5 Trik Cara Atur Gaji Bulanan Untuk Anda Yang Berpenghasilan Minim

5 Trik Cara Atur Gaji Bulanan Untuk Anda Yang Berpenghasilan Minim
5 Trik Cara Atur Gaji Bulanan Untuk Anda Yang Berpenghasilan Minim

Bagi sebagian orang, mengelola atau atur gaji bulanan sebesar 2 juta per bulan mungkin merupakan hal yang cukup sulit, ditengah harga kebutuhan bahan pokok yang terus naik. Sehingga mengatur keuangan rumah tangga gaji 2 juta menjadi sangat penting agar kebutuhan hidup dapat tercukupi.

Banyak sekali orang yang tidak memiliki nasib cukup baik untuk mendapatkan penghasilan besar. Namun untuk anda yang berpenghasilan minim, anda bisa melakukan beberapa trik agar kebutuhan anda setiap bulannya tetap tercukupi.

Untuk anda yang memiliki pendapatan 2 juta per bulan perencanaan keuangan menjadi sangat penting. Sehingga anda perlu trik agar dengan gaji yang minim tersebut, anda dapat selalu mampu memenuhi biaya setiap bulannya. Berikut trik yang bisa anda lakukan:

Sesuaikan pengeluaran dengan pendapatan

Trik pertama yang bisa anda coba adalah dengan menyesuaikan pengeluaran anda dengan pendapatan anda setiap bulan. Anda bisa atur gaji bulanan anda sesuai dengan pengeluaran rutin anda setiap bulan, semisal tagihan air dan listrik, biaya pendidikan, sampai dengan bayar sewa.

Menghindari pengeluaran yang tidak penting

Agar pendapatan anda yang minim tersebut tetap dapat mencukupi kebutuhan anda. Trik yang selanjutnya adalah dengan menghindari pengeluaran yang tidak perlu seperti langganan Wi-Fi atau liburan yang dilakukan setiap bulan. Anda bisa merencanakan liburan bisa beberapa bulan sekali dengan menabung terlebih dahulu.

Menjalankan pola hidup sehat

Dengan gaji yang sangat minim, kesehatan menjadi hal yang sangat penting. Apabila anda tidak bisa menjaga pola hidup sehat dan sering sakit-sakitan, tentu saja pendapatan anda atau gaji anda tersebut hanya akan habis untuk berobat. Sehingga mengatur pola makan, menghindari begadang dan rajin berolahraga menjadi salah satu trik yang bisa menekan pengeluaran anda.

Atur skala prioritas

Salah satu trik untuk atur gaji bulanan yang minim adalah dengan mengatur prioritas ketika menggunakan uang yang anda miliki. Menentukan skala prioritas bisa dilakukan dengan membagi gaji menjadi dua, yaitu setengah untuk kebutuhan pokok, dan yang setengahnya lagi bisa anda gunakan untuk memenuhi pengeluaran lain yang sifatnya harian.

Menekan keinginan berbelanja

Pada zaman yang serba mudah seperti sekarang ini, menjadikan atur gaji bulanan menjadi hal yang cukup sulit. Seperti contoh adalah dengan adanya marketplace yang bisa anda akses setiap saat. Hal ini tentu akan menimbulkan hasrat dalam mengeluarkan dana lebih untuk berbelanja.

Berbeda halnya ketika anda harus datang ke suatu tempat untuk berbelanja. Hal ini akan menjadi pertimbangan anda dalam mengeluarkan dana, karena harus menambah biaya bensin dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, pastikan jika anda memiliki jadwal dalam mengeluarkan uang untuk berbelanja. Anda juga bisa memanfaatkan promo dan diskon yang seringkali diberikan oleh toko untuk bisa menghemat pengeluaran anda.

Itulah beberapa trik yang bisa anda coba ikuti dalam atur gaji bulanan sebesar 2 juta. Semoga trik tersebut berguna untuk mengatur pendapatan dan pengeluaran agar kebutuhan pokok tetap tercukupi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.