Cara Amankan Akun Instagram dari Pembajakan

cara amankan akun instagram dari pembajakan
Instagram hacking (Image: thehackernews)

Aplikasi Instagram merupakan salah satu aplikasi media sosial yang masih populer digunakan hingga saat ini. Dalam tulisan ini saya share tentang cara amankan akun instagram dari pembajakan

Instagram sangat membantu penggunanya dalam memberi informasi dan memberikan hiburan dengan berbagi dan menonton foto dan video.

Sayangnya, ada saja orang-orang kurang kerjaan yang sengaja meretas akun pengguna.

Tentu berbagai macam alasan mereka melakukan hal tersebut. Ada yang memang membenci karena karakter pemilik akun, ada juga yang iri dengan followers dan lainnya

Oleh karena itu, Anda perlu mencari solusi agar akun instagram Anda aman dari peretasan atau pembajakan hacker.

Apakah caranya sulit? Tentu tidak sama sekali. Justru untuk menjaga keamanan akun, pihak instagram sendiri telah menyediakan fitur agar akun aman dari peretasan

Baiklah! Berikut adalah cara agar akun instagram Anda aman dari peretasan atau pembajakan hacker.

Baca sampai selesai agar akun Anda tidak diambil alih pembajak yang tidak bertanggungjawab, yaitu:

Cara Agar Akun Instagram Aman dari Pembajakan

3 cara berikut ini yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan akun Instagram Anda dari pembajakan :

1. Buatlah Sandi yang Rumit

Sandi yang rumit dapat mengurangi dampak terkena peretasan, karena tidak menggunakan satu kalimat. 

Kriteria sandi yang rumit adalah menggabungkan angka, huruf dan symbol ke dalam satu kalimat serta mencampur huruf kapital dan kecil.  Contoh sandi yang kuat adalah 15tr1m4n4cukup?

Oleh karena itu Anda perlu menggunakan sandi yang rumit, para hacker biasanya mendapatkan sandi Instagram aplikasi pihak ketiga. 

Baca juga  Cara Mempercantik Feed Instagram, Dijamin Jadi Lebih Estetik

Yang dimaksud aplikasi pihak ketiga adalah chache sandi Instagram yang biasanya masih nempel di mesin pencari laptop atau HP.

Apabila Anda pernah login melalui google atau mesin pencari sejenisnya maka otomatis akan tersimpan. Dari chace yang tersimpan tersebut para peretas akan memperoleh sandi instagram Anda.

Selain itu hati-hati juga saat menemukan situs dari iklan yang meminta Anda memasukan email dan sandi harap jangan digubris sama sekali karena itu juga bisa menjadi pemicu pencurian sandi.

2. Jangan Umbar Data Pribadi di Media Sosial

Biasanya ada golongan orang yang membuat kata sandi sesuai tanggal lahir, nama panggilan, alamat, nomor HP dan nama orang tua.

Jika Anda termasuk goolongan tersebut jangan sekali-kali melampirkan data tersebut di data media sosial Anda.

Karena hal tersebut akan mempermudah hacker melacak data Anda. Tidak hanya pada satu media sosial saja bila berhasil diretas, media sosial lainnya akan berpotensi kena retas juga.

Dengan berhasil meretas satu akun media sosial, hacker akan melacak keseluruhan akun yang berkaitan hingga akun bank.

Oleh karena itu, penyimpanan data pribadi harus benar-benar rahasia sebab data pribadi pada era digital ini merupakan asset penting yag bisa disalahgunakan orang tak bertanggungjawab.

3. Mengaktifkan “Autentikasi Dua-Faktor”

Pasti banyak yang bodo amat dengan salah satu fitur Instagram ini, autentifikasi dua-faktor sangat berharga untuk kemananan akun.

Kok bisa? Karena jika ada orang yang meretas akun Anda akan diminta konfirmasi dari dua perlindungan yang biasanya berupa dua email atau salah satunya nomer HP.

Fitur ini sangat berguna untuk akun Anda karena membuat hacker susah meretas dengan adanya dua perlindungan.

Baca juga  Website Untuk Belajar Hacking Bagi Pemula

Barangkali masih ada yang bingung apa itu autentikasi dua faktor dan cara mengaktivasinya simak sampai selesai supaya bisa mempraktekannya.

  1. Buka profile Instagram Anda kemudian pergi ke menu pengaturan yang berada di pojok kanan atas layar HP.
  2. Perhatikan layar lalu klik kemanan dan cari fitur autentikasi dua faktor
  3. Klik Get Started, kemudian pilih pihak kemanan kedua. Misalnya memilih WA, Anda akan mendapat kiriman kode keamanan ke WA anda begitu juga lainnya atau Anda bisa menggunakan aplikasi bawaan khusus autentikasi dari instagram.
  4. Kemudian, apabila Anda telah masuk kode keamanan, silahkan salin dan konfirmasi dengan memasukan ulang di aplikasi Instagram.

Bagaimana? Cukup jelas bukan? cara amankan akun Instagram dan agar akun instagram tidak mudah dibajak.

Perlu Anda ingat juga bahwa penyebab akun mudah dibajak ada tiga faktor, yaitu kata sandi mudah ditebak, kemudian tidak megaktifkan mode keamanan autentikasi dua faktor dan yang terakhir lupa log out dari perangkat lain.

Semoga dengan penjelasan diatas mampu membantu Anda mencegah akun instagram aman dari hacking atau pembajakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *