Bisnis  

Apa Saja Skill dalam Wirausaha yang Wajib Dikuasai

Skill Entrepreneur yang Harus Dikuasai oleh Wirausahawan
Skill Entrepreneur yang Harus Dikuasai oleh Wirausahawan (Ilustrasi - Pixabay)

Skill dalam wirausaha- Banyak orang yang bermimpi untuk memiliki usaha dan hidup dari usaha yang dirintisnya. Namun sedikit orang yang bisa mewujudkannya karena memang banyak hal yang terjadi dan juga harus ada kemampuan yang dimiliki.

Seorang wirausahawan yang merintis usahanya dari bawah akan mengerti konsep, nilai, kelebihan dan kekurangan bisnisnya, celah bisnis yang bisa digunakan untuk membuat ide dan memajukan bisnis jangka panjang.

Karakter dan skill entrepreneur yang dimiliki oleh seorang wirausahawan akan sangat berdampak pada kemajuan atau kemunduran bisnis yang sedang dikelola. Tentunya antara seorang karyawan dengan wirausahawan memiliki karakter yang berbeda.

Skill dalam Wirausaha

Lalu apa saja karakter dan kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang wirausahawan mandiri? Berikut skill dalam wirausaha yang perlu dimiliki

1. Rasa Penasaran yang Tinggi

Seorang wiraswasta tidak ‘alergi’ terhadap sesuatu yang baru apalagi hal itu menyangkut dengan bisnisnya. Rasa ingin tahunya selalu membuatnya untuk mengeksplorasi, meneliti, mendalami sesuatu atau fenomena yang baru.

Dengan begitu banyak pengetahuan dan wawasan baru yang bisa dipelajari, dampaknya tidak takut jika harus mengambil keputusan-keputusan cepat karena terbiasa dengan adanya perubahan. Keingintahuan yang besar juga bisa diartikan sebagai sikap yang solutif.

2. Kemampuan Interpersonal

Interpersonal bisa diartikan sebagai hubungan antara individu dengan individu, sehingga kemampuan interpersonal dalam konteks ini adalah bagaimana menjalin hubung yang baik. Hubungan baik itu dijalin dengan siapapun terhadap pelanggan, klien, karyawan, supplier, orang baru dan sebagainya

Baca juga  Cara Mendirikan Yayasan dan prosedurnya

Kemampuan ini penting untuk membangun jejaring, karena dalam membangun usaha tidak jarang kesepakatan dicapai karena adanya koneksi-koneksi baru yang telah dibangun dengan memberikan kesan yang baik.

3. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Komunikasi menjadi jalur yang sangat efektif untuk dapat menjalin hubungan. Kemampuan komunikatif ini diperlukan dalam bergaul supaya dapat membangun banyak hubungan, juga sebagai cara untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan yang baru.

Konsep-konsep yang rumit bisa diterjemahkan dan dikomunikasikan dengan mudah oleh seorang wirausahawan yang memiliki skill ini. Dengan komunikasi yang baik juga dapat menyalurkan ide dan mempengaruhi orang, sehingga sangat baik untuk media promosi.

Komunikatif juga tentang soal pemikiran yang terbuka terhadap ide-ide baru, pemikiran orang lain, masukan, kritik dan saran dan sebagainya.

4. Kemampuan Manajemen

Sudah jelas jika kemampuan manajemen adalah syarat mutlak bagi pebisnis. Manajemen artinya pengelolaan dalam banyak hal seperti mengelola aset, mengelola Sumber Daya Manusia terutama para karyawannya, mengelola utang, mengelola waktu dan sebagainya.

Orang yang mampu untuk mengelola segala sumber daya yang berada di sekelilingnya untuk mendapatkan manfaat sebesar-besarnya adalah ciri seorang pemimpin. Dengan kemampuannya yang dimilikinya dapat menginspirasi orang-orang disekitarnya sehingga meniru dan meneladani sikapnya itu.

5. Kreatif

Pebisnis yang tangguh tidak akan pernah kehabisan ide-ide kreatif dalam mengembangkan usahanya. Ide-ide ini bisa berupa ide pemasaran, ide produk baru, ide pengemasan dan ide lainnya.

Kemampuan daya ciptanya selalu bisa diperbaharui setiap waktu karena terus belajar dan tidak pernah berpuas diri.

6. Kemampuan Merencanakan

Perencanaan juga menjadi bidang yang harus dikuasai. Tidak ada sebuah usaha yang dapat maju tanpa ada perencanaan yang baik dari segi ide, promosi daan deskripsi yang menarik.

Baca juga  Intrapreneurship Adalah : Definisi dan Karakteristik

Perencanaan Dibutuhkan untuk dapat melihat kedepan dan mengkalkulasi segala kemungkinan baik itu kesempatan atau tantangan yang ada. Pebisnis yang tangguh harus bisa merencanakan bisnisnya mulai dari keuangan, pemasaran, SDM, produksi, penjualan. Intinya segala hal dari hulu sampai hilir harus dikuasasi dengan cermat.

7. Disiplin

Kemampuan ini juga harus dimiliki agar bisnis yang dikelola teratur. Sikap disiplin yang ditunjukkan juga akan menular kepada karyawan-karyawan yang bekerja.

Sikap disiplin ini juga sangat luas tidak hanya terbatas pada soal waktu, tetapi juga disiplin keuangan yaitu bisa memisahkan keuangan usaha dengan pribadi, disiplin pikiran dengan terus belajar dan mendorong kreatifitas, disiplin sikap aritnya menjaga sikap dan tutur kata supaya tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.

skill dalam wirausaha

Info lain: Mengetahui Strategi Blue Ocean dan Contoh Bisnis yang Telah Menggunakannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *