Bosan jadi Miskin? Lakukan 4 Tips Keuangan Ini Agar Hidup Berubah

  • Share
Bosan jadi Miskin? Lakukan 4 Tips Keuangan Ini Agar Hidup Berubah

Tips keuanganWarren Buffet mengatakan bahwa jika gajimu adalah satu-satunya sumber penghasilanmu, kamu tinggal selangkah lagi menuju kemiskinan

Apakah kamu merasakan setiap bulan gaji selalu tidak mencukupi karena menutup hutang dan cicilan lainnya !.. bahkan untuk memenuhi kebutuhanmu saja bisa melelahkan.

Ketika kamu berada dalam situasi seperti ini, mungkin tampak sulit untuk menemukan jalan keluar, terutama ketika kamu hidup dari gaji ke gaji dengan tidak ada tambahan yang tersisa untuk mencoba memperbaiki situasi.

Untuk mengendalikan situasi keuangan, maka kamu perlu Mulai Membuat Anggaran Pribadi

Ketika menghitung setiap sen, mungkin kamu berpikir tidak memiliki cukup uang untuk dianggarkan. Namun, itu tidaklah benar

Penganggaran adalah merencanakan bagaimana dan kapan kamu akan menghabiskan setiap sen. Singkatnya, itu berarti kamu tahu di mana kamu akan membelanjakan uangmu sebelum uang itu datang.

Penganggaran memungkinkan seseorang untuk merencanakan pengeluaran di awal dan mulai menyisihkan uang untuk pengeluaran lebih besar yang mungkin terjadi hanya setahun sekali.

Saat membuat anggaran, kamu juga dapat melacak tren pengeluaran yang kamu lakukan. Ini memungkinkan dalam memilih area di mana kamu mungkin dapat mengurangi pengeluaran jika kamu perlu mengurangi atau menabung untuk tujuan keuangan jangka panjang, seperti dana darurat.

Ikuti 4 tips ini jika kamu sudah bosan menjadi miskin dan ingin mengubah situasi keuangan yang ada.

1. Temukan Cara untuk Menghasilkan Lebih Banyak Pendapatan

Jika kamu tidak menghasilkan cukup uang di pekerjaan saat ini untuk memenuhi kebutuhan dan menghemat uang, maka kamu perlu mencari cara untuk meningkatkan penghasilanmu.

Ini bisa berarti mencari pekerjaan sampingan untuk membantu kamu mengejar tagihan yang telah jatuh tempo.

Ini juga bisa berarti melihat perubahan karier jangka panjang yang memungkinkan kamu dapat menghasilkan lebih banyak uang.

Lihat pekerjaan di bidangmu atau bidang serupa yang menawarkan gaji lebih tinggi. Jelajahi dulu pilihan yang ada dan pertimbangkan untuk mengubah situasi pekerjaan untuk mendapatkan lebih banyak uang.

2. Jadikan Menabung sebagai Prioritas

Mulai menabung sekarang. Ada dua cara yang kamu butuhkan untuk fokus menabung.

Pertama, masukkan uang ke dalam rekening tabungan yang tidak akan kamu gunakan kecuali untuk keadaan darurat. Ini disebut dana darurat.

Kamu mungkin mulai dengan menyisihkan 20 ribu/minggu. Uang sejumlah itu hanya seperti uang ngopi di warung, kamu bisa menambah jumlahnya dengan mengurangi makan di luar rumah atau melewatkan nonton bioskop.

Seiring waktu, kamu bisa menambah jumlah tabungan dan tidak perlu terlalu besar yang penting konsisten, sampai kamu memiliki dana darurat yang akan menutupi biaya hidup antara tiga dan enam bulan.

Ini adalah jaring pengamanmu. Inilah mengapa kamu membutuhkannya: Lebih mudah untuk membuat keputusan keuangan ketika kamu tahu kamu memiliki uang di bank untuk menutupi keadaan darurat.

Kedua, fokuslah menemukan cara untuk menghemat uang pada hal-hal yang sudah kamu lakukan. Manfaatkan diskon dalam setiap pembelian. Belilah barang kebutuhan di warung atau toko yang bisa tawar-menawar harga

Jangan membayar harga penuh untuk suatu barang yang bisa di tawar dan periksa di beberapa toko yang berbeda sebelum kamu membeli sesuatu. Lakukan perbandingan harganya, belilah barang yang lebih murah untuk barang yang sama

Hemat uang dengan makan di rumah atau membawa makanan sendiri ke tempat kerja

3. Berhenti Menggunakan Kartu Kredit

Tips keuangan selanjutnya adalah berhenti menggunakan kartu kredit. Jika kamu ingin berhenti menjadi miskin, kamu harus berhenti membuat utang. Langkah pertama adalah berhenti menggunakan kartu kreditmu.

Cara termudah untuk melakukannya adalah dengan berhenti membawanya. Tinggalkan dirumah, Jika kartu kredit ada di rumah, kamu tidak dapat menggunakannya saat berbelanja.

Dana darurat yang ada sebagai pengganti kartu kreditmu dengan cara ini dapat membantu kamu berhenti menggunakan kartu kredit karena kamu akan memiliki uang untuk menutupi pengeluaran tak terduga daripada jatuh kembali pada kartu kredit.

4. Terbebas dari hutang

Kamu tidak dapat mulai membangun kekayaan nyata ketika kamu membayar bunga lebih banyak daripada yang kamu peroleh dari bunga.

Jika kamu ingin mengubah situasi, maka kamu perlu mengambil langkah-langkah yang akan membantu kamu keluar dari utang.

Berikut langkahnya:

Buat rencana untuk keluar dari utang. Setelah anggaranmu ditetapkan, kamu dapat mulai mencari uang tambahan untuk melunasi hutangmu setiap bulan.

Saat kamu melunasi satu utang, alihkan uang itu dan lakukan ke utang berikutnya dalam daftar utangmu hingga utangmu satu-persatu terlunasi.

Setelah kamu bebas utang, kamu akan memiliki lebih banyak uang untuk mulai membangun keamanan finansial.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *