5 Penyebab HP Mati Total dan Tidak Bisa Dicas yang Sering Terjadi

  • Share
5 Penyebab HP Mati Total dan Tidak Bisa Dicas yang Sering Terjadi
Ilustrasi Photo by Pradamas Gifarry on Unsplash

Pasti ada saja yang menjadi permasalahan pada handphone (HP), salah satunya adalah mati total dan tidak bisa dicas. Untuk menemukan cara mengatasinya, perlu mengetahui penyebab HP mati total hingga tidak bisa diisi daya.

Secara umum usia HP juga berpengaruh dalam masalah ini, dimana ketahanannya mulai menurun. Sehingga, saat terjadi sesuatu HP tidak bisa dihidupkan lagi, namun kondisi HP yang demikian masih bisa diperbaiki. Biaya perbaikannya pun tergantung penyebab kerusakannya.

Berbagai Penyebab HP Mati Total hingga Tidak Bisa Dicas

Sebelum memutuskan untuk memperbaikinya, akan lebih baik jika mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Penyebab HP tidak bisa dihidupkan sebenarnya ada berbagai faktor, bisa jadi karena kecerobohan sang pemilik.

Untuk mengetahui kemungkinan apa saja yang membuat HP mati total hingga tidak bisa diisi daya, berikut ini penjelasan selengkapnya yang bisa disimak.

1.     HP Mengalami Overheat

Hal pertama yang menjadi penyebab HP mati total yaitu sering digunakan secara berlebihan tanpa kenal batas waktu. Sehingga membuat HP menjadi sering mengalami overheat, kondisi HP yang sering mengalami hal yang demikian. Tentunya akan merusak komponen yang ada di dalamnya.

Overheat bisa terjadi ketika HP dipaksa digunakan menjalankan aplikasi berat secara terus-menerus, sehingga komponen mesin di dalamnya bekerja keras dan akhirnya suhu HP terus meningkat. Jika, tidak segera ditangani dan kondisi ini terus terjadi berulang-ulang.

Maka, kemungkinan besar HP akan rusak dan mati total bahkan tidak bisa diisi daya sekalipun. Untuk memperbaikinya tentunya membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk menggantikan komponen di dalamnya yang rusak.

2.     Konektor Baterai Rusak

Penyebab HP mati total hingga tidak bisa dicas selanjutnya adalah disebabkan oleh rusaknya konektor baterai. Konektor baterai berfungsi sebagai penghubung daya je bagian hardware HP, sehingga ketika rusak HP tidak akan menyala.

Biasanya masalah yang membuat konektor baterai tidak dapat berfungsi normal, yaitu terjadi karat atau adanya penumpukan debu dan kotoran di sana. Sehingga, membuat komponen HP yang lain tidak bisa mendapatkan daya untuk menjalankan sistem.

3.     Adanya Bug pada Sistem HP

Biasanya hal paling lumrah dikeluhkan oleh penggunaan HP Android, yaitu banyak bug pada ponsel yang cukup mengganggu. Tidak hanya mengganggu saat menjalankan aplikasi, bug juga bisa menjadi pemicu HP mengalami mati total.

Kondisi ini biasanya dialami para pengguna HP Android yang jarang atau tidak pernah memperbarui sistem secara rutin. Setiap merek HP memberikan update sistem untuk mengatasi bug yang terjadi di HP buatannya.

Umumnya HP yang mati karena disebabkan oleh bug pada sistem disebut dengan softbrick yang mana HP hanya bergetar saat dihidupkan. Namun, terkadang HP masih bisa menerima saat dilakukan pengisian daya.

4.     Terjadi Kerusakan pada IC Power HP

Bagian IC power menjadi komponen penting dalam sebuah HP, karena berfungsi sebagai penghantar daya dari baterai ke beberapa komponen lain di dalam HP. Jika, IC power mengalami kerusakan maka bisa dipastikan HP akan mati total.

5.     Penyebab HP Mati Total Bisa Karena Jatuh dan Terkena Air

Penyebab yang paling umum yang membuat HP tidak bisa nyala dan dicas yaitu karena terjatuh dengan keras. Sehingga membuat komponen di dalamnya mengalami kerusakan saat terjadi benturan.

Selain itu, HP yang terkena genangan air terlalu dalam  waktu lama juga bisa membuatnya mati total. Untuk memperbaiki harus dibongkar terlebih dulu untuk mengetahui komponen yang rusak.

Dari 5 penyebab HP mati total hingga tidak bisa dicas di atas bisa dijadikan acuan untuk mengetahui cara mengatasinya yang benar dan tepat.

Info lain: Tanda Powerbank Rusak Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengganti Dengan Yang Baru

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *