Bisnis  

Bisnis Online Masa Pandemi dan Tips Memulainya

Rekomendasi Jenis Bisnis Online Masa Pandemi dan Tips Memulainya
Menjalankan bisnis dari dimasa pandemi (photo/xframe.io)

Menjalankan bisnis online masa pandemi covid 19 adalah salah satu upaya untuk tetap menghasilkan pundi-pundi uang di tengah terpuruknya roda perekonomian.

Bisnis online merupakan bisnis yang mudah dijalankan di masa pandemi covid 19.  Lalu, apa saja jenis bisnis online yang sesuai dijalankan pada saat pandemi seperti saat ini?

Berikut ini rekomendasi berbagai jenis bisnis online yang bisa dijalankan dari rumah di masa pandemi dengan mudah, tanpa sewa tempat dan modal yang terbatas:

Jenis Bisnis Online Masa Pandemi

1. Membuka Online Shop

Bisnis online shop sangat cocok dijalankan di masa pandemi karena tidak membutuhkan modal yang besar. Bisa berupa dropship atau membukan toko online sendiri seperti binarshop.id

Beragam barang dapat dijual melalui online shop mulai dari kebutuhan sehari-hari seperti makanan, pakaian, alat rumah tangga,hingga alat-alat kesehatan.

Tidak perlu sewa tempat, aktivitas promosi dapat dilakukan via Facebook, Twitter, dan Instagram. Cukup mudah bukan untuk bisa tetap mendapat uang tambahan?

2. Menjadi Freelancer

Menjadi freelancer merupakan salah satu rekomendasi bisnis yang dapat dikerjakan di rumah. Jenis-jenis pekerjaan tenaga lepas atau freelancer yang banyak dicari di masa pandemi ini adalah penulis artikel, desainer grafis, dan copywriter.

Jika memiliki kemampuan seperti yang disebutkan di atas, mengapa tidak menyalurkan dan mulailah menghasilkan sekalipun di masa pandemi seperti ini?

Baca juga  Cara Mengatur Keuangan Bisnis Online dengan Mudah Tanpa Ribet

3. Kuliner Masakan Rumahan

Jenis bisnis online ini bukanlah hal baru dalam dunia bisnis. Usaha kuliner sudah banyak dijalankan oleh ibu rumah tangga yang ingin menjalankan usaha tanpa menyewa tempat. Sekarang, usaha ini semakin berkembang pesat dengan adanya layanan Gofood maupun Grabfood.

Cukup dengan skill memasak makanan rumahan yang enak, usaha ini sudah dapat dijalankan. Tidak membutuhkan modal yang besar untuk menyewa tempat, cukup dengan mengolah masakan di dapur rumah dan layanan Gofood siap mengantar pesanan sampai ke konsumen.

Tips Memulai Bisnis Online di Masa Pandemi

Agar sukses menjalankan bisnis online, sebaiknya pahami terlebih dahulu tips-tips memulai berbisnis online . Berikut ulasannya:

1. Cari Tahu  Apa yang Dibutuhkan Masyarakat

Langkah awal untuk sukses memulai bisnis online adalah dengan melakukan analisis pasar. Proses analisis pasar dilakukan untuk menemukan sekelompok orang yang sedang melakukan pencarian solusi atas suatu masalah. Solusi dari masalah tersebut adalah produk yang akan ditawarkan.

2. Bangun Bisnis melalui Situs dan Media Sosial

Saat ide produk yang akan dijual sudah didapatkan, selanjutnya bangunlah bisnis tersebut melalui media sosial. Buatlah akun media sosial bisnis dan mulailah membuat kampanye pemasaran yang menarik. Tentunya cara ini tidak akan memakan banyak waktu namun nantinya akan menghasilkan.

3. Gunakan Kata Kunci yang Menargetkan Konsumen

Gunakan kata kunci sesuai dengan target konsumen. Ini akan membantu para calon pembeli agar mudah menemukanproduk yang dijual. Selain itu, pilihlah penamaan yang unik untuk produk yang dijual. Penamaan yang unik  berfungsi  menarik perhatian para calon pembeli untuk membeli produk tersebut.

4. Buat  Strategi Pemasaran yang Menarik

Konten yang menarik dalam suatu aktivitas pemasaran akan mampu menarik prospek dalam jumlah yang besar. Cara ini akanmembantu para pelaku bisnis dalam mengembangkan bisnisnyadengan memberikan nilai dan membangun kepercayaan target konsumen.

Baca juga  Inilah Peluang Bisnis Masa Pandemi

Di atas adalah ulasan tentang rekomendasi jenis bisnis online yang cocok dijalankan pada masa pandemi dan tips memulainya.

Meskipun situasi Indonesia masih dalam kondisi pandemic, bukan berarti tidak bisa menghasilkan uang yang lumayan. Beberapa rekomendasi diatas di pertimbangkan di masa seperti ini.

Info terkait: Cara Mempertahankan Bisnis pada Masa Pandemi Agar Tidak Gulung Tikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *