Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok? Simak Penjelasannya di Bawah Ini!

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok? Simak Penjelasannya di Bawah Ini!
Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok? Simak Penjelasannya di Bawah Ini! (Photo by Tamara Bellis on Unsplash)

Rambut rontok merupakan permasalahan yang sangat mengganggu kenyaman dan penampilan. Beruntungnya, kini telah banyak tersedia beragam produk perawatan rambut yang bisa dicoba. Baik itu cara mengatasi rambut rontok secara alami ataupun menggunakan produk-produk kimiawi.

Cara mengatasi rambut rontok secara alami merupakan solusi tepat yang bisa dicoba jika masih ragu-ragu untuk menggunakan produk-produk kimiawi.

Apa Penyebab Rambut Rontok?

Terdapat beragam penyebab permasalahan rambut rontok seperti kurangnya asupan gizi yang sesuai, adanya perubahan hormon dalam tubuh. Efek samping penggunaan obat atau tidak cocok terhadap produk-produk kimia tertentu, stress ataupun kebiasaan buruk dalam merawat rambut.

Pada umumnya, semakin panjang dan semakin lebat rambut, maka risiko rontok akan semakin banyak. Namun, tidak menutup kemungkinan rambut pendek juga mengalami rontok jika permasalahan rontok tersebut memang terletak dari akar rambutnya.

Itu sebabnya, penting untuk diketahui mengenai cara mengatasi rontok mulai dari akar rambutnya agar permasalahan rambut rontok bisa diatasi secara maksimal.

Bagaimana Cara Mengatasi Rambut Rontok?

Pada umumnya, rambut rontok dapat diatasi dengan menggunakan serangkaian produk perawatan rambut yang tepat. Mulai dari shampoo, conditioner, hair tonic ataupun masker rambut yang khusus diformulasikan untuk mengatasi rambut rontok.

Disamping menggunakan produk tersebut secara rutin, maka penting juga untuk diperhatikan mengenai cara dan kebiasaan yang baik dalam perawatan rambut seperti misalnya tidak menyisir rambut saat masih basah ataupun keramas terlalu sering.

Tidak hanya menggunakan produk-produk kimiawi, namun perawatan rambut rontok juga bisa menggunakan beberapa bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk kekuatan rambut. Hal ini sangat dianjurkan mengingat bahan alami tidak akan membawa efek samping yang berbahaya bagi tubuh.

Baca juga  Tips Aman Sekolah Tatap Muka di Tengah Pandemi Hindarkan Khawatir Berlebihan

Bahan-Bahan Alami yang Berkhasiat untuk Mengatasi Rambut Rontok

Di bawah ini merupakan beberapa bahan alami yang dipercaya berkhasiat untuk mengatasi permasalahan rambut rontok:

1. Lidah Buaya

Gel lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang banyak berkhasiat untuk kesehatan rambut. Mulai dari menjaga kekuatan rambut, memperbaiki jaringan rambut yang rusak dan merangsang pertumbuhan rambut baru.

Cara mengatasi rambut rontok dengan bahan ini cukup mudah yakni dengan mengoleskan gel tersebut ke kulit kepala sebanyak 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Teh Hijau

Teh hijau termasuk bahan yang banyak berkhasiat untuk rambut. Kandungan vitamin A dan B serta senyawa antioksidan yang ada di dalamnya dipercaya ampuh untuk menguatkan akar rambut.

Adapun cara penggunaannya ialah dengan menyeduh teh hijau ke dalam air dan biarkan selama 1 malam, untuk takarannya bisa disesuaikan kebutuhan tiap-tiap rambut. Selanjutnya, oleskan air seduhan teh tersebut di kulit kepala dan tunggu beberapa saat sampai meresap.

Setelah itu, bilas sampai bersih dan ulangi secara rutin minimal 2 kali dalam seminggu.

3. Minyak Kelapa

Perawatan rambut rontok dengan minyak kelapa bisa disesuaikan dengan jenis rambut dan kulit kepala. Jika jenis rambutnya tergolong berminyak, maka pengolesan minyak kepala bisa dilakukan sebelum keramas.

Berlaku juga sebaliknya, jika tipe rambutnya kering, maka minyak kelapa bisa dioleskan setelah keramas. Perawatan ini bisa dilakukan secara rutin sebanyak 2-3 kali dalam seminggu.

Cara mengatasi rambut rontok kini telah tersedia dalam berbagai macam pilihan. Mulai dari penggunaan produk-produk kimiawi sampai dengan penggunaan bahan-bahan alami yang berkhasiat untuk menguatkan akar rambut dan mencegah terjadinya kerontokan.

Itu sebabnya, kini tidak perlu lagi khawatir ketika menjumpai permasalahan rambut rontok karena beragam cara bisa dicoba dan diterapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *