juga ada informasi tetang jarak, moda transportasi apa saja yang bisa digunakan seperti menggunakan motor, mobil, bus atau bahkan jalan kaki bila memungkinkan.

Untuk sobat Mibi yang hendak menambah lokasi di Google Maps, sedikitnya ada dua cara yang bisa digunakan yaitu melalui aplikasi Google Maps yang ada di handphone dan juga bisa melalui website www.google.co.id/maps dan melakukan secara manual penambahan lokasi.

Baca juga  Game PS2 Terbaik Di Android

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps HP

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Buka aplikasi Google Maps, jika belum ada maka download terlebih dahulu di Play Store, lalu jalankan aplikasi. Lalu pilih menu ‘Kontribusi/Contribution’

Cara Menambahkan Lokasi di Google Maps

2.  Pilih ‘edit map’

3.  Setelah itu pilih ‘Tambah atau perbaiki tempat/add or fix place’

4. Langkah selanjutnya pilih menu paling atas  ‘add a missing place’

5.  Setelah itu isi semua identitas yang diperlukan mulai dari nama, alamat dan kategori. Ketika sudah semua diisi, maka harus pilih menu ‘kirim’. 

6.   Anda hanya tinggal menunggu jika Google menyetujui, maka perubahan yang anda ajukan bisa dilihat 24 jam kedepan

Menambahkan Lokasi Melalui Website

Sobat Mibi juga bisa menambahkan lokasi dengan website dari laptop atau PC anda dengan langkah yang lebih sederhana. 

1.  Pertama kali kunjungi alamat website www.google.co.id/maps. Lalu masukkan alamat yang ingin ditambahkan.

2.  Setelah alamat ditemui, klik pada tempat yang ingin ditambahkan dengan menempatkan cursor dan klik kanan ‘tambahkan tempat’

3.  Maka akan ada tampilan untuk melengkapi semua data mulai dari nama, alamat, kategori. Lalu ketika sudah lengkap pilih menu ‘kirim’ yang ada di kiri bawah

4.  Dengan begitu data lokasi yang anda sudah ajukan perubahan atau penambahan tinggal menunggu konfirmasi dari pihak Google yang biasanya dilihat di email.

5.  Dalam waktu 24 jam jika disetujui maka perubahan atau penambahan akan muncul 

Demikian dua cara utama bagi pengguna Google Maps menambah atau mengubah lokasi, semoga menjadi manfaat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *