Saham  

Cara Membuka Rekening Saham Online

Jangan Sampai Salah! Ini Dia Cara Membuka Rekening Saham Online dan Keuntungannya
Jangan Sampai Salah! Ini Dia Cara Membuka Rekening Saham Online dan Keuntungannya

Zaman sekarang, investasi saham sudah bukan barang baru lagi bagi masyarakat. Apalagi dengan adanya teknologi canggih, berinvestasi kini lebih mudah dilakukan lewat online. Investasi saham online merupakan jenis saham dengan kegiatan transaksi yang dilakukan secara online, baik melalui situs web maupun sebuah aplikasi dari broker/sekuritas. Jika Anda tertarik memulainya, berikut cara membuka rekening saham online yang dapat Anda coba.

Saham online bisa dimiliki oleh siapa saja karena sifatnya terbuka bagi publik dan bisa diperjual-belikan secara online. Untuk memiliki saham online, calon investor harus mengetahui cara membuka rekening saham online, serta mempersiapkan berkas dan modalnya.

Cara Membuka Rekening Saham Online

Transaksi saham nantinya dapat Anda lakukan, baik melalui BEI atau sekuritas. Namun, sebelum itu terdapat beberapa langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, yakni:

1. Menyiapkan Dokumen Persyaratan

Ada beberapa syarat membuka rekening saham yang harus Anda siapkan, di antaranya:

  • KTP/ Paspor/KITAS

Kartu tanda pengenal ini menjadi syarat wajib yang harus dipenuhi. Bagi WNA bisa menggunakan KITAS atau paspor yang dimiliki.

  • Kover buku tabungan

Kover buku tabungan ini digunakan untuk memudahkan pihak sekuritas memeriksa rekening bank nasabah, jadi rekening bank inilah yang nantinya akan menjadi tempat untuk penarikan dana.

  • NPWP

Jika Anda akan membuka rekening efek, maka Anda perlu menyiapkan NPWP terlebih dahulu. Namun, bila Anda belum memilikinya, Anda dapat membuat surat pernyataan bermaterai bahwa Anda tidak memiliki NPWP.

  • Fotokopi KTP dan NPWP suami
Baca juga  Cara Investasi Saham Dari Awal

Syarat selanjutnya ini berlaku jika Anda adalah seorang ibu rumah tangga, biasanya Anda juga diminta untuk menyertakan fotokopi Kartu Keluarga.

  • Nomor identitas KSEI

Nomor ini diperlukan jika Anda telah memiliki rekening saham sebelumnya dan ingin membuka rekening kedua.

2. Memilih Perusahaan Sekuritas Saham Online

Pilihlah perusahaan sekuritas yang menawarkan layanan pembukaanrekening saham online terbaik. Ada banyak perusahaan yang memiliki fasilitas pendaftaran online, seperti BNI sekuritas, BCA sekuritas, Mandiri sekuritas, MNC sekuritas, Sinarmas sekuritas, Philip Sekuritas, Panin sekuritas, dan lainnya.

3. Cara Membuka Rekening Saham Online Dengan Mengisi formulir pembukaan rekening

Cara membuka rekening saham onlineselanjutnya ialah mengisi formulir pembukaan rekening. Saat mengisi, cermati dengan baik kolom isian dan sertakan pula dokumen persyaratan yang telah Anda siapkan sebelumnya.

4. Mengisi formulir pembukaan RDI (Rekening Dana Investor)

Rekening ini merupakan rekening yag ditempatkan pada bank, terlepas dari rekening perusahaan efek. Rekening RDI bertujuan agar dana yang tidak akan dibelikan saham dapat disimpan dengan aman oleh nasabah dalam rekening tersebut.

5. Menunggu proses hingga selesai

Langkah terakhir dari daftar rekening saham online adalah menunggu proses pembukaan rekening hingga selesai. Proses ini biasanya memerlukan waktu seminggu. Jika prosesnya telah selesai, investor akan menerima konfirmasi tentang nomor RDI yang telah dibuka.

Keuntungan Membuka Rekening Saham Online

  1. Dapat dipantau kapanpun dan dimanapun tanpa perlu repot mendatangi perusahaan investasi
  2. Tidak perlu khawatir karena segala informasi transparan dan mudah diakses
  3. Investasi saham online dapat dimulai dengan modal kecil, minimal Rp100.000

Itulah, cara membuka rekening saham online dan keuntungan yang bisa Anda dapatkan. Sebenarnya tidak sulit untuk berinvestasi pada masa kini. Jika Anda ingin memiliki saham asing, Anda harus paham betul tentang investasi dan cara beli saham asing sebelum memutuskan untuk membelinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *