Anda Tidak Memiliki Biaya Untuk Kuliah? Simaklah Beberapa Tawaran Beasiswa Diploma dan Sarjana

Anda Tidak Memiliki Biaya Untuk Kuliah? Simaklah Beberapa Tawaran Beasiswa Diploma dan Sarjana
Study

Beasiswa diploma dan sarjana- Mengenyam pendidikan yang setinggi-tingginya tentu saja menjadi impian bagi kebanyakan orang, karena dengan pendidikan dipercaya dapat mengangkat derajat untuk mendapat pekerjaan yang layak, sehingga kehidupan yang lebih baik dapat dicapai.

Namun bagaimana jika tidak memiliki cukup tabungan dan dana untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan Diploma dan Sarjana?

Anda jangan kecewa terlebih dahulu karena sebenarnya banyak kesempatan yang dapat kita kejar untuk membiayai sekolah dengan adanya beasiswa.

Anda tentunya harus berusaha untuk mendapatkan beasiswa-beasiswa yang ditawarkan, sebagaimana layaknya kompetisi, kita harus memiliki jiwa yang mampu bersaing, keinginan yang kuat dan motivasi yang bulat,  karena tidak sedikit para pencari beasiswa selain anda, maka anda harus gigih mencarinya.

Satu jenis beasiswa tentunya akan berbeda dengan beasiswa lainnya, namun bisa dikatakan ada dua jenis utama yang ditawarkan dari segi jenis biaya yang di-cover yaitu yang pertama fully-funded  dan partially-funded.

Untuk jenis fully-funded itu adalah jenis beasiswa yang membiayai seluruh biaya-biaya bagi penerima beasiswa (awardees) seperti biaya bulanan, biaya perkuliahan mencakup biaya buku, tuition fees, biaya riset, biaya magang dan lainnya,  biaya transportasi, dan biaya lainnya.

Sementara partial hanya sebagian saja yang ditanggung oleh pemberi beasiswa tergantung kontrak awal bagaimana beasiswa tersebut, bisa jadi yang ditanggung hanya biaya bulanan (biaya hidup selama perkuliahan), atau biaya perkuliahannya saja atau biaya lainnya.

Bagi anda yang ingin sungguh-sungguh mencari peluang beasiswa, maka harus benar-benar mempertimbangkan biaya apa saja yang ditanggung,

Jangan sampai anda telah menerima beasiswa tertentu tapi ternyata ada beberapa pengeluaran yang tidak ditanggung, sehingga membuat anda tidak fokus kuliah namun mencari sampingan pekerjaan karena menutup beberapa pengeluaran.

Ada beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan, pastikan pilihan yang sesuai kebutuhan anda. Berikut adalah beberapa beasiswa yang bisa anda coba jika ingin melanjutkan perkuliahan.

1. Beasiswa Bank Indonesia (BI)

Beasiswa diploma dan sarjana ini menyediakan kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang D3, D4 dan S1 yang sudah diberikan sejak tahun 2011 oleh BI.

BI telah menggandeng puluhan PTS maupun PTS dari seluruh pulau Indonesia, dimana untuk program Diploma disediakan program studi ekonomi, perikanan, kelautan, pariwisata dan banyak lagi.

Untuk jenjang S1 lebih banyak disediakan program studinya yaitu ilmu hukum, ilmu sosial dan politik, perbankan, statistik dan masih banyak lagi.

Beasiswa Unggulan dan Beasiswa Reguler merupakan jenis beasiswa yang ditawarkan, untuk beasiswa reguler mendapatkan bantuan sekitar Rp 1.000.000 setiap bulannya dimana pelamar harus sudah aktif menjadi mahasiswa terlebih dahulu, memiliki IPK minil 3,00 dari skala tertinggi 4,00, mendapatkan rekomendasi dari tokoh akademik, dan berasal dari keluarga pra sejahtera.

Untuk Beasiswa Unggulan maka mendapatkan Rp 1.500.000 dan persyaratan memiliki IPK 3,5, TOEFL 500 atau IELTS 6,0, serta juga surat rekomendasi.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang beasiswa ini, ikuti GENBI (Komunitas Penerima Bebasiswa BI) yang beberapa kampus sudah ada, atau ikuti di akun instagram  @genbiyogyakarta, @genbi_ipb

2. Beasiswa Karya Salemba Empat (KSE)

Beasiswa KSE bisa jadi pertimbangan anda jika berminat melanjutkan kuliah, yang menyediakan 4 program beasiswa.

Beasiswa Reguler untuk mahasiswa yang sudah aktif diberikan bantuan sebesar Rp 600.000 setiap bulannya untuk satu tahun, namun bisa diperpanjang dengan beberapa pertimbangan tertentu.

Selain bantuan uang, bantuan untuk peningkatan soft skill seperti pelatihan, seminar, workshop dan lainnya juga disediakan pada program ini.

Untuk Beasiswa Unggul, mahasiswa setidaknya sudah menjalani masa perkuliahan selama 1 tahun dan harus menunjukkan prestasi belajar dan peran aktif dalam kegiatan sosial yang tinggi.

Mahasiswa berkesempatan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 600.000 per bulan selama setahun dan Rp 1.500.000 untuk bantuan biaya SPP.

Bantuan untuk pengerjaan skripsi/tugas akhir juga diberikan sesuai kebutuhan agar tujuannya dapat mengembangkan kompetensi diri dan peran interpersonal.

Sementara untuk program Technology for Indonesia diberikan beasiswa berupa biaya riset/penelitian yang dapat memberikan manfaat serta beberapa pendampingan yang diperlukan, dan ada tawaran untuk mempatenkan karya jika produksi dalam skala industri.

Anda bisa mengunjungi situs https://kse.or.id/home/portfolio/program-beasiswa-reguler-2 untuk informasi selanjutnya

3. Beasiswa Unggulan Kemendikbud

Kemendikbud memang banyak memberikan beasiswa, salah satunya beasiswa unggulan, yang dibuka bagi pelamar setiap tahunnya.

Beasiswa ini diperuntukkan bagi mahasiswa yang sudah aktif kuliah maupun mahasiswa baru dengan persyaratan umur maksimal 22 tahun ketika mendaftar, memiliki prestasi cukup baik, mendaftar di Perguruan Tinggi Negeri minimal akreditasi B dan mendapat surat rekomendasi.

Beberapa biaya mencakup biaya hidup (stipend/allowance), biaya buku dan biaya SPP. Bagi mahasiswa baru sudah siterima di PTN Negeri atau sudah memasuki semeter 1, sementara bagi yang sudah aktif kuliah syaratnya maksimal semester 3 dengan IPK minimal 3,25 skala 4,00. Anda bisa kunjungi https://lldikti13.kemdikbud.go.id/category/beasiswa/ untuk informasi lengkap.

4. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa Tanoto Foundation diberi nama beasiswa TELADAN yang diperuntukkan bagi mahasiswa S1 yang baru memasuki semester pertama, dimana sudah ada mitra PTN yang disediakan Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM).

Mahasiswa akan mendapat tanggungan biaya perkuliahan sampai dengan semeter VII dan juga biaya hidup yang dibayarkan bulanan.

Selain biaya tersebut juga mendapat program Pengembangan Kepemimpinan yang dibagi dalam beberapa tahap: Program Dasar, Program Lanjutan dan Program Persiapan Karier yang mencakup pengembangan karier, kepemimpinan, sosial agar dapat memberikan manfaat bagi sesama.

Untuk mendaftar ini haruslah dari lulusan SMA atau sederajat yang memiliki nilai akademik kelas 12 rata-rata 8,00 (skala 10,00).

Silakan lihat di https://www.tanotofoundation.org/id/news/program-beasiswa-dan-kepemimpinan-teladan-2021/ untuk informasi selanjutnya.

Demikian beberapa beasiswa diploma dan sarjana yang ditawarkan dari beberapa lembaga untuk jenjang Diploma dan s1, terus semangat para pejuang beasiswa!

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *