Emas  

5 Tips Investasi Emas yang Aman untuk Pemula

investasi emas
5 Tips Investasi Emas yang Aman untuk Pemula

Mikaylabinar.com– Terdapat beberapa instrumen investasi yang populer dan cenderung stabil selain investasi saham dan properti yakni investasi emas. Bagi kalian yang ingin berinvestasi emas terdapat 5 tips investasi emas yang perlu dipahami

Selain Investasi yang dinilai cukup mudah dilakukan untuk pemula saat ini adalah investasi emas.

Bisa dibilang, selain mudah dilakukan, harga emas juga terjangkau apalagi untuk kantong mahasiswa. Jadi, bagi pemula yang ingin belajar investasi bisa mulai dari investasi emas.

Perlu kalian ketahui, meskipun investasi emas ini mudah dilakukan tetapi kalian tidak disarankan untuk menjalankan investasi ini asal-asalan.

Ada beberapa tips untuk menjalankan investasi emas. Bagi kalian yang penasaran dengan tips investasi emas, berikut dijelaskan beberapa tips yang aman untuk pemula dalam berinvestasi emas.

Lebih Dekat dengan Investasi Emas

Mungkin kalian sudah banyak mendengar tentang investasi emas, namun belum memahami apa itu investasi emas? Investasi emas adalah suatu kegiatan mengeluarkan dana atau modal untuk memiliki logam mulia berupa emas.

Jadi, bisa dikatakan seseorang yang membeli emas dan menyimpannya disebut telah melakukan investasi emas.

Perlu kalian ketahui, investasi emas ini dapat berbentuk apa saja asalkan benda tersebut terbuat dari logam mulia berupa emas baik emas batangan ataupun emas perhiasan .

Adapun bentuk investasi emas dapat berbentuk, antara lain: perhiasan emas (seperti: cincin, gelang, kalung), emas batangan sampai dengan emas koin.

Baca juga  Jenis Emas, dan Harga 1 gram Emas Serta Cara Beli Emas dengan Mudah

Selain itu, investasi emas juga bisa dalam bentuk tabungan emas. Umumnya, tabungan emas ini dikelola oleh lembaga resmi yang melakukan transaksi jual beli emas secara online.

5 Tips Investasi Emas yang Wajib Diketahui Pemula Sebelum Berinvestasi

Setelah mengetahui tentang pengertian investasi emas, tentunya kalian bertanya-tanya apa saja tips investasi emas yang perlu dilakukan oleh seorang pemula. Adapun tipsnya adalah sebagai berikut.

1.   Tetapkan Tujuan yang Tepat

Setiap orang akan menetapkan tujuan sebelum melakukan investasi. Hal tersebut juga berlaku untuk investasi emas. Itu karena dalam investasi emas membutuhkan komitmen yang kuat. Oleh karenanya, disarankan untuk menetapkan tujuan yang tepat sebelum investasi.

Tentu saja, setiap orang memiliki tujuan yang berbeda-beda saat melakukan investasi emas. Contohnya: dalam jangka waktu 5 tahun ke depan, Abdi ingin membeli rumah. Nah, untuk mewujudkan cita-citanya tersebut, tahun ini Abdi mulai berinvestasi emas batangan.

Berdasarkan contoh tersebut, tujuan investasi emas bagi Abdi adalah membeli rumah impian. Kalian pun dapat menetapkan tujuan yang tepat sesuai dengan impianmu, seperti: investasi emas untuk membeli mobil atau investasi emas untuk biaya melanjutkan studi ke luar negeri.

2.   Lakukan Riset Terlebih Dulu Sebelum Investasi Emas

Sama halnya saat kita ingin membeli barang, kita perlu melakukan riset terlebih dulu. Pada umumnya, riset dilakukan untuk mengetahui kualitas dan harga barang di pasaran. Ternyata, melakukan riset juga berlaku untuk investasi emas.

Perlu kalian ketahui, riset dalam investasi emas ini perlu dilakukan. Itu karena dengan riset dapat mengetahui harga emas di pasaran naik atau turun. Pastinya, dalam investasi emas ada momentum yang tidak boleh dilewatkan.

Adapun momentum tersebut adalah mengetahui waktu yang tepat untuk membeli dan menjual emas.

Baca juga  Jenis Investasi Keuangan Dengan Return Tinggi

Perlu diingat, membeli emas saat harga turun dan menjualnya saat harga naik merupakan kunci sukses dalam investasi emas. Itu karena tips tersebut dapat mendatangkan keuntungan yang berlimpah.

3.   Tetapkan Nilai Emas dan Jangka Waktu Investasi

Tips lainnya yang menguntungkan dalam melakukan investasi emas adalah menetapkan nilai emas dan jangka waktu investasi. Hal tersebut penting dilakukan supaya kalian dapat menyiapkan dana untuk berinvestasi.

Adapun langkah-langkah menetapkan nilai emas dan jangka waktu investasinya adalah sebagai berikut.

·     Tetapkan jangka waktu investasi emas yang kalian inginkan, misalnya kalian ingin investasi emas dalam jangka waktu 10 tahun ke depan.

·     Lakukan estimasi atau perhitungan kemungkinan terjadinya inflasi di periode tertentu. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya kesalahan dalam berinvestasi.

·     Tetapkan nilai emas yang harus kalian beli dan kapan waktu yang tepat untuk membelinya. Pastikan kalian membeli emas saat harga emas turun dan menjualnya saat harga emas naik.

4.   Periksa dengan Saksama Kondisi Emas yang Akan Dibeli

Pastinya, untuk mendapatkan emas dengan kualitas bagus, kita harus memeriksa dengan saksama kondisi emas yang akan dibeli. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari adanya penipuan, seperti karat emas yang tidak sesuai.

Nah, supaya kalian terhindar dari penipuan, pastikan kalian telah mempelajari tentang emas dengan benar. Kalian juga dapat mengajak teman yang paham tentang emas saat membeli emas.

Selain itu, untuk menghindari penipuan, pastikan kalian membeli emas di penjual emas  yang sudah terverifikasi.

5.   Pilih Tempat Penyimpanan yang Aman

Sudah pasti, kalian tidak ingin menyimpan benda berhargamu di sembarang tepat. Pastinya, kalian ingin menyimpan benda berhargamu di tempat yang aman supaya tidak hilang. Apalagi jika benda tersebut adalah benda investasi berupa emas.

Baca juga  Ini Dia Cara Investasi Emas di Shopee yang Cocok untuk Kaum Milenial

Salah satu cara yang aman untuk menyimpan emas adalah di layanan jasa penyewaan khusus untuk menyimpan benda berharga atau safe deposit box (SDB).

Pada umumnya, SDB ini disediakan oleh lembaga keuangan baik bank atau nonbank yang sudah diakui kredibilitasnya.

Selain itu, kalian juga dapat menyimpan emas di rumahmu dengan menggunakan brankas besi. Namun, jika kalian menyimpannya di rumah harus ekstra hati-hati supaya terhindar dari pencurian.

Tersebut di atas merupakan tips investasi emas yang aman dilakukan untuk pemula. Pastinya, pemula harus merencanakan dan melakukan estimasi secara matang sebelum melakukan investasi emas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *